cara cepat bisa naik motor matic

Motor matic sudah menjadi produk unggulan ATPM di Indonesia. Mungkin karena pasar untuk motor matic sangat luas karena bisa digunakan mulai dari remaja, ibu-ibu, bahkan para Bapak-bapak pun dapat menjadi pengguna motor matic.

Untuk bisa naik motor matic sebenarnya mudah. Naik motor matik disini bukan berarti membonceng dengan kawan yang mengendarai motor matic maka anda telah berhasil dengan cepat bisa naik motor matic. Tapi maksud sebenarnya adalah tentang cara cepat bisa naik (mengendarai) motor matik dimana anda sebagai jokinya.

Sebenarnya untuk cepat bisa mengendarai motor matic tidak sesulit mengendarai motor bebek (dengan perseneling) atau belajar motor sport dengan kopling manual.

Pada dasarnya mengendarai motor matic ataupun motor jenis lainnya diperlukan keseimbangan yang baik, dan ini tidak akan menjadi masalah jika anda telah bisa mengendarai sepeda sebelumnya.

Jika anda telah menguasai cara mengendarai sepeda onthel dengan baik, maka seharusnya anda tidak akan mengalami kesulitan yang berati saat belajar untuk bisa mengendarai motor matic.

Hal-hal yang perlu anda lakukan agar cepat bisa naik motor matic adalah;
Usahakan belajar mengendarai motor matic ditempat yang lapang dan luas, kalaupun terpaksa harus menggunakan jalan raya, usahakan mencari jalan yang sepi dan sangat jarang dilewati kendaran lainnya.

cara cepat bisa naik motor matic

Hindari jalanan kompleks yang terdapat polisi tidur cukup tinggi karena akan mengganggu proses beajar anda, dan akan membahayakan anda nantinya jika posisi polisi tidur terlalu tinggi atau terlalu banyak.

Tetap tenang saat memutar tuas gas, jangan memutar terlalu banyak. Putar sedikit demi sedikit hingga motor jalan perlahan-lahan.

Meski motor matik tergolong kendaraan yang sangat mudah untuk dikendarai. Tapi bagi anda yang masih belajar mengendarainya, motor matic akan sangat berbahaya. Bahkan pengendara geek yang sudah terbiasa dengan motor sport ataupun motor bebek akan merasa canggung saat pertama kali mengendarai motor matic.

Hindari panik saat anda kehilangan keseimbangan, karena akan mengakibatkan anda malah menarik tuas gas lebih dalam saat panik.

Jika perlu, saat belajar untuk cepat bisa mengendarai motor matik, mintalah bantuan kawan anda yang sudah ahli untuk duduk di belakang anda agar dapat menjaga jikalau anda mengalami kesulitan saat belajar mengendarai motor matic.

Tapi pastikan kawan anda tersebut tidak memilik bobot terlalu berat karena malah akan menyulitkan anda nantinya. Dan kalau bisa, cari kawan yang cukup tinggi. Setidaknya salah satu kakinya dapat menopang ketanah dari posisi membonceng. Hal ini untuk membantu anda menopang motor saat berhenti mendadak.

Gunakan pengaman untuk mencegah cedera bila saja anda terjatuh saat belajar naik motor matik. Minimal gunakan helm, jaket kulit, celana panjang dan sepatu untuk meminimalisir cedera.

Mengendarai motor matik bagi sebagian orang yang memiliki dasar kemampuan mengendarai sepeda akan lebih cepat bisa belajar naik motor matik. Bagaimana bagi anda yang tidak memiliki dasar atau belum bisa mengendarai sepeda angin sebelumnya. Tenang anda tetap dapat mengendarai motor matik juga.

Bagi anda yang belum bisa mengendarai sepeda tapi ingin cepat bisa naik motor matik, berikut yang perlu anda lakukan.

Anda perlu belajar menjaga keseimbangan diatas motor terlebih dahulu.
Pada proses awal untuk cepat bisa mengendarai motor matic adalah menjaga posisi untuk tetap seimbang diatas motor.

Untuk ini anda dapat meminta tolong rekan anda untuk mendorong motor yang anda kendarai agar anda dapat belajar menjaga keseimbangan diatas motor.

Atau anda bisa mencari jalanan yang menurun didaerah tempat tinggal anda. Tapi perhatikan turunannya jangan terlalu curam karena malah akan membahayakan anda nantinya, dan juga jangan terlalu landai karena akan menyulitkan anda menjaga keseimbangan nantinya jika kecepatan meluncur motor kurang memadai. Cari jalan turunan yang sepi yang mampu meluncurkan kendaraan anda dengan kecepatan kira-kira 15-20kpj (kilometer per jam).

Menjaga keseimbangan diatas motor adalah sangat penting bagi anda yang ingin cepat bisa naik motor matik. Tapi anda tidak perlu khawatir karena menjaga keseimbangan diatas motor tidak sesulit yang dibayangkan.

Karena anda tidak perlu bergerak aktif mengayuh seperti saat naik sepeda onthel. Anda hanya perlu duduk diam diatas motor namun jangan terlalu kaku dan kecepatan motor saat diturunan akan membantu anda mempertahankan posisi setimbang anda diatas motor.

Setelah anda berhasil menjaga keseimbangan dengan baik, selanjutnya anda dapat mulai belajar naik motor matic dengan kondisi mesin menyala secara perlahan lahan seperti dalam panduan diatas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai motor matic.
Beberapa motor matic memiliki fitur pengaman seperti; motor tidak dapat distart jika posisi standart samping diturunkan.

Motor matic kebanyakan sekarang memiliki kunci pada handle rem yang dapat berfungsi layaknya rem tangan pada mobil.

Motor matic hanya bisa dinyalakan jika handle rem ditarik bersamaan dengan menekan tombol start, dan beberapa motor mewajibkan untuk menaikan standar samping terlebih dahulu.

Demikian info mengenai cara cepat bisa naik motor matic, semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "cara cepat bisa naik motor matic" ini, biar makin banyak yang tahu :)

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "cara cepat bisa naik motor matic"

  1. jadi tidak perlu bisa sepeda dulu ya ..??

    ReplyDelete
  2. Baik aku akan coba, dan yakin klo aku bisa, tks info dan sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEMANGAT!! PASTI BISA!!! :)

      semoga diberi kemudahan untuk cepat bisa mengendarai motor matic.
      semoga berhasil dan sukses selalu :)

      Delete

Leave a Comment