Aneka pilihan Cemilan dari Telur


Telur merupakan sumber protein yang paling banyak dan mudah ditemukan. Aneka telur seperti telur ayam, telur puyuh dan telur bebek banyak dijumpai sebagai lauk pada menu makanan.

Telur juga menjadi bahan dasar pembuatan aneka kue ataupun camilan. Camilan dari telur dapat dijadikan pilihan untuk melengkapi kebutuhan protein yang diperlukan tubuh.

Waktu luang bersama keluarga akan nikmat jika dibarengi dengan ngemil camilan favorit. Nah, jika Anda punya banyak stock telur di rumah, kenapa tidak membuat camilan dari telor tersebut? Karena selain nikmat, pastinya juga menyehatkan.

Lantas, camilan apa saja yang bisa di buat dari telur ini? Berikut olahan camilan dari telur yang bisa dicoba untuk dijadikan camilan maupun lauk pendamping nasi..

Aneka Camilan dari Telur

1. Martabak Telur
Camilan dari telor yang pertama adalah martabak. Camilan ini sangat cocok jika dilengkapi dengan saus pedas atau cabe rawit hijau.

Martabak telur paling nikmat jika diasjikan selagi hangat. Proses pembuatannya pun sangat mudah, anda dapat menemukan banyak resep martabak telur di internet dari yang paling sederhana hingga yang rumit dengan berbagai macam isian.

2. Tamagoyaki
Tamagoyaki adalah salah satu camilan dari telur, yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Terang saja, karena Tamagoyaki berasal dari Jepang.

Sebenarnya itu hanyalah telur dadar, yang biasanya ditambahkan sayuran atau daging di dalamnya kemudian menggorengnya dengan menggulung sedikit demi sedikit hingga tebal.

Camilan ini sangat cocok untuk disantap dengan menambahkan saus pedas dan tentu saja dapat dinikmati bersama nasi.

Mungkin lebih keren kalau menyebutnya dengan sebutan Tamagoyaki lebih terkesan bonafit daripada telur dadar.

3. Omelet mie telur
Ini adalah makanan yang cukup simpel. Camilan dari telur yang cukup membuat perut anda kenyang dan bahannya pun sangat mudah di dapatkan.

Bila anda mempunyai mie instan dan telur, anda sudah bisa membuatnya. Anda hanya cukup mencampurkan mie instan yang sudah direbus dengan telur kemudian menggorengnya.

Camilan berat yang mengenyangkan pun siap di santap. Omelet mie telur ini merupakan salah satu menu andalan dan menjadi sajian spesial penghuni kost di akhir bulan.

4. Pentol korea
Camilan lain yang terbuat dari telur adalah pentol korea. Pengambilan nama camilan ini pun terbilang unik. Setelah ditelusuri ternyata ada sejarahnya lho.

Ada seorang pembeli dari china yang membeli camilan ini. Karena mata pembeli dari china ini sipit mirip orang korea akhirnya penjual pun memakai nama tersebut untuk camilan ini.

Camilan ini banyak dijajakan pedagang pentol keliling dan biasanya dinikmati dengan mencocolkannya ke sambal kacang atau saus.

Tapi jika anda ingin membuatnya pun tidaklah sulit, hanya saja dibutuhkan panci khusus untuk cetakannya.

Aneka pilihan Cemilan dari Telur

5. Tahu mangkuk isi telur
Camilan dari telur ternyata juga bisa dikombinasikan dengan tahu. Tidak heran memang karena telur dan tahu merupakan panganan spesial yang dapat dikombinasikan dengan apa saja.

Tahu yang sudah dihancurkan dicampur bersama sayur mayur yang sudah di cincang halus seperti wortel, kubus, dan seledri kemudian di cetak pada mangkuk kecil lalu di beri isian telur puyuh atau telur ayam yang sudah matang kemudian digoreng. Sebelum digoreng adonan tahu dicelupkan kedalam kocokan telur.

6. Cilung telur
Cilung telur ini merupakan jajanan bandung yang juga sudah merambah di beberapa kota. Cilung itu singkatan dari aci yang di gulung.

Yah sesuai dengan namanya, bahan dasar camilan ini adalah aci yang digoreng bersama telur dengan cara digulung. Rasanya yang enak membuat camilan ini menjadi jajanan favorit anak-anak.

7. Roti panggang keju telur
Roti panggang keju telur sangat komplit dan sangat cocok untuk mengganjal perut di pagi hari atau sebagai bekal untuk di bawa ke sekolah.

Salah satu kreasi camilan berbahan telur yang bisa anda coba untuk dijadikan alternatif menu sarapan yang ringan tapi mengenyangkan.

8. Bola tahu isi telur puyuh
Camilan dari telur lainnya adalah bola tahu isi telur puyuh. Kombinasi Tahu dan Telur sangat pas untuk menjadi cemilan yang enak dan nikmat.

Tahu dengan beragam kandungan gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalium dan kalsium ditambah lagi kandungan asam lemak tak jenuhnya cukup baik bagi kesehatan jantung dan banyak di rekomdasikan sebagai menu diet rendah kalori.

Tahu isi telur sangat cocok untuk dijadikan camilan yang menemani waktu santai anda bersama keluarga,

Nah itu tadi adalah beberapa variasi camilan dari telur yang bisa anda jadikan pilihan dalam menemani waktu santai anda bersama keluarga.

Camilan dari telur bisa dijadikan alternatif camilan yang mengenyangkan, cocok bagi yang menjalani program diet. Semoga bermanfaat.

Loading...


EmoticonEmoticon