8 Cemilan Enak di Jogja yang Banyak Dicari untuk dijadikan oleh-oleh


Yogyakarta merupakan salah satu kota yang terkenal akan berbagai destinasi wisatanya. Baik itu wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, maupun wisata kuliner.

Khusus wisata kuliner, Jogja memiliki beraneka ragam camilan khas yang tidak boleh dilewatkan saat anda berkunjung kesana.

Untuk masalah kuliner, Jogja juga memiliki beragam jebis jajanan dan cemilan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini akan kami ulas beberapa jenis camilan enak khas jogja, yang wajib anda cicipi dan jadikan oleh-oleh sebagai tanda bahwa anda telah mengunjungi Jogja.

Aneka Camilan Enak di Jogja

1. Bakpia Pathok
Siapa yang tak kenal dengan camilan khas Jogja yang satu ini.
Camilan enak di jogja yang sangat direkomendasikan untuk dibeli saat sedang berkunjung ke kota ini adalah bakpia pathok.

Bakpia ini merupakan jajanan yang memiliki cita rasa khas jogja dan menjadi camilan wajib untuk dijadikan buah tangan dari Jogja.

Walaupun jajanan ini bisa juga anda temukan di daerah lain, akan tetapi rasanya kurang lengkap jika tidak memasukan Bakpia Pathok ke daftar oleh-oleh untuk dibawa pulang saat mengunjungi Jogja.

cemilan khas jogja

2. Yangko
Camilan selanjutnya yang bisa anda temui di kota Jogja adalah yangko. Camilan ini dibuat dari ketan, bentuknya kotak dengan dilapisi tepung terigu. Teksturnya kenyal dan rasanya manis.

Camilan ini juga menjadi camilan khas Yogyakarta yang dapat anda beli ketika berkunjung ke kota ini.

3. Coklat Monggo
Ketika anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan juga camilan coklat monggo ini yang bisa dengan mudah anda temui.

Coklat ini memiliki tempat produksi khusus di Jogja, tepatnya ada di pabrik di kota Gede, Jogja. Di pabrik tersebut anda akan menemukan berbagai coklat dengan berbagai ukuran dan bentuk serta rasa yang beraneka ragam.

4. Kue Ukel
Kue ini juga termasuk cemilan enak di jogja, yang bisa di bilang merupakan jajanan tradisonal warisan nenek moyang kota Gede Jogja.

Kue ini dapat anda jumpai di toko kue atau pasar tradisional kota Jogja. Saat menggigitnya akan terasa tekstur yang lembut, empuk dan lezat tentunya hasil dari penggunaan tepung ketan, telur, santan, dan gula pasir sebagai bahan utamanya di campur dengan beberapa bahan lainnya.

5. Geblek
Geblek merupakan makanan khas Kulon Progo Jogja. Camilan ini dibuat dari bahan dasar aci, sama seperti halnya cireng.

Namun sisi unik dari camilan ini adalah cita rasa dan bentuknya. Bentuk camilan ini adalah seperti angka delapan, dan rasanya adalah rasa aci murni yang di goreng.

Camilan ini sangat cocok jika dimakan selagi hangat karena jika sudah dingin, teksturnya akan berubah menjadi keras dan sangat kenyal.

6. Grubi
Jika anda berkunjung ke Jogja anda bisa mencari camilan khas Jogja yang satu ini. Yaitu grubi. Grubi merupakan camilan yang terbuat dari bahan dasar ubi.

Ubi dikupas dan dibersihkan kemudian diletakkan di mesin pemarut dan di parut hingga bentuknya menyerupai mie. Setelah itu barulah di goreng dan di campur dengan karamel.

7. Geplak
Satu lagi yang termasuk makanan khas Jogja adalah Geplak. Geplak ini merupakan makanan tradisional yang bisa anda temukan di Jogja, khususnya di daerah Bantul.

Sekarang kue ini sudah meluas pemasarannya di beberapa tempat di luar kota Jogja. Rasanya yang manis dan bentuknya yang bulat berwarna-warni membuat banyak kalangan tertarik untuk menjadikannya camilan dan oleh-oleh khas dari Jogja.

8. Egg Roll Ubi Ungu
Cemilan enak di jogja lainnya, yang juga bisa menjadi buah tangan anda ketika berkunjung ke Jogja adalah Egg Roll Ubi Ungu.

Camilan khas Jogja yang sekilas berbentuk seperti Ledre ini merupakan inovasi dari kreasi ubi ungu menjadi kue kering yang renyah. Sangat cocok untuk dinikmati dalam suasana santai di rumah anda.


Demikianlah informasi terkait 8 Camilan Enak di Jogja yang Banyak Dicari Wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pastikan Anda tidak melewatkan untuk menyicipinya saat berkunjung ke Daerah Istimewa Jogjakarta.

Loading...


EmoticonEmoticon