Bawang Goreng salah satu Camilan khas kota Palu

Camilan khas kota Palu. Kota Palu merupakan kota kecil yang berada di garis khatulistiwa. Udaranya yang khas daerah tropis dan kondisi geografis yang dikelilingi pegunungan membuat kota Palu yang biasa juga dikenal dengan Lembah Palu menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Beberapa waktu lalu kota Palu menjadi pusat perhatian wisatawan dunia karena menjadi salah satu yang dilalui fenomena Gerhana Matahari Total.

Selain daerahnya yang cukup strategis dengan kekayaan alam yang melimpah, kota Palu juga memiliki cemilan khas, apa sajakah itu?

Bawang Goreng
Hmm… cukup unik memang. Bawang goreng yang biasa sebagai tambahan penyedap masakan bisa dijadikan camilan.

Bawang goreng khas Palu memiliki tekstur yang garing dan renyah. Selain digunakan sebagai tambahan bahan makanan bawang goreng khas Palu juga dapat dimakan sebagai camilan karena rasanya yang gurih.

Bawang Goreng khas kota Palu terbuat dari bawang Batu pilihan dan di proses secara higienis tanpa bahan pengawet.

Kacang Goyang
Kacang yang berlapis gula warna-warni ini menjadi oleh-oleh camilan khas Palu yang dapat anda bawa serta jika anda kembali ke Kota asal.

Dinamakan kacang goyang karena proses pembuatannya dengan cara di goyang-goyang. Kacang yang sudah dikupas kulit arinya kemudian di sangrai lalu digoyang diatas lelehan gula sehingga kacang dan gula menyatu.

Pisang epe/pisang gepe
Pisang mengkal di kupas kulitnya kemudian di panggang diatas bara api. Setelah agak matang kemudian di gepe (dijepit menjadi pipih).

Pisang epe disajikan dengan taburan parutan kelapa muda kemudian disiram saos yang terbuat dari gula merah. Camilan sederhana tapi sungguh nikmat apalagi di dampingi minuman sarabak, yang merupakan perpaduan wedang jahe susu dan telur ayam kampung hampir mirip STMJ kalau di Jawa Timur.

Sambil menikmati udara pantai teluk palu yang indah dimalam hari, rasanya tidak ada duanya.

Lalampa
Bentuknya mirip seperti lemper, hanya saja pengolahannya sedikit berbeda. beras ketan yang sudah di kukus, kemudian dibungkus daun pisang dan diberi isian suiran ikan tongkol.

Setelah dibungkus, lalampa di panggang diatas bara api, lalampa khas kota Palu yang paling terkenal adalah lalampa Toboli.

lalampa toboli camilan khas palu

Pisang goreng
kalau camilan yang satu ini di semua daerah pasti ada. Tapi yang membedakan pisang goraeng khas kota Palu adalah car menghidangkannya.

Pisang goreng kota Palu dihidangkan dengan sambal, rasanya mantap dan pasti bikin ketagihan.

pisang goreng

Tetu
bukan duo Pop asal Moskow dan tidak ada hubungannya dengan Lena Katina dan Yulya Volkova.

Tetu di kenal juga dengan sebutan kue perahu, jajanan yang satu ini berbahan dasar tepung terigu yang di beri gula merah atau gule putih.

kombinasi rasa gurih dan manis serta aroma daun pandan yang menjadi wadahnya membuat camilan yang satu ini sangat diminati.

tetu

Putu
Satu lagi camilan khas kota Palu berbahan ketan yang sangat diminati. Putu berbentuk bulat silinder yang dibalut parutan kelapa muda.

Putu biasa dinikmati dengan sambal yang dicampur ikan kecil-kecil, masyarakat Palu menyebutnya dengan nama Duo/Penja.

Duo mirip dengan Teri Medan hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil.

duo, penja

Selain camilan khas, kota Palu juga menawarkan pengalaman wisata 4 dimensi. Dengan dukungan kondisi alam yang indah, kota Palu menawarkan beragam jenis wisata
Wisata Pantai; snorkling, menyelam, mancing.
Wisata gunung; hiking, camping.
Wisata udara; paralayang. dan
Wisata darat berupa aneka pusat rekreasi masyarakat, yang manyajikan berbagai kuliner khas kota Palu.

Cukup lengkap, jadi, jika anda berkunjung ke Palu pastikan untuk membawa oleh-oleh khas Palu Sulawesi Tengah.

Artikel Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

Scroll to top