7 Cemilan Khas Malang yang Banyak di Buru Wisatawan


Banyaknya destinasi wisata yang mempesona di Malang, membuat banyak wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun asing berbondong-bondong menyerbu kota dingin ini.

Terlebih saat hari minggu atau saat liburan sekolah, banyak warga kota sekitaran Malang maupun dari luar Propinsi yang menjadikan kota ini sebagai destinasi wisata.

Nah, bicara tentang wisata, pastinya tak hanya tentang wisata alam-nya saja, melainkan yang tak kalah menarik dan perlu diketahui ialah wisata kulinernya.

Begitupun di Malang, di kota yang khas dengan bahasa wolak-waliknya ini juga menyimpan cemilan ataupun jajanan khas yang banyak di jajakan di toko-toko yang menjual aneka oleh-oleh khas malang.

berikut 7 Daftar camilan khas Malang yang bisa anda catat sebagai referensi ketika berkunjung ke sana.

1. Kripik Tempe
Cemilan khas malang pertama yang kami rekomendasikan adalah kripik tempe. Meskipun sebenarnya kripik tempe merupakan camilan universal.

Tapi ada sebuah daerah di kota Malang yang bernama Sanaan yang mayoritas penduduknya memproduksi kripik tempe.

Sanan yang terletak di Kelurahan Purwantoro, Kec. Blimbing menjadi pusat Industri Tempe. Kripik tempe Sanan terbuat dari tempe segar pilihan dan diris tipis-tipis kemudian dibalut tepung bumbu yang sudah dicampur rempah-rempah khas. Karena bentuknya yang tipis membuat kripik tempe ini sangat renyah dan nikmat.

Jadi jangan heran jika nanti ketika anda di Malang anda akan menemukan banyak merek kripik tempe dengan berbagai varian bentuk maupun rasanya.

2. Kripik Buah
Kota malang sangat terkenal akan kesuburan tanahnya. Jadi tak heran, jika banyak buah-buahan dapat tumbuh di kota ini salah satunya Apel.

Karena banyaknya jenis buah yang merupakan hasil bumi kota malang, membuat stok buah sangat melimpah saat musim panen. Kemudian terbesit ide untuk membuat olahan buah sehingga buah hasil panen bisa lebih awet dan dijual dengan beragam jenis panganan ringan.

Oleh karenanya mulai banyak sekali bermunculan toko oleh-oleh yang menjual buah tapi dalam bentuk keripik.

Di kota ini anda bisa menemukan keripik dengan berbahan dasar buah-buahan. Misalnya keripik buah apel, keripik nangka, keripik salak, keripik semangka, dan lain sebagainya. Kripik buah ini bisa menjadi camilan bagi anda yang vegetarian.

3. Pastry buah malang strudel
Cemilan lain yang hanya bisa anda dapatkan di kota ini adalah pastry buah malang strudle. Kue lapis yang terbuat dari pastry dan di isi dengan berbagai varian buah ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat anda.

4. Bakso presiden
Bakso mungkin bisa anda dapatkan di kota mana saja, karena bakso merupakan panganan yang me-Nasional bahkan mendunia. Namun bakso presiden hanya dapat anda temui di kota ini.

Bakso ini cukup unik karena lokasinya berada di dekat rel kereta api. Jadi jangan heran jika saat sedang asyik-asiknya bersantap ria, tubuh anda berasa bergetar, karena yang punya jalan (kereta.red) lewat.

Dan selain dijual dalam bentuk biasa, bakso president ini bisa di nikmati dalam bentuk camilan. Jadi sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh keluarga di rumah.

5. Kripik ceker
Oleh-oleh lain yang bisa anda bawa pulang ke rumah dari cemilan khas malang adalah kripik ceker.

Jika biasanya yang sering di jumpai adalah ceker berkuah atau di goreng, di malang ini ada varian camilan yaitu kripik ceker. Jadi jika anda penikmat ceker, pastinya tak sabar menyicip jajanan ini.

Bahan ceker ayam yang sudah dipisahkan dari tulangnya kemudian digoreng setelah sebelumnya di beri bumbu penyedap. Begitu anda mulai mengambil dan menguyah camilan ceker ayam ini makan akan sulit untuk berhenti, karena begitu nikmat dan gurih nya.

6. Aneka olahan telo (ubi)
Jika anda berkunjung ke malang, jangan lupa untuk berkunjung ke Repoeblik telO. Di tempat ini ada cafe dan pusat oleh-oleh dari aneka olahan telo seperti nugget telo, pizza telo, bakpao telo, ice cream telo,  brownis yang pastinya berbahan telo dan masih banyak lainnya.

Olahan telo yang paling digemari untuk dijadikan oleh-oleh di tempat ini adalah, Bakpia telo dan Bakpao telo.

7. Pia mangkuk
Camilan ini juga menjadi salah satu camilan khas malang yang bisa di bawa pulang. Cita rasa pia ini cukup berbeda dengan pia lainnya dan hanya bisa anda temukan di malang.

Sekilas Pia Mangkuk yang dapat ditemukan di jalan Semeru, Tidar dan di Singosari ini mirip dengan Bakpia Pathok khas Jogja, namun teksturnya yang lebih renyah di luar dan berpadu lembutnya isian didalam  menjadi ciri khas tersendiri dan wajib dijadikan oleh-oleh jika anda berkunjung ke kota dingin Malang.

cemilan khas malang

Selain beberapa camilan khas malang di atas, tentunya masih banyak lagi camilan lainnya yang juga tak kalah lezatnya. Nah, tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan anda untuk mengunjungi kota dingin nan indah ini.

Loading...


EmoticonEmoticon