Alat untuk mengasah Pisau dapur yang mulai tumpul

Mengatasi Pisau dapur yang mulai tumpul. Pisau yang mulai tumpul dapat mengganggu aktifitas memasak di dapur.

Kegiatan mengupas, mengiris, memotong aneka bahan masakan menjadi terhambat jika menggunakan pisau yang mulai tumpul.

Selain memudahkan pekerjaan memasak, menggunakan pisau yang tajam ternyata lebih aman karena bahan makanan akan mudah di potong dan tidak menggelinding kesana kemari seperti ketika dipotong menggunakan pisau tumpul, yang dapat membahayakan penggunanya.

Di pasaran memang telah banyak pilihan berbagai pisau dapur dari rentang harga yang termurah hingga termahal. Tapi mengganti dan membuang pisau yang sudah tumpul rasanya sayang.

Apalagi pisau yang tumpul tersebut telah lama digunakan menemani aktifitas sehari-hari didapur.

Karena pisau yang sudah lama dipakai memasak sehari-hari, akan terbentuk chemistri yang baik dengan pemiliknya.

Anda tentu telah terbiasa menggunakan pisau lama anda dan telah mengenali gesturnya dengan baik, telah sreg dengan berat pisau tersebut, telah terbiasa dengan karakter irisannya.

Ketika harus mengganti pisau dapur dengan yang baru maka anda perlu beradaptasi lagi dengan pisau tersebut.

Untuk mengatasi pisau yang mulai tumpul biasanya dilakukan pengasahan baik itu menggunakan alat sederana ataupun menggunakan peralatan yang memang dibuat khusus untuk mengasah pisau yang tumpul.

Berikut beberapa alat yang dapat digunakan untuk mengasah pisau yang sudah mulai tumpul.

Mengunakan pengasah pisau elektrik
Banyak pilihan alat pengasah pisau elektrik yang dapat di beli dengan pilihan warna menarik dan sumber daya yang digunakan untuk menggerakkannya. Ada yang menggunakan baterai dan ada pula yang menggunakan sumber daya listrik.

Penggunaan alat asah elektrik pun relatif lebih mudah dan biasanya terdapat berbagai pilihan mode untuk menyesuaikan jenis pisau yang ingin diasah.

Pengasah model elektrik bekerja otomatis dan dapat digunakan untuk mengasah pisau, gunting dan juga obeng.

pengasah pisau

Menggunakan Batu
Bahan keras seperti batu telah lama di gunakan dan merupakan cara yang efektif untuk mengatasi pisau yang mulai tumpul.

Berbagai jenis batu digunakan untuk mengasah pisau yang tumpul seperti batu granit, bata merah atau batuan khusus yang memiliki tingkat grit yang berbeda mulai dari yang paling kasar hingga halus.

Mengasah menggunakan batu, dipercaya lebih efektif untuk membuat pisau yang tumpul menjadi tajam kembali. Tapi diperlukan teknik dan pengetahuan khusus agar bisa menghasilkan asahan pisau yang tajam seperti baru.

batu asah untuk mengasah pisau

Menggunakan Besi Asah
Asahan berbentuk besi bulat panjang menyerupai obeng namun dengan sisi bergerigi layaknya kikir untuk menajamkan mata pisau yang mulai tumpul.

Asahan model ini biasa ditemukan digunakan penjual daging untuk mengasah pisau agar tetap tajam. Asahan ini cocok digunakan untuk merawat atau menjaga pisau agar tetap tajam ketika digunakan. Namun untuk pisau yang terlalu tumpul, asahan model ini tidak efektif.

Mengasah dengan Cangkir Keramik
Saat kondisi darurat, cangkir berbahan keramik juga dapat digunakan untuk mengasah pisau yang mulai tumpul.

Namun penggunaan cangkir keramik tidak efektif untuk mengasah pisau yang sudah terlalu tumpul, kalau hanya sekedar guratan ringan di mata pisau mengasah menggunakan bagian bawah cangkir keramik masih bisa dilakukan.

Loading...

Artikel Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

Scroll to top