15 Tempat belanja online yang bisa dipercaya


Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat turut andil dalam perilaku berbelanja sebagian orang.

Sekarang ini, berbelanja berbagai barang kebutuhan, tidak harus mengunjungi toko dan mencari secara konvensional apa saja yang dibutuhkan di setiap etalase toko yang ada.

Aktifitas jual-beli bisa terjadi hanya melalui layar smartphone, komputer atau laptop di berbagai tempat belanja online yang tentu saja harus bisa dipercaya.

Beragam tempat belanja online yang ada, mulai dari jualan jutaan barang online hingga website yang berupa travel agent, semua ada.

Bahkan ada juga yang menawarkan pembelian berbagai kebutuhan secara kredit dengan cicilan 0% plus gratis ongkir, semakin memudahkan orang mendapat barang yang di perlukan tanpa harus keluar rumah.

Berikut ini 15 situs e-Commerce yang bisa dipercaya untuk di jadikan tempat belanja online yang diurutkan berdasarkan tahun berdirinya.

1. Bhinneka.com (1998)
Salah satu e-commerce yang berdiri sudah cukup lama dan dianggap sebagai pelopor, Bhinneka telah menghadapi dan mengalami proses jatuh bangun selama perjalanannya.

PT Bhinneka Mentari Dimensi yang merupakan induk dari Bhinneka.com telah berdiri sejak tahun 1993 dan sempat goyah saat krisis melanda di tahun 1997-1998.

Akhirnya pada Juni 1999 Bhinneka mencoba bangkit dari keterpurukan hingga tetap bertahan sampai saat ini.

2. Agoda.com (1998)
Situs penyedia layanan reservasi tempat penginapan seperti Hotel, Villa ataupun apartement untuk area Asia Pasific secara online.

Semakin memudahkan bagi mereka yang ingin berlibur tanpa khawatir masalah penginapan.

3. Olx.co.id (2005 a.n. Tokobagus)
Dulunya situs ini bernama Tokobagus.com yang di gagas oleh pemuda berkewarga-negaraan Belanda yang sempat berlibur ke Bali.

Pada perkembangannya Tokobagus berubah menjadi OLX.co.id yang merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan E-commerce yang didirikan oleh oleh Fabrice Grinda dan Alec Oxenford.

Banyak kalangan yang menyayangkan perubahan nama menjadi Olx kala itu, karena branding Tokobagus sudah menancap cukup baik dengan mengusung nama Indonesia dengan slogan “cara tepat jual cepat” berganti menjadi “Jual Cepat Beli Dekat”.

4. Tokopedia.com (2009)
Tokopedia telah menjadi bagian dari dunia internet marketing Indonesia sejak 2009.

Dengan mengusung bisnis marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu wadah, tokopedia bisa dijadikan salah satu alternatif tempat belanja online yang bisa dipercaya.

Mempunyai skala rating untuk menilai reputasi penjual sebagai bahan pertimbangan bagi pembeli.

Aktifitas penjual tercatat di halaman website penjual sebagai bahan pertimbangan calon konsumen ketika ingin membeli di salah satu Store yang ada di situs tokopedia.

Dengan slogan "Jual Beli Online Aman dan Nyaman" Tokopedia menyediakan fasilitas escrow atau rekening bersama untuk menjamin kenyamanan dan keamananan para membernya bertransaksi.

5. Bukalapak.com (2010)
Situs e-commerce yang memfasilitasi dan menjadi sarana jual beli antara sesama pengguna bukalapak.

Menganut sistem Consumer to Consumer, pengguna bukalapak dapat menjual barang bekas ataupun baru dari berbagai kategori.

6. Blibli.com (2010)
Toko online yang mengusung konsep ala Mall dengan tag line "Big Choices, Big Deals", Blibli.com merupakan anak perusahaan Djarum.

Dalam perkembangannya, selain menjual berbagai jenis barang, Blibli juga mulai menyediakan fasilitas pembelian tiket kereta dan pemesanan kamar hotel.

7. Lazada.co.id (2011)
Menyediakan beragam kebutuhan mulai dari mainan anak-anak, peralatan rumah tangga, kecantikan, elektronik dan masih banyak lagi.

Lazada.co.id hadir di Indonesia sebagai cabang dari retail online Lazada Asia Tenggara yang merupakan anak perusahaan Jerman yang bernama Rocket Internet.

8. Tiket.com (2011)
Tikel.com menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan setiap orang yang ingin membeli tiket pesawat secara online.

Tidak hanya tiket pessawat terbang, Tiket.com juga melayani pemesanan tiket kereta api, pemesanan kamar hotel, bahkan tiket konser musik.

9. Zalora.co.id (2012)
Toko online merk global yang fokus di segmen fashion, tersedia aneka pakaian dengan mode terkini dari berbagai merk terkemuka seperti Adidas, Mango, Vans, Velvet, Casio, dll.

10. Qoo10.co.id (2012)
Mengusung tag line “Belanja online murah dengan cerdas” , Qoo10 menyediakan beragam kebutuhan mulai dari pakaian, makanan, barang elektronik, hingga E-ticket.

11. Traveloka.com (2012)
Pada awal berdirinya Traveloka menjadi portal untuk mencari informasi berbagai tarif tiket pesawat dari situs lainnya. Kemudian pada perkembangannya Traveloka pun berkembang menjadi situs untuk reservasi tiket pesawat ataupun Hotel.

12. Blanja.com (2014)
Penggunaan nama Blanja yang identik dengan kosa kata Belanja, sangat khas Indonesia membuat situs belanja online yang satu ini cukup memiliki branding yang baik di tanah air.

13. Elevenia.co.id (2014)
Satu lagi situs belanja online yang menyediakan sarana berjualan bagi para pebisnis online untuk dapat menawarkan produknya melalui halaman sehingga mudah di temukan oleh para calon konsumen di seluruh pelosok negeri.

14. MatahariMall.com (2015)
Salah satu situs belanja online yang menjalankan metode O2O (online to offline) yang didukung oleh Matahari Department Store sebagai offline storenya.

15. Shopee.co.id (2015)
Hadir dengan promosi Free ongkir keseluruh Indonesia, membuat nama Shopee dengan cepat menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Tawaran yang sangat sederhana memang, tapi biaya ongkir gratis sangat berarti bagi konsumen yang berada jauh dengan lokasi penjual.

Shoppe sebagai marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli, paham betul bahwa kendala biaya ongkir yang mahal dapat membuat orang berpikir dua kali untuk melakukan transaksi secara online.

15 Tempat belanja online yang bisa dipercaya

Itulah 15 tempat belanja online yang bisa dipercaya untuk dijadikan tempat mencari berbagai kebutuhan anda secara online.

Meskipun begitu, anda tetap perlu berhati-hati ketika ingin melakukan transaksi online. Setidaknya lakukan sedikit riset dengan melihat testimoni dari beberapa pembeli, seberapa aktif penjual pemilik toko online tersebut dan reputasi penjual jika ada.

Beberapa toko online yang bersifat dan berposisi sebagai Marketplace seperti Tokopedia, Elevenia, Bukalapak dll hanyalah sebagai sarana atau media yang mempertemukan antara penjual dan pembeli.

Jadi penjual dan pembeli bisa datang dari mana saja dengan karakter dan latar-belakang yang berbeda-beda.

Tetaplah berhati-hati ketika akan berbelanja online, pastikan penjual yang ingin anda ajak bertransaksi memiliki reputasi yang baik, dengan mempertimbangkan testimoni dan komentar para pelanggan sebelumnya, akan lebih baik lagi jika toko online tersebut memiliki toko offline juga.

Loading...


EmoticonEmoticon