7 Tips Jitu menghemat listrik

Loading...
Setiap keluarga memiliki caranya masing-masing untuk menghemat pengeluaran tagihan listrik di rumah.

Tagihan listrik yang membengkak dapat mengacaukan anggaran belanja keuangan bulanan yang sudah di tentukan dan diatur sedemikian rupa untuk mencukupi berbagai keperluan sehari-hari.

Dengan kemajuan teknologi, penggunaan perangkat listrik dan elektronik dalam rumah tangga semakin meningkat dengan pesat.

Beberapa perangkat yang menggunakan daya listrik, bekerja otomatis dan mengkonsumsi daya listrik secara tidak konsisten setiap harinya.

Hal ini membuat perhitungan konsumsi daya listrik menjadi sulit dan cenderung terabaikan.

Berikut ini 7 hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik agar tagihan lstrik tidak membengkak.

tips menghemat listrik dirumah

1. Perawatan peralatan elektronik
Beberapa peralatan elektronik dirumah sebaiknya di rawat secara rutin untuk menjaga kinerjanya tetap optimal dengan konsumsi listrik yang sesuai beban kerjanya.

AC (Air Conditioner) merupakan salah satu perangkat elektronik dirumah yang bekerja tidak menentu tergantung kondisi cuaca dan suhu ruangan.

Melakukan perawatan AC secara berkala dapat mencegah tagihan listrik membengkak di akhir bulan.

Dengan kondisi AC yang prima, kinerja AC dapat optimal sesuai dengan pengaturan temperatur yang di kehendaki.

Pastikan juga alat-alat elektronik lainnya dalam kondisi yang baik untuk memastikan efisiensi penggunaan listrik pada alat-alat tersebut.

Jikalau perlu gunakan perangkat elektronik dengan teknologi terbaru agar konsumsi listrik bisa ditekan, seperti menggunakan AC atau kulkas yang telah menggunakan teknologi Inverter yang dikenal lebih hemat listrik.

2. Memaksimalkan ventilasi ruangan
Keberadaan ventilasi ruangan dapat dimaksimalkan fungsinya untuk mengurangi penggunaan AC, lampu atau kipas angin saat siang hari.

Jika memungkinkan, sangat dianjurkan mendesain rumah dengan ventilasi yang memadai ketika merencanakan membangun sebuah rumah hunian.

3. Atur penggunaan mesin cuci
Jika anda menggunakan mesin cuci setiap hari, mungkin ada baiknya mulai mengatur jadwal mencuci.

Mencuci menggunakan mesin cuci dapat dilakukan seminggu sekali atau semingu dua kali, tergantung banyaknya anggota keluarga dirumah khususnya bagi keluarga yang memiliki anak kecil.

Atau anda bisa mengatur jadwal mencuci ketika jumlah pakaian kotor sudah mencapai kapasitas mesin cuci. Perlu juga untuk memilih mesin cuci yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

4. Perbaiki Sistem perpipaan
Air menjadi salah satu kebutuhan utama dalam rumah tangga. Jika anda menggunakan air yang ditampung kedalam tandon dengan bantuan pompa air, Anda perlu memperhatikan kebocoran yang mungkin terjadi pada sistem perpipaan di rumah anda.

Kebocoran pada sambungan pipa seperti pada keran dapat membuat debit air di penampungan cepat habis karena terbuang percuma.

Hal ini secara tidak langsung membuat pompa air sering bekerja dan pada akhirnya mempengaruhi tagihan listrik yang harus dibayarkan.

5. Gunakan Lampu LED
Menggunakan lampu LED untuk penerangan di malam hari menjadi salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menghemat penggunaan energi listrik.

Harus diakui memang, harga lampu LED (Light Emitting Diode) masih lebih mahal dibanding lampu biasa, tapi demi menghemat pengeluaran, perlu dipertimbangkan untuk mulai menggunakan lebih banyak lampu jenis ini di rumah.

Lagipula lampu jenis LED lebih awet, terbukti produsen lampu jenis ini umumnya berani menjamin selama 1 tahun bahkan ada yang mengklaim mampu bertahan hingga 15 tahun tapi dengan syarat dan ketentuan berlaku.

6. Matikan setelah digunakan
Ingat selalu untuk mematikan peralatan listrik jika tidak digunakan, jangan lupa juga untuk mencabut colokan listrik saat peralatan tersebut tidak digunakan.

Kita biasanya enggan atau lupa mencabut Steker beberapa perangkat listrik Seperti TV, kipas, charger dll saat tidak digunakan.

tips menghemat listrik di rumah

7. Menggunakan Tenaga Surya
Menggunakan listrik tenaga surya mulai populer saat ini, dan bisa dijadikan alternatif sumber listrik untuk mengurangi tagihan listrik.

Telah banyak penyedia perangkat Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dapat di beli untuk kebutuhan rumah tangga.

Untuk pembangkit listrik tenaga surya dapat di terapkan pada rumah tangga dengan biaya investasi mulai dari 20 juta hingga ratusan juta tergantung Daya listrik yang dihasilkan.

Anda dapat memilih sistem On Grid System yang tanpa baterai atau Off Grid System menggunakan baterai untuk menyimpan daya listrik yang dihasilkan Panel Surya.

Pembangkit tenaga Surya juga dapat dijadikan backup listrik saat terjadi pemadaman bergilir.


Itulah beberapa langkah jitu yang dapat ditempuh untuk menghemat penggunaan energi listrik agar tagihan bulanan tidak membengkak dan mengganggu stabilitas keuangan keluarga.

Jika Anda memiliki Tips ampuh untuk menghemat listrik dirumah, silahkan tambahkan melalui kolom komentar. :)

Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

Scroll to top