Tips mengepak barang untuk berlibur

Setelah semua persiapan akomodasi telah matang, mulai dari tiket pesawat pergi-pulang, penginapan, dan serta jadwal acara di tempat tujuan telah disiapkan sudah saatnya anda mulai mempersiapkan barang-barang bawaan.

Mengepak barang bawaan tidak kalah pentingnya dibanding semua kegiatan selama masa liburan yang sudah direncanakan.

Planing jeprat-jepret di lokasi Instragrammable bisa jadi berantakan karena kurangnya persiapan, atau perjalanan jadi terhambat karena kesulitan mengenali tas yang dibawa saat berada di tempat pengambilan bagasi pesawat.

Untuk itulah anda perlu mempersiapkan baik-baik barang yang perlu anda bawa, berikut ini sedikit informasi yang bisa membantu anda mempersiapkan dan mengepak barang untuk berlibur.

Buat daftar bawaan

Tampaknya terdengar membosankan, tapi ini penting untuk diperhatikan. Jika anda berencana bepergian naik pesawat, ada batasan bagasi yang boleh dibawa.

Untuk itu anda perlu mempersiapkan barang bawaan yang tidak melebihi batas agar barang anda tidak over-bagasi yang akhirnya membuat anda harus keluar biaya extra untuk membayar kelebihan berat.


Membawa air minum

Pastikan anda menyiapkan air minum untuk mencegah dehidrasi. Bawa air minum secukupnya, jangan memasukannya kedalam tas yang sulit dibuka.

Ada aturan ketat terkait membawa cairan kedalam pesawat. Jadi siapkan air minum dan masukan kedalam tas yang anda bawa serta, agar jika tiba-tiba petugas bandara ingin memeriksanya anda tidak repot dibuatnya.

Jika anda memasukan air minum kedalam tas koper dengan kunci gembok dan diikat tali dengan kuat, maka ketika masuk pemeriksaan X-Ray petugas bandara bisa saja meminta tas anda dibongkar untuk memastikan cairan yang ada dalam tas tersebut aman dan bukan bahan yang berbahaya atau mudah terbakar.


Tandai setiap barang bawaan anda

Beri tanda pada setiap barang bawaan anda untuk memudahkan anda mengenalinya nanti ketika mengambilnya di tempat tujuan.

Beri tanda barang-barang anda yang akan dimasukan ke bagasi pesawat dengan tali, kain, tulisan atau apa saja yang bisa dengan mudah anda kenali agar anda mudah mengenali barang-barang anda nantinya di tempat pengambilan barang.

Kelihatannya sepele, tapi kemungkinan terjadi kesamaan warna corak tas antar satu penumpang dengan penumpang lainnya bisa saja terjadi.

Tips mengepak barang untuk berlibur


Amati batasan bagasi yang di ijinkan

Biasanya pihak airline mengijinkan penumpangnya membawa bagasi sebanyak 20 kg, jadi pastikan anda menimbang barang bawaan anda sebelum berangkat agar tidak over bagasi.

Karena jika bawaan anda sampai over anda bisa dikenai biaya tambahan berkisar 25.000 per kilonya tergantung kebijakan maskapai yang bersangkutan.


Beri ruang kosong untuk oleh-oleh

Jika anda pergi liburan, oleh-oleh sudah menjadi barang wajib dalam daftar perjalanan. Untuk itu persiapkan space kosong dalam koper bawaan anda untuk menempatkan beragam oleh-oleh yang mungkin akan dibawa pulang.


Bawa serta Semua barang berharga

Pastikan semua barang berharga anda bawa bersama kedalam kabin pesawat. Jangan pernah berpikir untuk memasukan laptop, handphone, kamera atau bahan berharga lain kedalam tas yang akan masuk ke bagasi pesawat.

Sebaiknya siapkan tas ransel kecil untuk menempatkan semua barang tersebut agar anda mudah membawanya ke kabin pesawat.


Kelompokan pakaian anda

Paking semua pakaian dalam satu kelompok, misalnya kaos dengan kaos, celana bersama celana.


Tempatkan barang penting ditumpukan atas

Pastikan anda menempatkan barang penting di utmpukan atas, misalnya saja jaket atau handuk kecil yang mungkin saja diperlukan secara tiba-tiba.


Selain harus memperhatikan barang bawaan ada beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi ketika akan traveling menggunakan pesawat terbang.

Tetap tenang saat melewati pemeriksaan

Antrian saat pemeriksaan masuk keruang tunggu kadang membuat tergesa-gesa antara khawatir ketinggalan pesawat dan khawatir kelupaan barang bawaan ketika pemeriksaan.

Beberapa bandara memiliki kebijakan ketat saat proses pemeriksaan, seperti mewajibkan melepas ikat pinggang, mengeluarkan dompet, handphone, melepas kalung, gelang atau barang logam lainnya dan jika anda membawa laptop anda harus siap laptop anda diperiksa oleh staff security.

Pemeriksaan laptop biasa terkait penggunaan software bajakan tapi ini sering ditemukan di bandara internasional. Tapi di bandara domestik juga sempat menerapkan pemeriksaan laptop yang dibawa penumpang khususnya ketika isu teroris sedang ramai.

Jadi usahakan tetap tenang, jangan terburu-buru, masukan semua barang bawaan anda ke keranjang yang sudah di sediakan agar tidak tercecer.


Jangan lupa membawa obat-obatan

Apa saja bisa terjadi selama perjalanan, pastikan anda membawa obat penghilang rasa nyeri misalnya untuk mengobati sakit kepala atau minyak gosok untuk mengantisipasi jikalau tiba-tiba mengalami mual pusing di perjalanan.


Siapkan kuota internet yang cukup

Hari gini punya Smartphone tanpa paket data rasanya sangat tidak berprikegadgetan. Percuma merencanakan kunjungan ke tempat-tempat yang Instragammable tapi tidak bisa langsung di share ke Sosial Media, rasanya tuh seperti dengar nyamuk nguing-nguing di telinga tapi tidak nampak wujudnya.

Jadi pastikan Smartphone anda memiliki kuota yang cukup agar anda tidak direpotkan mencari konter pulsa saat di tempat liburan dan bisa menshare semua aktifitas liburan anda ke medsos setiap saat..

Meskipun sekarang untuk membeli pulsa tidak harus mencari konter pulsa karena bisa dilakukan secara online atau lewat ATM tapi ada baiknya anda mempersiapkannya dari rumah.


Periksa kembali semua yang dibutuhkan

Jangan pernah tinggalkan rumah sebelum anda memastikan tiket penerbangan, uang cash yang cukup, kartu kredit atau debit, kartu identitas, passport bila perlu, dan hal penting lainnya sudah masuk dalam tas bawaan anda.

Loading...

Artikel Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

Scroll to top