Anda susah tidur? 6 makanan ini penyebabnya


Anda mengalami insomnia temporer? bisa jadi 6 makanan ini penyebabnya.

Malam semakin larut tapi anda pun masih terjaga menghitung setiap detik yang berdetak tanpa mau menunggu anda terlelap.

Kesalahannya mungkin terletak pada pilihan makan malam anda yang terlalu larut di konsumsi dan teralu dekat dengan waktu tidur anda.

Ditengah kesibukan yang padat Anda mungkin makan malam terlalu larut hingga mempengaruhi kualitas tidur dan merusak tidur anda.

Gangguan tidur memiliki banyak penyebab, salah satu yang menjadi alasan sulit tidur adalah perut penuh makanan yang cenderung membuat mata sulit terpejam.

Berikut ini 6 makanan yang mungkin membuat anda sulit memejamkan mata meskipun sudah memulainya beberapa jam yang lalu hingga andapun mulai kehabisan domba untuk dihitung..

susah tidur

1. Coklat Hitam

Coklat hitam memiliki banyak manfaat kesehatan dengan kandungan anti oksidan yang bermanfaat bagi jantung anda, meningkatkan fungsi insulin dan meningkatkan aliran darah ke otak. Sayangnya cokelat hitam juga mengandung kafein, semakin tinggi persentase kandungan biji kakao-nya maka semakin tinggi juga kandungan kafeinnya.

Meskipun kandungan kafeinnya masih lebih rendah daripada kopi, tapi itu lebih dari cukup bai sebagian besar orang untuk mengalami sulit tidur. Apalagi jika anda tidak terbiasa minum kopi, maka sepotong cokelat hitam bisa membuat anda terjaga.


2. Makanan Pedas

Makanan pedas pada beberapa kondisi memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan aliran darah.

Tapi sebaiknya nikmati menu pedas di siang atau sore hari, hindari mengkonsumsinya menjelang tidur karena akan memberi rasa hangat dalam perut yang membuat anda hanya akan menatap langit-langit kamar dan menghitung setiap detik waktu berjalan tanpa sedikit pun ada tanda-tanda akan terlelap.


3. Gorengan

Ayam goreng krispi dan makanan gorengan lain yang tak dapat disangkal kelezatan dan kerenyahannya. Tapi jangan lupakan juga lemaknya, gorengan sarat akan lemak yang membuat sistem pencernaan anda bekerja sepanjang malam, mengganggu siklus tidur anda dan berpotensi menyebabkan sakit maag. Jadi jika berencana menyantap menu ayam goreng sebaiknya jangan terlalu larut karena dapat mengganggu jam tidur anda.


4. Brokoli

Brokoli dicampur kubis dan wortel bisa jadi menu tambahan yang baik untuk diet anda. Makanan sarat serat ini sebaiknya dinikmati di awal malam setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

Makanan kaya serat yang memenuhi isi perut akan membuat anda sering terbangun di malam hari, tentu saja ini dapat mengganggu kualitas tidur anda.


5. Tomat

Tomat sering ditemukan sebagai campuran salad, sup, lalapan atau hidangan masakan lain. Buah beraroma segar dan biasa dimasukan kedalam menu masakan sehat ini dapat membuat anda susah tidur jika waktu mengkonsumsinya kurang tepat karena bisa menyebabkan rasa panas di perut.


6. Steak

Meskipun bukan makanan wajar bagi kebanyakan orang, steak juga termasuk menu makanan yang membuat anda susah tidur.

Mengkonsumsi makanan tinggi protein dan tinggi lemak seperti steak dapat membuat susah tidur apalagi ketika menyadari bahwa harga perporsinya bisa buat makan tiga kali untuk menu reguler spesial pakai telur.

Makan steak menjelang tidur membuat sistem pencernaan anda begitu sibuk sehingga lambung, usus, hati, pankreas yang seharusnya beristirahat jadi sibuk mencerna dan anda pun terjaga semalaman.

Leave a Comment
EmoticonEmoticon