Sulit tidur? 7 makanan ini bisa membantu mengatasinya


Bila terlalu banyak menghabiskan malam diatas tempat tidur hanya untuk membolak-balikan badan tapi tidak juga bisa tertidur pulas.

Mungkin anda mulai berpikir untuk menggunakan obat tidur sebagai pemecah masalah sulit tidur.

Tapi sebenarnya anda tidak perlu melakukan hal tersebut, anda bisa mencoba makan-makanan yang bisa membantu mengundang rasa kantuk meskipun reaksinya tidak secepat obat tidur, tapi jenis makanan ini tidak mengakibatkan efek samping bagi tubuh.

Jadi anda bisa mencoba mengisi piring anda dengan camilan ringan berikut ini untuk dinikmati sesaat sebelum waktu tidur tiba.

1. Pisang

Buah yang mudah didapat dengan beraneka ragam jenis dan ukuran. Anda bisa menikmati buah pisang kecil satu atau dua jam sebelum berangkat tidur.


2. Susu

Segelas susu hangat bisa menjadi solusi baik untuk mengatasi sulit tidur. Minuman sarat kalsium ini tidak hanya membantu otot anda rileks tapi juga mengatur produksi melatyonin tubuh anda. Nikmati segelas susu hangat menjelang tidur untuk mambantu tidur nyenyak.


3. Kacang Almond

Almond adalah sumber magnesium yang sangat baik, yang membantu Anda rileks, dan protein, yang menjaga kadar gula darah bahkan sepanjang malam. Selain itu, segenggam almond harian menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan aktivitas otak dan menguatkan tulang Anda.


4. Selada

Sayuran ini mungkin kurang nikmat dimakan begitu saja. Untuk itu anda bisa mengolahnya menjadi salad agar nikmat. Selada sendiri mengandung phytonutrisi yang disebut lactucarium yang di gadang-gadang bisa menyebabkan tidur, mengurangi rasa sakit dan mendorong relaksasi.

Selain Selada, Anda juga bisa mengkonsumsi Kangkung untuk mengundang rasa kantuk.

makanan yang bisa membantu tidur nyenyak


5. Madu

Cukup minum satu sendok makan madu sebelum tidur. Jika anda kesulitan mengkonsumsinya karena terlalu manis, anda bisa mencampurnya kedalam secangkir teh.


6. Keju

Seperti semua produk susu, keju mengandung kalsium yang membantu meredakan stres dan mengendurkan otot. Keju Mozzarella dikenal baik untuk membantu mengatasi sulit tidur. Makan beberapa potong kecil keju untuk membantu anda mudah terlelap.


7. Cherry

Mungkin anda kurang familiar dengan buah yang satu ini, tapi bisa dicoba sekali-kali membelinya jika ketemu di pasar. Cheery mengandung Melatonin, hormon yang dapat membantu anda tidur nyenyak. Anda bisa memakan nya satu atau dua jam sebelum tidur.

Leave a Comment
EmoticonEmoticon