Tips memberi tahu anak ketika akan pindah rumah

Pindah rumah bisa menjadi pengalaman traumatis bagi anak, terutama jika itu berarti akan menjauh dari keluarga dan teman.

Tidak mudah bagi anak-anak meninggalkan semua kenyamanan yang dirasakan dari lingkungannya selama ini.

Perlu di ingat, ketika anda ingin memberitahu anak anda tentang keputusan untuk pindah rumah, pastikan anda menyampaikannya dengan sikap tenang dan optimis.

Anak-anak anda secara alami akan merespon dan memperhatikan perilaku anda, jika anda terlihat cemas dan gusar terhadap rencana pindah tersebut maka mereka pun akan merasakannya.

Saat anda berencana mengabarkan tentang rencana pindah rumah, pastikan anda memperhatikan beberapa point berikut ini

Sampaikan rencana pindah secepat mungkin

Begitu anda memutuskan untuk pindah dan tempat baru sudah tersedia, sampaikan rencana pindah dari rumah yang anda tinggali sekarang secepat mungkin.

Begitu anda punya rencana pindah segera sampaikan kepada anak anda, langkah ini dapat mengetahui bagaimana rencana pindah mempengaruhi anak-anak anda.

Beri informasi kemana anda akan pindah dan beberapa hal yang perlu diketahui, tapi tidak perlu terlalu detail hingga ke alasan pindah karena penyitaan atau kesulitan finansial misalnya.

Karena ini akan menimbulkan kecemasan pada anak, sementara kita ingin mereka tetap tenang menghadapi kenyataan harus pindah dari lingkungan yang telah lama di kenalnya.


Jangan janjikan yang tidak pasti

Jika anda pindah lintas pulau yang membutuhkan biaya transport cukup mahal, sebaiknya anda tidak menjanjikan untuk dapat berkunjung rutin setahun sekali ke teman lama mereka.

Begitu juga terkait tempat baru, untuk menenangkan mereka mungkin anda akan membujuknya dengan menceritakan hal yang terlalu fantastis di tempat baru.

Kecuali jika anda memang benar-benar sudah paham betul lokasi baru yang akan ditempati. Tapi jangan terlalu memberi harapan yang tidak sesuai kenyataannya.

we are moving

Pilih waktu yang tepat untuk memberitahu mereka

Ketika anda memutuskan untuk memberitahu anak anda bahwa kalian akan pindah rumah, pastikan anda menemukan waktu yang tepat untuk mendiskusikan hal ini untuk mengetahui betul bagaimana perasaan dan dampak rencana pindah ini kepada mereka.


Persiapkan informasi sekolah baru mereka

Pindah rumah, mungkin juga anak anda perlu pindah sekolah, beri informasi sedetail mungkin terkait sekolah baru mereka.

Anda bisa menggunakan teknologi internet untuk mencari tahu dan memperlihatkan foto-foto sekolah baru mereka nantinya jika sudah pindah.

Ini akan membuat mereka mendapat informasi awal dan membantu pikiran mereka merasa nyaman untuk pindah.


Bantu mereka membayangkan lingkungan baru nya

Salah satu hal yang dapat anda upayakan untuk membantu anak anda menyesuaikan diri dan merasa tertarik dengan gagasan pindah rumah adalah membantu mereka memvisualisasikan sebanyak mungkin tentang lokasi baru tersebut.

Seperti memperlihatkan gambar rumah baru yang akan ditinggali, berbagi gagasan tentang bagaimana mereka bisa menghias kamar baru mereka.

Jika anak anda merasa banyak manfaat saat pindah seperti mendapat kamar tidur mereka sendiri untuk pertama kalinya, kebebasan mendekorasi kamar mereka sesuai selera, mungkin mereka mendapat bayangan yang menarik tentang hunian baru tersebut.

Semakin anak anda mampu ‘melihat’ diri mereka di lokasi baru maka semakin nyaman mereka untuk pindah.


Beri mereka waktu untuk berpamitan

Mungkin anak anda ingin berpamitan dengan teman-teman dekatnya, bicarakan dengan mereka bagaimana mereka ingin mengucapkan selamat tinggal dengan teman-temannya.

Apakah perlu mengadakan semacam acara syukuran kecil-kecilan untuk merayakan perpisahan mereka.

Loading...

Artikel Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

Scroll to top