Amati Pemirsa blog Anda sebelum mengatur posisi iklan

Sebagai penayang Adsense, para webmaster perlu mencari posisi iklan yang memiliki performa terbaik.

Proses ini tidak bisa sekali penerapan langsung membuahkan hasil yang menggembirakan.

Terkadang harus merubah posisi kesana kemari beberapa kali baru bisa mendapat posisi yang pas atau hingga bosan dengan penghasilan yang lumayan tidak banyak berubah :D.

Satu hal yang perlu di perhatian ketika ingin menata posisi iklan di web atau blog yang di gunakan untuk menayangkan iklan adsense adalah Pemirsa.

Statistik pemirsa perlu di jadikan pertimbangan ketika anda ingin menata posisi iklan di blog.

Perangkat apa yang banyak di gunakan oleh pengunjung blog anda, apakah perangkat mobile atau desktop. Bagi pengguna Blogger, Anda bisa melihat informasi ini di dashboard Blogger bagian menu Statistik > Pemirsa.

statistik blog blogspot


Jangan sampai anda fokus menata posisi iklan untuk versi mobile sedangkan pengunjung blog anda mayoritas dari perangkat desktop.

Begitupun sebaliknya, akan jadi sia-sia jika anda fokus menata posisi iklan di versi desktop sedangkan pengunjung anda kebanyakan berasal dari pengguna smartphone.

Apalagi jika anda mengaktifkan pilihan template khusus seluler. Di beberapa template terdapat dua pilihan tampilan yaitu versi desktop dan versi mobile. Versi mobile bisa diaktfikan jika mau, agar blog dapat loading lebih cepat dan ringan.

mengaktifkan tema seluler


Jika pun template yang anda gunakan sudah responsiv, anda harus melihat tampilan versi mobile-nya, jangan sampai iklan yang di letakan di header atau di bawah judul akan melanggar pasal “above the fold-nya” adsense.

Dalam menata posisi iklan untuk template yang sudah responsiv, sebaiknya anda juga memeriksa bagaimana dia tampil saat diakses melalui berbagai perangkat agar tidak melanggar ketentuan adsense dan tetap nyaman bagi pengunjung.

Anda bisa memeriksanya lewat web http://www.responsinator.com untuk memastikan poisinya sudah tepat.

Jadi sebelum anda melakukan optimasi terkait iklan yang ditayangkan pada blog anda sebaiknya pelajari statistik blog anda, cukup lihat statistik yang ada di dashboard Blogger atau statistik di analytic.

Lihat kebiasaan pengunjung blog anda terkhusus perangkat yang di gunakan seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Karena akan sia-sia jika pengaturan yang anda lakukan tidak sesuai dengan karakter pengunjung blog anda.

Dan akan lebih menyakitkan lagi kalau ternyata banyak yang menggunakan browser yang terkenal dengan Ad-blockers-nya.

Jadi jika anda menemukan catatan statistik trafik blog anda 80% Android, 80% uc, maka urungkan niat mengutak-atik posisi iklan apalagi sampai mikir CTR dan CPC untuk berharap mendapatkan hasil terbaik.

Tapi tetap jangan menyerah, terus berusaha dan jangan lupa berdoa.

Please Share Artikel "Amati Pemirsa blog Anda sebelum mengatur posisi iklan" ini, biar makin banyak yang tahu :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amati Pemirsa blog Anda sebelum mengatur posisi iklan"

Post a Comment

Leave a Comment