Tips agar dapat tidur nyenyak dimalam hari

Tidur adalah aktifitas tubuh yang sepertinya sederhana tapi terkadang sulit dilakukan.

Tidur nyenyak di malam hari adalah salah satu hal terpenting yang bisa anda lakukan untuk menjadi lebih produktif.

Jika anda dalam kondisi terbaik dan dapat dengan mudah tidur di malam hari dengan tidur berkualitas akan dapat menghemat banyak waktu.

Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu di tempat tidur untuk mencoba terlelap, semakin cepat anda tertidur semakin lama waktu tidur anda dan semakin segar anda bangun di pagi hari.

Sedikit waktu yang diperlukan untuk menyeruput kopi pagi dan anda pun siap menjalani aktiftitas hari dengan lebih bersemangat dengan energi yang penuh.

Bayangkan jika kondisi anda sudah sangat lelah tapi untuk tidur pun masih kesulitan dan butuh waktu berjam-jam agar bisa terlelap.

Tentu ini akan mengurangi waktu tidur anda sehingga di pagi harinya anda masih belum cukup beristirahat namun terpaksa harus bangun.

Bagaimana mengkondisikan segala sesuatunya agar mendapatkan suasana yang lebih baik sehingga dapat membuat anda mudah beristirahat ketika malam tiba untuk mencharge kembali energi yang terbuang seharian.

Mari kita coba tentukan poin dan tujuan apa yang ingin diraih ketika ingin tidur nyenyak di malam hari
  • Ingin dapat Tertidur lebih cepat sehingga kita memiliki masa tidur yang lebih panjang, dari pada hanya sekedar berguling-guling di kasur tapi tidak juga terlelap.
  • Menghindari gangguan agar tidur lebih nyenyak. Gangguan sekecil apapun dapat mempengaruhi kualitas tidur kita dimalam hari.
  • Bangun dengan kondisi segar dan bangun lebih cepat, dengan demikian memberi waktu yang lebih banyak di pagi hari untuk mempersiapkan diri menjalani aktifitas hari ini.
  • Tidur yang berkualitas sehingga akan membuat tubuh anda merasa dalam kondisi full charged saat bangun di pagi hari.
tidur nyenyak dimalam hari

Begini cara yang bisa di tempuh untuk mencapai semua itu.

Merapikan tempat tidur

Mulailah untuk selalu mengkondisikan tempat tidur agar selalu bersih dan rapi. Ini bisa dilakukan setiap anda bangun pagi sebelum melakukan persiapan menjalani hari, sepulang kerja, atau sesaat sebelum tidur.

Tempat tidur dan kamar tidur yang rapi akan membuat anda nyaman berbaring diatasnya nanti ketika anda butuh beristirahat.


Buat daftar rutin

Coba buat catatan atau daftar apa saja yang perlu anda lakukan sebelum tidur seperti; mempersiapkan menu untuk sarapan/makan siang besok, siapkan pakaian untuk besok, membuang sampah, matikan lampu, cuci muka, sikat gigi, atau daftar lain yang perlu dilakukan.

Ini bisa membuat pikiran anda tenang dan bisa tidur nyenyak karena segala keperluan untuk esok hari sudah siap.


Lakukan aktifitas ringan sebelum tidur

Mungkin anda memiliki kebiasaan sebelum tidur seperti mandi air hangat, makan sedikit salad atau membaca buku.

Jikalau anda ingin makan sebelum tidur, hindari jenis makanan yang membuat susah tidur tapi anda bisa mencoba makanan yang mengundang rasa kantuk.


Lakukan Riset

Kenali posisi tidur terbaik anda, atau mungkin posisi tempat tidur anda yang menghadap ke utara ternyata kurang nyaman buat anda.

Anda bisa mencoba merubah posisi furniture dalam kamar untuk mendapatkan kenyamanan tidur anda di malam hari.

Apakah lampu juga mempengaruhi tidur anda, lampu redup mungkin nyaman bagi seseorang atau anda termasuk orang yang suka tidur dalam kondisi gelap atau malah dalam kondisi lampu terang.


Temukan jam ngantuk anda

Anda mungkin memiliki jam-jam dimana mata terasa begitu berat. Percaya atau tidak, ada jam-jam tertentu bagi sebagian orang adalah merupakan waktu yang tepat untuk mulai tidur karena mata sudah terasa sangat berat. Tapi jika jam ngantuk tersebut terlewatkan maka mata akan sulit terpejam saat badan diajak rebah.

Misalnya ada orang yang begitu mengantuk pada kisaran pukul 21.00 hingga 23.00, tapi setelah melewati pukul 00.00 rasa kantuk itupun tiba-tiba hilang.

Meskipun sebenarnya badan tetap terasa lelah tapi saat waktu biologis terebut telah lewat, mata pun sulit untuk terpejam (mendadak insomnia/kancilan). Jadi temukan waktu ngantuk anda ini agar anda dapat tidur nyenyak dimalam hari.

Please Share Artikel "Tips agar dapat tidur nyenyak dimalam hari" ini, biar makin banyak yang tahu :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips agar dapat tidur nyenyak dimalam hari"

Post a Comment

Leave a Comment