Cara Cepat Bisa Jahit

Bisa menjahit menjadi salah satu keterampilan yang sangat bermanfaat untuk mencoba membuat baju untuk anak sesuai keinginan atau sekedar untuk menjahit baju yang sobek, memotong celana yang kepanjangan atau memasang badge baju sekolah anak.

Untuk belajar agar cepat bisa menjahit, hal yang perlu di sediakan adalah alat dan bahan.

Yang terpenting sebenarnya untuk dapat cepat bisa menjahit adalah memiliki alat dan bahan yang memadai.

Anda bisa membeli mesin jahit yang sekarang banyak pilihannya dari rentang harga 200 ribuan hingga yang berharga jutaan.

Untuk belajar menjahit anda bisa mulai dengan menggunakan mesin jahit murah meriah berukuran kecil, atau tanya keluarga terdekat apakah memiliki mesin jahit yang bisa di pinjam.

mesin jahit

Setelah mesin jahit tersedia, anda perlu menyiapkan bahan seperti kain dan benang serta peralatan pendukung lainnya seperti gunting, meteran, pendedel benang dll.

Untuk belajar menjahit, anda bisa mencoba menjahit di kain bekas atau kain perca.

Anda bisa mendapatkan kain perca kiloan yang tentu harganya relatif lebih murah daripada beli kain baru skala meteran.

Setelah bahan dan alat siap, anda bisa mulai belajar menjahit. Dengan bermodalkan bahan kain perca anda bisa mencoba membuat kreasi sederhana seperti keset, lap meja/piring atau kain penahan panas untuk mengangkat panci saat memasak.

Agar cepat bisa jahit, latih terus keterampilan menjahit anda hingga anda terbiasa dan mulai paham karakter mesin jahit yang anda gunakan dan perbedaan seting mesin / teknik jahitan ketika menjahit di bahan kaos, katun, flannel dan lain-lain.

Jika sudah mulai terbiasa dan lancar menjahit, anda bisa mulai mencoba menjahit baju sederhana untuk anak anda.

Anda bisa mencari Pola baju anak di Pencarian Google dan temukan yang sekiranya mudah bagi anda dan tidak membutuhkan banyak bahan.

Cari desain baju yang paling sederhana yang tidak terlalu banyak kerut-kerutan atau variasi, khususnya bagian kerah dan lengan.

Setelah menemukan pola yang tepat, Anda bisa mengambar pola yang udah di tentukan pada kertas koran bekas sebelum menerapkan ke kain bahan.

Pastikan ukurannya sudah sesuai dengan anak anda. Untuk itu anda perlu mengukur panjang baju dan lebar baju menyesuaikan ukuran tubuh anak anda.

Setelah ukurannya sesuai baru anda bisa menerapkan pola ke bahan kain dan menggunting kain sesuai pola yang dibuat dan mulai menjahitnya.

Agar bagian kain yang akan djahit tidak bergeser, Anda bisa menahannya menggunakan jarum pentul atau menjahit jelujur dengan jarum tangan.

Baca juga : Cara masukan Benang ke jarum

Untuk merapikan bagian pinggiran kain biasanya perlu di obras, anda bisa membawa ke jasa tukang obras agar hasil baju jahitan lebih rapi. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Cara Cepat Bisa Jahit" ini, biar makin banyak yang tahu :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Bisa Jahit"

Post a Comment

Leave a Comment