Apa saja yang perlu di persiapkan untuk membuka Usaha Cetak Foto Ekspress

Peluang usaha cetak foto memang cukup potensial, mengingat sekarang banyak orang mampu menjadi fotografer hanya bermodal kamera ponsel, yaa meskipun untuk keperluan pribadi.

Hasil jepretan foto menggunakan ponsel ini kadang ingin di cetak agar bisa disimpan dalam album foto sehingga bisa menjadi kenangan yang bisa dilihat kapan saja tanpa perlu membuka galerri ponsel.

Disini usaha cetak foto merupakan salah satu usaha modal kecil yang hadir untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk mencetak foto hasil jepretannya secara cepat, mudah dan praktis.

Jika Anda ingin membuka usaha cetak foto ekspress, anda perlu menyiapkan peralatan penunjangnya. Apa saja yang perlu di persiapkan untuk mulai membuka Usaha Cetak Foto Ekspress :

1. Komputer

Yang paling pokok disiapkan adalah komputer atau laptop, akan lebih murah jika menggunakan komputer rakitan tapi biaya listrik perlu di pertimbangkan.

Jika memungkinkan akan lebih praktis jika menggunakan Laptop. Memang lebih mahal tapi konsumsi listriknya tidak besar sehingga bisa menekan biaya operasional.


2. Printer

Kemudian Printer, printer tidak perlu yang mahal. Printer sekelas Canon IP2770 sudah cukup memadai yang penting di modif pakai infus agar lebih mudah mengisi tinta jika habis.


3. Kertas Foto

Kertas foto, kertas foto bisa menggunakan kertas Glossy 230 gram atau kertas silky untuk hasil yang lebih baik. Tapi kertas silky lebih mahal dari pada glossy.

Kertas Glossy 230 gram merk Blue Print di jual seharga 25-30 ribu sedangkan kertas Silky merk yang sama dijual seharga 50 ribuan, isi sama 20 lembar.


4. Handphone/Bluetooth Dongle

Kedua alat ini untuk menerima file dari pelanggan yang akan dicetak. Karena sekarang umumnya orang memanfaatkan handphone android untuk kebutuhan membuat Pas Foto atau untuk keperluan dokumentasi.

Disarankan sebaiknya pakai handphone saja, karena Bluetooth Dongle yang dipasangkan via USB kadang suka bermasalah/susah konek dengan beberapa type ponsel tertentu dan ini bisa menghambat produktifitas.

Tidak perlu menggunakan handphone yang mahal, yang penting ada bluetoothnya dan tidak lemot. Pakai handphone candybar merk lokal seharga 100 ribuan pun tak mengapa asal ada bluetooth dan slot memory cardnya.

Sebisa mungkin jangan menghubungkan handphone kostumer dengan komputer lewat kabel data, ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti data kostumer hilang atau handphone klien terkena virus.

Karena terkadang kita tidak bisa mengetahui apakah komputer/laptop yang kita pakai terjangkit virus atau tidak. Meskipun sudah menggunakan anti virus up to date.

Terkadang pelanggan juga tidak ingin privasinya terganggu, karena ketika handphonenya di hubungkan ke komputer melalui kabel data, maka otomatis semua koleksi fotonya bisa anda lihat.

Jadi nanti ketika ada pelanggan yang ingin cetak foto, anda bisa minta filenya di kirim ke ponsel anda. Kemudian setelah file terkirim, koneksikan ponsel anda ke komputer atau laptop yang digunakan untuk cetak foto. Memang agak ribet, tapi ini lebih aman.


5. Card Reader

Sebenarnya alat ini sudah mulai jarang digunakan tapi tetap harus anda siapkan untuk antisipasi kalau ada pelanggan yang ingin mencetak foto hasil dari jepretan Kamera Pocket atau DSLR.


6. Alat potong

Gunting, Cutter, penggaris besi untuk memotong hasil cetakan sesuai ukurannya. Jika ada budget bisa beli alat potong kertas kecil untuk ukuran Folio/A4.


7. Software

Untuk memudahkan anda mengolah foto yang akan dicetak anda bisa menggunakan berbagai software pengolah gambar seperti Corel, Photoshop, dll.

Tapi software tersebut lumayan berat dan butuh loading yang lama jika spek komputer/laptop tidak memadai.

Untuk itu, anda bisa menggunakan software yang bernama PicsPrint. Software ini sangat di sarankan karena bisa membantu anda mengolah foto lebih cepat untuk di cetak

PicsPrint memiliki pengaturan ukuran default yang bisa di setting sesuai kebutuhan. Anda bisa membuat daftar ukuran foto mulai dari 2x3, 3x4, 4x6, 2R, 3R, dst.


8. Plastik Klip

Sebagai wadah kemasan foto hasil cetakan, anda bisa membuatnya dari kertas untuk menghemat biaya. Atau anda bisa menggunakan plastik OPP/plastik berperekat yang harganya lebih murah dan ukurannya beragam.

cetak foto sebagai usaha modal kecil

Seiring berkembangnya usaha modal kecil berupa jasa cetak foto yang anda jalankan, anda bisa mulai memikirkan pengembangan lebih lanjut seperti pengadaan Scanner, Kamera, Plus ruang foto dengan beberapa stelan baju resmi (Jas, Dasi, dan Kemeja).

Lengkapi dengan latar belakang polos warna-warni setidaknya warna dasar (merah, biru, putih) atau latar polos warna terserah, yang kemudian bisa anda edit nanti sesuai warna background foto keinginan pelanggan.

Loading...

Artikel Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

Scroll to top