Perlunya mempersiapkan Genset untuk cadangan listrik di Rumah


Suplai listrik yang stabil pada rumah tinggal sangat diperlukan untuk mendukung segala aktifitas dirumah yang membutuhkan daya listrik.

Hingga saat ini, suplai listrik ke setiap rumah di distribusikan oleh perusahaan milik Negara yang terkadang memiliki kendala hingga harus melakukan pemadaman bergilir.

Hal ini tentu saja dapat mengganggu aktifitas sehari-hari yang membutuhkan daya listrik seperti menyeterika, mencuci, atau memasak bagi yang menggunakan kompor istrik pada dapurnya.

Untuk itu perlu dipertimbangkan untuk menggunakan atau menyediakan Genset sebagai sumber listrik alternatif ketika terjadi pemadaman bergilir.

Genset adalah salah satu alat yang bisa mengubah tenaga mekanik menjadi tenaga listrik. beragam sumber tenaga yang dapat digunakan untuk menggerakan Generator Set seperti tenaga air, panas, uap dan lain-lain.

Sedangkan tenaga listrik yang dihasilkan bisa berupa arus AC (arus bolak-balik) ataupun DC (arus searah)

Genset untuk keperluan rumah tangga tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kapasitas listrik yang dihasilkan oleh genset itu sendiri.

Selain itu sumber tenaga yang di perlukan untuk menghidupkan genset haruslah mudah di temukan.

Umumnya genset untuk penggunaan rumahan menggunakan bahan bakar bensin atau solar untuk menghidupkannya namun lebih banyak yang menggunakan bahan bakar bensin.

Pilihan tipe mesin juga perlu di pertimbangkan, umumnya pilihan tipe mesin untuk genset rumahan menggunakan mesin 2-Tak dan atau 4-Tak.

Setelah mempertimbangkan bahan bakar yang digunakan, power yang dihasilkan, tipe mesin yang digunakan, tingkat kebisingannya pun juga perlu dipertimbangkan. Apalagi jika penggunaannya nanti di perumahan padat penduduk.

Meskipun sebenarnya ketika terjadi pemadaman bergilir, orang akan maklum jika mendengar suara genset bertalu-talu.

Tapi perlu dipertimbangkan juga waktu pemakaiannya, sebaiknya matikan genset ketika malam semakin larut meskipun lampu dari PLN belum menyala, hal ini agar tidak mengganggu tetangga yang mungkin saja akan beristirahat di malam hari untuk persiapan beraktifitas keesokan harinya.

Genset untuk rumah tinggal umunya bersifat portabel, artinya genset tidak menjadi bagian dari instalasi listrik yang sudah ada di rumah.

Keberadaan Genset di rumah bersifat emergency yang hanya akan digunakan ke jaringan listrik rumah saat suplai listrik dari PLN terhenti.

Oleh karenanya perlu diperhatikan saat menghubungkan genset ke instalasi listrik rumah agar aman. Sebaiknya sebelum menghubungkan Genset ke instalasi rumah, saklar atau biasa disebut MCB (Miniature Circuit Breaker) di meteran listrik di geser ke posisi Off terlebih dahulu.

Posisi On ditandai dengan angka 1 pada saklar, sedangkan posisi Off ditandai dengan simbol 0.

genset

Dan ketika listrik dari PLN sudah kembali "menyala" matikan terlebih dahulu mesin Genset kemudian cabut steker yang menghubungkan genset dengan instalasi rumah, baru kemudian mengembalikan saklar di MCB ke posisi ON.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dewasa ini, Kegunaan dan Manfaat genset sangat di butuhkan untuk menjadi alternatif sumber tenaga ketika listrik dari sumber di PLN yang kadang tidak dapat mengalir dengan sebagaimana semestinya.

Hampir semua peralatan di rumah membutuhkan tenaga listrik, mulai dari alat masak, perangkat hiburan, alat telekomenikasi dan lain-lain.

Selain itu, keberadaan genset juga dapat bermanfaat untuk digunakan saat hajatan yang biasanya membutuhkan daya listrik yang lumayan banyak. Dengan menggunakan Genset maka dapat sedikit meredam tagihan listrik bulanan.

Loading...


EmoticonEmoticon