Ide Usaha Sampingan ini Sangat Potensial untuk tambahan Penghasilan

Banyak ide usaha skala kecil yang bisa dilirik sebagai usaha sampingan ketika berencana membuka usaha namun terkendala modal yang terbatas.

Usaha-usaha bermodal kecil pun bisa menghasilkan banyak uang jika dijalankan dengan strategi yang tepat meskipun sebagai usaha sampingan.

Jika anda masih mencari-cari ide usaha kecil dengan modal kecil sebagaiusaha sampingan untuk menambah penghasilan, berikut ini sedikit gambaran yang mungkin bisa membuka wawasan anda dan memberi inspirasi tentang usaha apa yang ingin anda jalankan.

Sebelumnya kita bisa pisahkan dahulu beberapa bisnis kedalam beberapa kategori menurut jenisnya.

Sebuah usaha yang umum kita ketahui ada yang bergerak di bidang jasa ada pula yang bergerak di bidang perdagangan.

Selain jenis bidang usaha jasa dan perdagangan, tentu saja masih banyak bidang usaha lain seperti pertanian, pertambangan, manufacture, konstruksi dll.

Selanjutnya mari kita lihat ide usaha kecil yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan yang bisa di jalankan dengan modal kecil.

#1. KULINER

usaha sampingan

Usaha kuliner memang tidak ada matinya dan tetap bertahan selama orang butuh makan. Usaha kuliner bisa di jadikan usaha sampingan yang potensial bagi anda.

1. Jual Sarapan

Sebelum ngantor anda bisa membuka lapak yang menyediakan sarapan bagi orang-orang di sekitar anda.

Di tengah kesibukan yang padat kadang orang sudah tidak sempat lagi masak untuk sarapan, sedangkan sarapan sangat penting untuk menunjang aktifitas tubuh hingga siang.

Bahan sarapan yang akan dijual tidak harus anda masak sendiri, anda bisa memesan dari tetangga atau saudara yang pintar masak dan mengemasnya dalam porsi tertentu. Artinya sarapan yang dijual sudah dalam “mode” bungkusan, jadi anda tidak perlu repot lagi mengemas ketika ada pembeli.


2. Warung Kopi

Kalau waktu pagi anda terlalu mepet dan keburu telat masuk kantor, anda bisa memanfaatkan waktu pulang kantor untuk buka usaha sampingan warung kopi.

Minum kopi dimalam hari sangat nikmat rasanya apalagi kalau pulang kantor. Nah peuang ini bisa anda manfaatkan sebagai usaha sampingan.

Namun anda perlu menciptakan bargaining power yang membuat calon konsumen tertarik pada warkop anda, entah dari jenis kopinya yang istimewa atau dari cara penyajiannya yang spesial atau nilai plus lain yang mungkin tidak ada di warkop lain.

Upaya ini perlu dilakukan agar warung kopi anda tetap ramai pengunjung setiap harinya. Karena warung kopi umumya buka 24 jam dan tak jarang full wifi.

Jadi anda harus mengantisipasi kondisi ini karena waktu anda terbatas hanya sepulang jam kantor dan setidaknya harus tutup sekitar jam 11-12 untuk berisitrahat dan mempersiapkan fisik untuk masuk kantor esok hari.


3. Menjual Aneka Kue

Bisnis ini bisa berangkat dari hobi, jika anda hobi masak anda bisa memasak kue-kue yang kemudian di tawarkan ke rekan kantor atau tetangga.

Selama perjalanan berangkat kekantor anda pun bisa menitipkan kue buatan anda ke warung-warung pinggir jalan dan nanti pulang kantor anda ambil kembali dengan uang hasil penjualan tentu setelah di potong komisi bagi pemilik warung.

Atau bisa menitipkan kue kering agar bisa rotasi setiap minggu sehingga tidak terlalu merepotkan dan menghabiskan waktu anda. Jadi anda bisa membuat kue setiap hari minggu saat libur dan menitipkannya ke warung.


#2. JUALAN

Usaha sampingan bemodal kecil selanjutnya yang bisa di jalani adalah dalam sektor perdagangan. Sektor ini menjadi pandangan umum ketika ingin membuka usaha sampingan tapi modal terbatas.

1. Jual Pulsa

Jual pulsa bisa dijadikan usaha utama atau usaha sampingan bagi karyawan yang bekerja dan berpenghasilan tetap.

Jualan pulsa bisa dimulai dengan hanya bermodalkan handphone dan uang 50 ribu rupiah saja.

Oleh karena itu bisnis ini banyak di lirik sehingga persaingannya lumayan ketat meskipun juga pangsa pasarnya sangat luas.

Karena pangsa pasarnya yang luas maka semua berbondong-bondong jualan pulsa, mulai kios kecil rumahan, retail modern bahkan Bank pun jualan pulsa melalui mesin ATM nya.


2. Jual beli kendaraan bekas

Jual beli motor atau mobil bekas menjadi peluang usaha sampingan selanjutnya yang bisa dilirik.

Mobil atau motor yang dijual belikan pastinya mpbil motor bekas dipakai orang bukan bekas tarbakan atau bekas kebanjiran.

Sebagai permulaan anda tidak perlu langsung membeli motor yang akan dijual. Anda bisa mulai sebagai makelar terlebih dahulu, nanti kalau sudah paham kondisi pasar dan mulai terbiasa dengan atmosfernya barulah anda mulai menstock dan mencari sendiri motor/mobil bekas yang di jual oleh perorangan untuik dijual kembali.

Penjualan bisa dilakukan melalui promosi dan dalam bentuk showroom di bantu dengan promosi online di marketplace seperti OLX, Jualo, dll.


3. Jual Pakaian

Menjual pakaian-jadi bisa dikelola secara sederhana dan dengan modal kecil. Namun untuk pakaian sebaiknya sebagai langkah awal cari pakaian yang tidak terlelu sensitif terhadap tren pasar.

Bisa cari hijab yang lebih natural dan bisa dipakai di segala musim tren, atau cari pakaian berupa kaos yang everlasting.

Jangan jual kaos yang bergambar khusus tren masa kini, dikhawatirkan jika barang nya belum laku tapi trennya berubah maka kaos yang anda jual akan sepi peminat dan bisa tidak laku.


4. Menjual Hobi

Banyak pengusaha yang sukses karena ‘membisniskan’ hobinya. Ada yang hobi mancing kemudian membuka usaha yang berkaitan dengan memancing, ada yang hobi handicraft lalu menjual hasil karyanya untuk menghasilkan uang dan masih banyak lagi hobi yang kemudian di komersilkan sehingga menjadi bisnis hebat.

Jadi apakah hobi anda saat ini, apakah hobi anda bisa di komersilkan? Usaha sampingan yang menyenangkan dan menghasilkan.


#3. LAYANAN JASA

usaha sampingan

Usaha di bidang jasa banyak memiliki peluang yang masih bisa di garap dan di tekuni meskipun sebagai usaha sampingan dengan modal kecil, apa sajakah itu.

1. Laundry

Semakin padatnya kesibukan setiap individu membuat orang mulai tidak sempat mencuci bajunya sendiri. Disini anda hadir menawarkan jasa laundry kiloan.

Pangsa pasar jasa laundry kiloan cukup luas mulai dari mahasiswa, pegawai kantoran, atau karyawan swasta.

Anda bisa memulai bisnis laundry sebagai usaha sampingan yang potensial dan bisa memberi income yang lumayan.


2. Jasa Cuci motor

Bisnis ini semakin populer seiring semakin meningkatnya penjualan motor di Indonesia. Perbandingan ketika harus repot-repot mencuci motor sendiri membuat pemilik motor lebih memilih mencucikan motornya ke jasa cuci motor.

Bayangkan jika harus mencuci sendir di rumah, otomatis pakai air PAM kalau tidak punya sumur, belum beli shampo khusus motor, belum lagi harus repot jengking-jengking. Tampaknya lebih irit,a tapi tunggu tagihan PAM bulan depan karena pemakian berlebih yang terbuang percuma saat cuci motor.

Maka pilihan jatuh ke jasa cuci motor yang hanya 10 ribu, motor kinclong dan bersih tanpa repot menyiapkan segala perkakas, dan berbasah-basahan.

Peluang ini bisa anda manfaatkan untuk membuka usaha dengan modal kecil. Usaha jasa cuci motor membutuhkan modal setidaknya 2-3 juta untuk pengadaan peralatan ‘tempurnya”.

Jasa cuci motor sangat potensial untuk dijadikan usaha sampingan bagi anda yang membutuhkan tambahan penghasilan.


3. Desain Grafis

Kebutuhan akan desain grafis sekarang semakin meningkat.

Kenapa?

Karena semakin banyak pengusaha-pengusaha baru yang bermunculan baik itu yang bergerak secara offline maupun online.

Setiap usaha ini tentu membutuhkan logo, poster, kartu nama, banner, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan desain.

Anda bisa menawarkan jasa anda secara mandiri melalui media sosial atau melalui berbagai marketplace yang ada seperti sribulancer, freelancer atau yang lainnya.

Usaha sangat mungkin dijalankan sebagai usaha sampingan untuk mengisi waktu luang dan menambah penghasilan.

Usaha desain grafis bisa di kerjakan dengan bermodal laptop yang memadai, tidak perlu spek tinggi asalkan Prosesor, RAM dan VGA-nya sesuai standart kerja software grafis seperti corel atau photoshop saja sudah cukup.


4. Les Privat

Pendidikan menjadi hal penting bagi orang tua masa kini. Oleh karena itu tak jarang para orang tua mengalokasikan waktu bagi anaknya untuk jadwal Les baik itu yang bersifat umum maupun les Privat.

Membuka les privat bisa menjadikan peluang usaha yang bisa juga dijadikan sampingan bagi anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap.

Usaha ini bisa dilakukan dengan modal kecil, dan tidak perlu menyediakan banyak perlengkapan pendukung.

Anda hanya perlu alat transportasi yang bisa mengantarkan ke masing-masing rumah anak didik anda.

Sarana promosi bisa memanfaatkan media sosial dengan bergabung ke forum-forum berkumpulnya Ibu-ibu muda yang berpikiran positif dan mungkin membutuhkan jasa les privat.


5. Penjahit

Saat ini mungkin peluang usaha konveksi khususnya jahit agak menurun karena semakin banyaknya pakaian jadi yang mudah didapat dengan berbagai macam desain dan model.

Tapi jasa jahit pakaian tetap berpeluang dan memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Usaha jahit menjahit bisa melayani berbagai hal mulai dari servis pakaian, potong celana, mengecilkan, atau membuat baju khusus untuk acara tertentu.

Usaha jahit bisa langsung dijalankan dengan bermodalkan mesin jahit dan perlengkapan pendukungnya. Untuk mesin pendukung seperti mesin obras dan neci bisa di adakan kelak kalau usaha sudah berkembang.

Jadi ketika perlu mengobras, nice, buat lubang kancing atau buat kancing bisa diorderkan ke tempat lain yang memiliki mesin yang lebih lengkap.


6. Penerjemah

Jasa penerjemah bisa di jadikan peluang usaha sampingan bermodal kecil bagi anda yang mahir berbahasa asing.

Usaha penerjemah ini tidak hanya di butuhkan oleh akademisi saja tapi non akademisi pun tak jarang membutuhkan jasa penerjemah seperti blogger dan pemilik website atau toko online.

Modal usaha penerjemah ini pun relatif kecil, setidaknya wajib ada komputer atau laptop yang terkoneksi internet.

Untuk pekerjaannya bisa menerima order seperti menerjemahkan skripsi, makalah, artikel dan lain-lain.

Untuk menawarkan jasa anda, anda bisa memanfaatkan media sosial seperti biasanya atau melalui marketplace seperti freelancer dan sribulancer..


7. Pengetikan

Jasa yang satu ini ari dulu tak ada matinya. Dari jamannya Komputer Pentium satu sampai sekarang tidak pentium lagi, jasa pengetikan masih di cari orang.

Banyak tugas yang memerlukan jasa pengetikan seperti mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi, para guru yang membuat silabus, dan berbagai kalangan yang membutuhkan pelengkap berkas berupa tulisan dalam secarik kertas.

Jasa pengetikan tidak membutuhkan banyak perangkat, laptop/komputer dan printer serta kertas Folio dan kuarto sebagai media cetaknya, mungkin suatu saat akan butuh juga scanner dan pastinya koneksi internet untuk bisa terhubung ke dunia luar.

Tapi meskipun usaha ini termasuk paling di cari, lokasi strategis tetap menjadi hal utama. Kalau buka jasa pengetikan di tengah sawah, yaa sama saja..

Jadi lokasi strategis dan promosi masif tetap wajib dilakukan.


8. Makelar

Salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal besar dan bisa dijadikan usaha sampingan adalah meklar atau bahasa kerennya Broker.

Anda bisa memulai usaha sebagai broker tanpa harus menyediakan banyak peralatan. Yang penting adalah komunikasi, Handphone adalah penunjang utama dalam bisnis ini untuk memudahkan komunikasi.

Produk otomotif atau property bisa anda tawarkan kepada calon konsumen yang potensial.

Tapi sebelumnya tentu anda harus menjalin komunikasi dengan pemilik property atau pemilik produk untuk membantu memasarkan produk mereka dengan komisi yang di sepakati.

Misalnya ada tetangga anda yang sedang menjual mobil, anda bisa menawarkan jasa anda untuk membantunya menjualkan mobil tersebut.


9. Agen Asuransi

Menjadi agen asuransi memiliki waktu kerja yang fleksibel karena pada dasarnya bisnis ini tidak mengikat tapi hasil kerja anda akan terasa ketika berhasil mendapatkan nasabah.

Saat mendapatkan nasabah maka anda akan bisa mendapatkan komisi secara berkesinambungan selama nesabah tersebut terdaftar dalam asuransi di perusahaan anda bergabung.

Tentu saja semakin giat anda mencari nasabah dan semakin banyak nasabah yang bergabung lewat anda maka semakin besar komisi yang anda dapatkan.

Tapi pastikan usaha ini tidak bertentangan dengan kepercayaan dan keyakinan yang anda anut.


10. Jasa Titip Beli

Jasa ini mulai marak seiring perkembangan teknologi apalagi sekarang didukung oleh aplikasi dan media penunjang untuk membuat transaksi jenis ini menjadi aman.

Jasa titip beli ini prinsip kerjanya kurang lebih adalah sepertri personal shopper bagi personal yang berada di tempat berjauhan.

Misalnya begini, sesorang yang berada di ujung timur Indonesia ingin membeli sebuah barang yang ada di tanah abang Jakarta. Maka tentu saja orang tersebut akan kesulitan mendapatkan barang tersebut apalagi kalau barang tersebut tidak tersedia di toko online manapun.

Nah disini jasa titip beli berperan menjembatani kebutuhan konsumen yang ada di luar daerah tersebut.

Jasa titip beli sangat efektif juga untuk mereka yang membutuhkan barang dari luar negeri tapi kesulitan mendapatkannya karena terlalu sedikit mahal di ongkos kirim maka bisa menitipkan kepada orang yang kebetulan sedang traveling dan ingin kembali ke Indonesia maka bisa di titip belikan agar lebih hemat biaya seperti yang bisa kita menfaatkan di Bistip.com, neetip.com, Titipbarang.com dll.

Jadi bagi anda yang kerjaannya sering dinas ke luar negeri, anda bisa menjajal peluang ini untuk menambah uang saku.


#4. BISNIS ONLINE

usaha sampingan

Bisnis online termasuk usaha sampingan yang bisa anda tekuni karena memiliki waktu yang fleksibel, bisnis online yang bisa dijalankan antara lain.

1. Membangun Blog

Blogger adalah sebutan bagi pemilik dan pengelola Blog. Anda bisa menjadi blogger untuk mengisi waktu luang dan dijadikan sebagai usaha sampingan.

Namun membangun sebuah blog tidaklah mudah. Karena kunci utama sebuah blog di anggap sukses adalah jika traffiknya sudah cukup tinggi. Angka 5000-10.000 pengunjung setiap harinya dianggap cukup untuk mulai dapat membuat sebuah blog menghasilkan.

Penghasilan sebuah blog bisa berasal dari jaringan periklanan seperti Adsense, Adnow, Mgid, dll, atau menyediakan slot iklan mandiri kepada perusahaan atau instansi yang ingin mempromosikan usahanya atau kegiatannya.


2. Membuat toko Online

Di jaman canggih sekarang ini, apa-apa harus internet, mau belajar lewat internet, mau jalan-jalan googling internet dulu, nyasar-pun tanya google map diinternet.

Maka tak ada salahnya jika anda mulai membangun usaha toko online sebagai usaha sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama.

Menjalankan toko online tidak harus menyediakan barang, mempaking barang kalau ada order, mengurus pembayaran dan lain-lainnya.

Anda bisa menjalankan toko online bersistem dropshiping dimana anda hanya perlu membuat sebuah website atau fanspage sebagai tempat mendisplay barang-barang dari pemasok.

Maka ketika ada transaksi anda hanya perlu berkomunikasi melalui media yang ada dan menyerahkan semua urusan paking dan pengiriman ke distributor.


3. Jualan Foto

Usaha jualan foto ini sebenarnya cukup menarik di tekuni, hanya saja target pasarnya harus luar negeri karena ini termasuk kedalam industri kreatif dimana orang “luar” lebih bisa menghargai kretifitas seseorang dan rela membeli hasil foto yang memang mereka anggap menarik dan bagus.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena anda tidak perlu membuka jaringan pertemanan luar negeri untuk memasarkan foto hasil karya anda. Anda hanya perlu bergabung ke website penjual foto seperti fotolia, stockfresh, istockphoto, shutterstock, dll untuk memasarkan foto anda. Namun tentu ada potongan komisi untuk setiap ada foto yang laku terjual.


4. FOREX

Forex ini lumayan menjanjikan tapi sifatnya yang High Risk - High Return membuat anda harus siap sport jantung setiap harinya.

Dalam Dunia Forex ada istilahnya Short Term Scalping dimana mereka hanya akan trading di jam-jam tertentu saja setiap harinya. Misalnya hanya trading di antara Jam 19.00-21.00 saja saat buka pasar USA, dan mencari keuntungan beberapa Pips saja.

Short Term Scalping sebenarnya termasuk ke dalam High Level karena trader di tuntut bisa menganalisa pergerakan pasar dengan cepat, fokus dan refleks sangat menentukan. Koneksi dan performa perangkat pun ikut andil menentukan tingkat keberhasilan.

Selain type Scalping, ada juga Short Term Trader dan Long Term Trader yang bisa open order selama beberapa hari hingga minggu.

Type Long Term bisa anda gunakan sebagai awal mencoba bisnis Forex, anda bisa mengatur Target Profit dan titik Stop Loss untuk menghindari kerugian yang terlalu besar jika ternyata pergerakan pasar uang tidak sesuai perkiraan dan analisa anda.

Anda bisa mencoba ini sebagai usaha sampingan, untuk meminimalisir resiko, anda bisa memanfaatkan fitur Copy Trade dan mempelajari seluk beluk forex dengan mulai dari akun trial yang biasanya telah disediakan uang virtual yang bisa digunakan untuk latihan trading.

Tapi sebelum anda memutuskan manjalankan usaha sampingan ini, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa ini tidak melanggar kepercayaan dan keyakinan yang anda anut.


Jadi bagaimana? apakah anda sudah punya gambaran pingin usaha apa? Konon jumlah wirausaha di Negeri kita ini masih di bawah batas karena hanya 0.2% dari jumlah penduduk.

Idealnya jumlah wirausaha di suatu negara itu harus diangka 2 % dari jumlahh penduduk. Pernyataan ini merujuk ke penelitian Dr. David McCelland dalam bukunya The Achieving Society.

Loading...

Artikel Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

Scroll to top