Istilah yang sering di temukan dalam Transaksi Online


Saat ingin belanja online, kita akan berhadapan dengan Istilah yang sering di temukan dalam Transaksi Online.

Istilah-istilah dalam Transaksi Online yang sering dijumpai antara lain :

COD

Istilah ini seringkali di temukan saat bertarnasaksi online, digunakan untuk mengisyaratkan pembeli dan penjual bertemu dan tatap muka langsung.

COD (Cash on Delivery) meminimalisir kerugian dari salah satu pihak yang melakukan transaksi. Pembeli akan mengatahui kondisi fisik sebenaranya dari barang yang di belinya sehingga terhindar dari kemungkinan tertipu.

Namun COD juga bisa menjadi Modus penipuan untuk menjebak pelaku transaksi baik dari sisi penjual maupun dari sisi pembeli.

Oleh karena itu, ketika memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian barang online scara COD, sebaiknya cari tempat pertemuan yang ramai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


WTS

Secara sekilas singkatan ini tampak tidak senonoh, tapi WTS adalah istilah dalam transaksi online untuk menginformasikan kepada forum bahwa yang bersangkutan ingin menjual sesuatu.

WTS adalah singkatan dari Want to Sell, istilah ini umum digunakan dalam forum/grup media sosial seperti Facebook dan mungkin anda akan lebih sering menemukannya di forum jual beli KasKus.


WTB

Kebalikan dari WTS, WTB menginformasikan kepada forum bahwa yang bersangkutan sedang mencari atau ingin membeli suatu barang tertentu.

Misalnya di grup tertentu seseorang membuat Thread dengan kata pembuka WTB.

 “(WTB) Laptop ASUS RAM 32GB, Hardisk 1TB, prosesor pentium III, budget 3 juta”.

Artinya orang tersebut sedang mencari Laptop dengan spek yang disebutkan dan kemampuan dana 3 juta. Want to Buy adalah kepanjangan dari “WTB”.
RAM 32GB + Hardisk 1TB tampak meyakinkan, tapi Prosie PIII sepertinya mengerikan.

PM

Polisi Milter?? Wheeehhee, enggaklah, masak iya mau jualan online saja bawa-bawa Polisi Militer.

PM adalah Private Messagge, kalau duluu mungkin lebih di kenal dengan istilah Japri. Dalam jual beli online biasanya ada yang lebih suka berkomunikasi lewat jalur pribadi agar lebih enak ngobrolnya, lebih enak nawarnya (kalau pembeli) dan lebih enak menawarkan barang (bagi penjual).

Jalur PM ini dipilih dengan alasan yang beragam mulai dari soal privasi, atau untuk memudahkan penjual online mensortir calon pembelinya, mana yang kira-kira potensial dan mana yang sekedar cari informasi.


PO

Barang-barang PO banyak di tawarkan secara Online. Istilah PO menandakan barang tidak Ready Stock. Pengadaan barang akan dilakukan setelah konsumen membayar atau setidaknya men-DP barang yang akan di belinya.

Sistem Pre Order ini biasanya di terapkan pada barang seperti Kaos desain khusus, atau barang Dropshipping. Transaksi Pre Order sebaiknya dilakukan dengan orang yang sudah di percaya dan di kenal dekat.

Pasalnya melakukan DP apalagi membayar penuh untuk transaksi Online sangat rawan tertipu. Oleh karena itu umumnya e-commerce atau marketplace menerpkan sistem Rekber untuk mencegah penipuan karena barang tidak dikirim meskipun uang sudah di transfer.


DP

Down Payment atau uang muka, istilah ini sebenarnya tidak hanya ada di dunia Online saja tapi dunia nyata juga sering menggunakan istilah DP sebagai tanda jadi barang yang akan di beli.

Istilah yang sering di temukan dalam Transaksi Online


ReStock

Seperti sudah disinggung diatas tadi, RS berarti stock barang yang di tawarkan selalu siap. Ready Stock (RS) berarti barang siap dikirim kapanpun konsumen menginginkannya, tidak seperti PO yang harus menuggu beberapa hari sebelum barang dikirm ke konsumen.


RekBer

Istilah ini mulai populer di Forum Kaskus dan semakin banyak di gunakan dalam forum lain bahkan dalam Marketplace, istilah ini sering di gunakan.

Rekber atau Rekening Bersama adalah salah satu media pengamanan transaksi online yang meningkatkan keamanan dan kenyamanan trnasaksi baik bagi penjual maupun pembeli.

Pemilik akun Rekber ini biasanya memiliki Reputasi yang sangat baik sehingga bisa di percaya untuk menyimpan sementara dana orang-orang yang melakukan transaksi online.

Prinsip kerjanya secara sederhana, ketika ada dua orang yang berperan sebagai penjual dan pembeli saling bertransaksi online. Maka dana dari pembeli akan di transfer ke rekening Rekber, sehingga meminimalisir penipuan.

Karena jika di transfer langsung ke penjual, bisa saja penjual mangkir dari tanggung jawabnya dan hilang membawa lari uang Pembeli.

Disamping itu bagi penjual, posisi RekBer juga memberi kemudahan bertransaksi dan meyakinkan calon konsumennya ketika merasa ragu-ragu barang tidak dikirim setelah melakukan pembayaran.

Dalam kondisi ini penjual bisa menawarkan menggunakan Rekber, sehingga konsumen merasa nyaman dan aman.

Marketplace besar saat ini menggunakan metode yang sama dengan istilah Escrow. Yang pada prinsipnya sama, uang pembeli akan di transfer ke rekening penjual setelah pembeli menerima barang pesanannya.


CP

CP adalah Contact Person penjual atau pembeli. CP ini tidak harus nomor handphone, bisa apasaja, seperti alamat email, nomor WA, Facebook, dan lainnya. Biasanya yang paling Fast Respon.


BU

Istilah ini digunakan ketika penjual sedang Butuh Uang, artinya barang yang dijualnya ingin segera laku dan mungkin saja dijual dengan harga di bawah pasaran.


UP

Sundul Up, istilah ini juga di populerkan dalam forum Kaskus. Sudul UP dilakukan oleh pemilik thread atau anggota Forum untuk mengangkat threadnya yang mulai tenggelam.


PhP

Pemberi Harapan Pasu juga ada dalam transaksi online. Ini biasanya di sematkan pada pembeli yang hanya tanya-tanya doang, negosiasi tok, tapi tidak berakhir dengan transaksi.

Biasanya pembeli akan nanya kesana-kemari, nanya bonusnyalah, nanya proses kirimnya lah, , nanya sudah makan atau belum, proses tawar menawar harga pun sangat-sangat alot, hingga berjam-jam, tapi setelah deal, orangnya menghilang begitu saja.

Atau hanya berakhir dengan pernyataan “Oke, nanti saya Hubungi lagi”.


Testimoni

Ini salah satu andalan penjual online dalam mempromosikan jualannya, testimoni dari pembeli yang merasa puas dengan layanan dan produknya akan di tampilkan sebagai bahan pertimbangan calon konsumen yang ingin bertransaksi dengannya.

Yaa meskipun tampak meyakinkan, pada perkembangannya, sebuah testimoni bisa saja hanyalah sebuah rekayasa.


Itulah sebagian kecil dari sekian banyak istilah yang sering di temukan dalam transaksi Online.

Beberapa istilah-istlah dalam jual beli online memang banyak yang berasal dari forum Kaskus, karena memang forum jual-beli Kaskus sempat menjadi yang terbesar di Indonesia pada jaman kejayaannya dulu.

Loading...


EmoticonEmoticon