Apa Manfaat Makanan Berserat?

Manfaat Makanan Berserat
Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari karena memberi banyak manfaat.

Berdasarkan hasil studi bahkan didapati dengan asupan serat yang tinggi dapat meminimalisir risiko kematian pada usia dini.

Adapun untuk seorang pria dianjurkan mengonsumsi serat 30 gram setiap hari, sementara untuk wanita cukup 25 gram setiap hari.

Sumber serat ini pun bisa Anda dapatkan dari oatmeal, sayuran hijau, buah-buahan segar, atau lainnya. Lalu kira-kira apa saja manfaat serat bagi kesehatan? Berikut diantaranya:

Melancarkan Sistem Pencernaan
Makanan sehat dengan kandungan serat tinggi diketahui dapat melancarkan sistem pencernaan. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi dengan masalah susah BAB atau sembelit.

Serat secara alami bahkan dapat mencegah terjadinya peradangan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Usus
Serat dapat meminimalisir risiko kanker usus. Akan tetapi, meski bermanfaat pengonsumsian masakan dengan kandungan serat tetap harus disesuaikan kebutuhan. Cara ini pun secara tidak langsung dapat membantu menjaga kesehatan usus.

Mencegah Diabetes
Serat juga bermanfaat untuk mencegah diabetes. Hal ini karena serat diketahui dapat menghambat penyerapan gula dalam darah. Dengan demikian, risiko diabetes dapat ditekan sehingga tidak berkembang ke tahap lebih parah.

Apa Manfaat Makanan Berserat?


Selain beberapa manfaat makanan sehat tinggi serat di yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh. Misalnya saja serat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan obesitas, dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

Loading...

0 Response to "Apa Manfaat Makanan Berserat?"

Posting Komentar