Cara Tepat dan Sehat Mengolah Makanan

Mengolah Makanan
Makanan sehat yang diolah dengan cara tepat pastinya baik untuk kesehatan tubuh.

Oleh karenanya diperlukan pengetahuan mendasar mulai dari metode pemilihan bahan sampai metode pengolahan yang tepat.

Sayur dan buah organik menjadi pilihan bahan terbaik karena bahan-bahan organik bebas dari pestisida.

Adapun untuk daging dan ikan pastikan Anda memilih yang masih segar, tidak berwarna kebiru-biruan, dan tidak berbau busuk.

Setelah memilih bahan berkualitas terbaik, siapkan bahan-bahan yang akan diolah. Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih dan siap untuk diolah. Lantas bagaimana cara mengolah masakan sehat itu?

Steaming
Steaming atau mengukus adalah salah cara memasak sehat yang direkomendasikan. Cara memasak ini menggunakan uap air yang mendidih.

Jadi dalam steaming, bahan makanan tidak bersentuhan secara langsung dengan air. Manfaatnya kandungan nutrisi akan tetap terjaga optimal.

Braising
Braising adalah cara memasak yang umumnya diawali dengan proses merendam makanan dalam bumbu yang sebelumnya sudah disiapkan.

Proses dilanjutkan dengan menambah sedikit air lalu masak di atas api kecil dalam kondisi tertutup.

Poaching
Cara memasak poacing dilakukan dengan cara mendidihkan air dan bumbu terlebih dahulu dengan api kecil.

Air dan bumbu tersebut dididihkan dalam cairan yang memiliki aroma mirip cuka, jus, atau kaldu. Rebus sampai bahan makanannya menjadi lebih empuk dan matang.

Cara memasak yang satu ini bisa menjaga bentuk masakan tetap utuh asal menggunakan panci tertutup dengan ukuran yang pas.


Cara Tepat dan Sehat Mengolah Makanan


Griling
Griling adalah cara memasak dengan panas api yang cukup tinggi. Proses ini dilakukan dengan meletakkan bahan yang akan dimasak di atas rak grill yang sebelumnya sudah dipasang tepat di atas sumber api.

Demikianlah uraian singkat cara tepat dan sehat mengolah makanan untuk mendapatkan nutrisi maksimal yang terkandung dalam makanan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Tepat dan Sehat Mengolah Makanan"

Posting Komentar