Cara membuat Pempek tanpa ikan

Cara membuat pempek tanpa ikan. Kalau biasanya pempek menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya, pempek kali ini justru tidak menggunakan tambahan ikan sama sekali.

Anda tidakperlu khawatir untuk mencobanya, Bahan - bahan yang digunakan hampir mirip dengan cireng. Anda pasti ketagihan setelah mencoba membuat pempek tanpa ikan ini..

Karena gampang banget membuatnya, murah dan enak prosesnya pun cepat dan bisa dipraktekan langsung dirumah.

Membuat pempek tanpa menggunakan ikan. Bahan baku pembuatannya sama dengan adonan dasar pempek biasa, hanya saja pada resep kali ini tidak menggunakan ikan.

Jadi hanya mengandalkan tepung tapioka dan tepung terigu saja. Dilihat dari teksturnya, pempek ini lebih kenyal bila dibandingkan dengan pempek pada umumnya.

Karena tidak menggunakan protein ikan. Namun jangan kuatir pempek ini tidak akan alot jika menggunakan takaran terigu yang pas.

Anda dapat juga memakai tambahan ikan tuna / tongkol yang dihaluskan untuk campurannya agar hasilnya makin enak. Namun kali ini kita akan mencoba membuat pempek tanpa ikan.

Berikut resepnya dan cara membuatnya.
Bahan biang :
50 gram tepung terigu
125 ml air
3 siung bawang putih
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 btr telur

Bahan utama :
150 gr tepung tapioka / kanji

Cara membuat :
  • Haluskan bawang putih, masukkan kedalam air bersama garam, gula, dan kaldu bubuk. Didihkan air n angkat, langsung masukkan tepung terigu kedalam air mendidih tadi. Aduk dengan sendok hingga tercampur rata dinginkan.
  • Setelah dingin, masukkan telur kedalam adonan. Aduk rata, masukkan tepung tapioka / kanji sambil diuleni hingga kalis. Jika masih lengket tambahkan lagi tepung tapioka, selalu lumuri dengan tepung tapioka saat menguleni agar tidak lengket.
  • Didihkan air di atas panci. Bentuk pempek sesuai selera, kecilkan api sampai paling kecil. Jangan sampai ada letupan kemudian masukkan pempek tutup panci masak 15 - 20 menit hingga matang dan mengapung
  • Angkat pempek dan tiriskan. Goreng dengan api kecil sambil sesekali dibolak balik hingga matang.
Cara membuat Pempek tanpa ikan

Membuat Kuah :
Bahan :
250 ml air
125 gr gula merah
1/2 sdt cuka masak ( sesuai selera )

Bumbu halus :
3 siung bawang putih dihaluskan
2 bh cabe rawit
1/4 sdt garam
1 sdm ebi yang sudah disangrai dan dihaluskan.

Cara membuat :
  • Rebus air dan semua bahan hingga mendidih angkat lalu saring.
Cara membuat Pempek tanpa ikan

Sajikan selagi hangat.
Demikian sedikit cerita cara membuat pempek tanpa ikan. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat.

Click to comment