Cara cepat bisa belajar berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Berada didalam air bagi sebagian orang sangat menyenangkan.

Berenang juga dapat membantu pertumbuhan badan untuk tumbuh lebih tinggi, khususnya pada masa-masa pertumbuhan..

Tapi mungkin juga bagi beberapa orang berada didalam air menjadi hal yang paling dihindari karena merasa belum bisa berenang.

Untuk dapat cepat bisa berenang, anda dapat belajar berenang dikolam yang dangkal atau anda dapat mencoba belajar berenang di pantai.

Karena air laut memiliki daya apung yang tinggi sehingga anda lebih mudah mengapung dan belajar gerakan dasar berenang.

Jika di kolam renang berair tawar anda akan membutuhkan tenaga yang besar untuk berusaha tetap mengapung.

Sebagai langkah awal untuk cepat bisa berenang, anda dapat mencoba Berenang gaya dada/gaya katak lebih dulu karena lebih mudah dilakukan.

Renang gaya katak dapat dilakukan dengan mempertahankan kepala tetap dipermukaan dengan gerakan tangan lurus kedepan lalu membuka kearah samping disertai kaki menendang kearah luar menyerupai gerakan katak. Atau anda dapat mencoba gerakan lain yang anda anggap paling mudah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait lokasi yang anda gunakan untuk belajar berenang.

Jika anda belajar berenang di pantai. Cari lah lokasi pantai yang berpasir dan tidak terlalu curam. Dengan kondisi arus dan ombak tidak terlalu besar. Kondisi pantai seperti ini biasanya dapat ditemukan pada pagi hari saat cuaca cerah.

Jika anda memilih belajar dikolam renang umum. Cari waktu dimana kolam renang tidak terlalu ramai, cari tempat kolam renang yang memiliki area dangkal.

Jangan belajar dikolam renang umum yang memiliki fasilitas bermain seperti kolam arus, perosotan atau hal menarik lainnya yang akan mengganggu konsentrasi anda untuk belajar berenang. Yang ada, anda malah akan sibuk menikmati arena bermain dan gagal belajar berenang.

Yang tak kalah penting saat belajar berenang di pantai ataupun di kolam renang. Mintalah bantuan rekan anda yang sudah bisa berenang untuk mengawasi anda dan membantu anda memberi contoh gerakan berenang yang baik dan benar.

Pelajari gerakan dasar berenang. Beberapa hal dasar yang perlu dipelajari untuk cepat bisa berenang.

Meluncur dan Mengapung.
Cara cepat bisa belajar berenang,belajar berenang,

Untuk cepat bisa berenang tentu anda harus mampu mengapung terlebih dahulu. Agar dapat mengapung dengan mudah anda dapat mempelajarinya di pantai atau di kolam renang yang dangkal kira-kira setinggi dada.  Hentakan kaki kelantai atau kedasar kolam untuk mendorong tubuh anda meluncur kedepan.

Anda dapat menggunakan peralatan seperti snorkel agar anda dapat mengapung lebih lama dengan posisi badan menelungkup (menghadap kebawah).

Dengan bantuan snorkel anda dapat tetap bernapas sehingga anda dapat mengapung lebih lama dan membiasakan diri dengan posisi tersebut.

Hal ini juga dapat membantu anda melatih pernapasan didalam air. Jika anda belajar berenang di pantai, anda akan lebih mudah mengapung karena konon katanya air laut memiliki berat jenis yang tinggi.


Menggerakan anggota badan

Setelah anda merasa mahir untuk mengapung dengan baik, maka selanjutnya anda dapat melatihgerakan dasar berenang.

Gerakan kaki atau tangan secara perlahan membentuk gerakan berenang. Jangan panik saat menggerakan badan, gerakan badan sesuai gerakan renang gaya bebas ayunkan tangan seolah mendayung dan gerakan kaki keatas dan kebawah agar tubuh anda dapat bergerak maju.

Cara cepat bisa belajar berenang,belajar berenang,

Cara belajar berenang dengan mulai menggerakan anggota badan ini, anda perlu tetap mengunakan snorkel untuk membantu anda bernafas meskipun posisi kepala anda berada didalam air.

Lakukan latihan ini secara rutin hingga anda merasa sudah lancar. Tetap menggunakan kolam yang dangkal atau dipinggir pantai yang tidak tertlalu dalam untuk mulai belajar berenang.

Latihlah gerakan kaki di pinggir kolam dengan memegang tepian kolam dan gerakan kaki hingga tubuh anda terangkat ke permukaan.


Pernapasan.
Cara cepat bisa belajar berenang,belajarberenang

Bernapas saat berenang mungkin agak sulit dilakukan. Jika sebelumnya anda belajar berenang dengan mengunakan snorkel.

Untuk melatih pernapasan anda tidak memerlukan snorkel lagi. Berenang dengan gaya bebas angkat kepala kesamping hingga kepala keluar dari dalam air untuk mengambil napas.

Hal ini agak sulit dilakukan tapiseiring berkembangnya kemampuan dan latihan rutin yang anda lakukan, yakinlah anda akan cepat bisa dapt berenang dengan baik.

Untuk belajar berenang anda bisa memulai belajar gaya bebas terlebih dahulu karena Berenang gaya bebas relatif mudah dibanding gaya renang lainnya.

Jika anda sudah dapat melakukan dasar-dasar berenang, anda bisa mencoba gaya renang lainnya yaitu gaya kupu-kupu, gaya punggung dan lainnya. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

4 komentar

avatar

Klw saya renang, airnya terbang kemana mana.. Kacau .. :v

avatar

hebat donk bisa menerbangkan air kemana mana .. :D

Click to comment