Cara cepat bisa mengendarai motor bebek

Belajar mengendarai motor bebek lebih sulit dibanding belajar mengendarai motor matik karena dibutuhkan konsentrasi yang lebih, dalam sinkroniasasi mengatur bukaan gas dan saat yang tepat mengoper perseneling(gigi).

Tapi meskipun begitu bukan berarti belajar motor bebek menjadi mustahil, bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor bebek berikut tips dan trik yang bisa anda coba.

Nyalakan kendaraan menggunakan stater tangan jika ada atau menggunakan stater kaki jika terpaksa.

Stater kaki motor bebek cukup ringan untuk di selah khususnya pada motor keluaran honda, karena stater motor honda bebek memiliki teknologi yang memungkinkan stater kaki tidak berat saat di selah. jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan menyalakannya.

Stater kaki motor bebek keluaran yamaha dan suzuki pun tidak terlalu berat untuk di pancal kecuali mungkin motor bebek keluaran kawasaki yang agak berat stater kakinya.

Gunakan gigi 2 saat pertama jalan, karena kita tahu bersama akselerasi motor bebek lebih responsif jka dibandingkan motor matik. Jika anda sedang belajar dengan menggunakan gigi satu maka anda akan merasakan hentakan yang kuat dan mungkin akan membuat anda kesulitan mengendalikan motor.

Injak kedepan dua kali tuas perseneling di kaki sebelah kiri untuk mendapatkan posisi gigi 2 di mesin. Tarik gas perlahan untuk mulai menjalankan motor.

Untuk awal belajar cukup gunakan gigi dua hingga anda benar benar mendapatkan filing yang pas terhadap kendaraan yang anda gunakan untuk belajar.

Cara cepat bisa mengendarai motor bebek

Jika anda sudah dapat berjaan dan berhenti dengan baik, selanjutnya anda dapat melatih mengoper perseneling (gigi) saat berjalan.

Tetap pergunakan gigi 2 saat menjalankan motor pertama kali. Untuk mengoper gigi dari dua ke tiga yang perlu diperhatikan adalah, kecepatan motor harus sudah mencukupi dan mesin motor sudah memberi tanda untuk segera pindah gigi.

Hal ini dapat ditandai dengan suara mesin motor yang mulai meninggi (nggereng). Turunkan putaran gas dan injak bagian depan perseling secara perlahan.
Penting:
Pada pemakaian normal, Penggunaan gigi 2 saat mulai star sangat TIDAK dianjurkan, karena membuat kerja mesin menjadi berat. Jika anda telah bisa mengendarai motor bebek dengan lancar, mulailah berlatih star dengan gigi 1.
Latih proses pindah gigi ini hingga anda merasa benar benar menguasainya. Pastikan suara mesin motor sudah menurun saat anda menginjak perseneling untuk memindah gigi, agar motor tidak menghentak berlebihan yang akan membuat anda kehilangan keseimbangan.

Jika anda sudah mampu menguasai perpindahan gigi dari gigi dua ke tiga dan keempat. maka selanjutnya anda dapat melatih melakukan perpindahan perseneling dari besar kekecil untuk proses berhenti atau menghadapi rintangan seperti saat akan berbelok atau melewati polisi tidur.

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin cepat bisa mengendarai motor bebek ialah:

Gunakan motor bebek tanpa kopling untuk belajar karena ada beberapa motor bebek yang dilengkapi kopling dan tentu akan lebih sulit mempelajarinya, meskipun beberapa motor kopling manual pada motor bebek (seperti pada Yamaha Fiz-R) tidak berfungsi penuh layaknya kopling pada motor sport.

Cara cepat bisa mengendarai motor bebek

Beberapa motor bebek yang dilengkapi tuas kopling di stang bagian kirinya yaitu yamaha jupiter mx, fiz-R, honda supra xx dan suzuki axelo dll. Meskipun cukup jarang dijumpai, namun anda perlu menghindari menggunakan motor bebek berkopling untuk belajar mengendarai motor bebek.

Perhatikan tempat anda belajar mengendarai motor bebek. Cari tempat yang lapang atau jalanan yang sepi. Agar proses belajar naik motor bebek anda tidak terganggu ataupun menggannggu pengendara lain.

Perhatikan pula perlengkapan pengamanan yang memadai untuk meminimalisir cedera seperti helm, jaket, dan sepatu.

Demikian info mengenai cara cepat bisa mengendarai motor bebek yang dapat anda coba. Semoga tips diatas dapat membantu anda untuk bisa cepat mengendarai motor bebek. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang.

Please Share "Cara cepat bisa mengendarai motor bebek" ini, biar makin banyak yang tahu :)

Loading...

0 Response to "Cara cepat bisa mengendarai motor bebek"

Post a Comment

Leave a Comment