Cara mudah custom domain blogspot

Sebagai blogger rasanya menyenangkan jika alamat blog kita mudah diingat orang dan dapat dengan cepat diketikan pada browser jika ingin di akses langsung.

Sayangnya bagi kita yang blognya “menumpang” di blogger.com maka alamat domain yang kita miliki akan mendapatkan tambahan (dot)blogspot(dot)com.

Jadi walaupun domain kita singkat padat dan jelas tapi jika ketambahan blogspot(dot)com dibelakangnya maka akan jadi panjang juga akhirnya dan sulit jika harus di eja.

Salah satu solusinya ialah dengan membeli atau lebih tepatnya menyewa domain TLD untuk blog blogspot yang kita miliki agar blog kita lebih cepat bisa diingat oleh rekan sejawat dan handai taulan.

Untuk merubah blogspot ke domain TLD tentu anda harus membeli terlebih dahulu domain yang anda ingikan di penyedia domain seperti rumahweb, namecheap, masterweb atau lainnya.

Sebagai contoh saya akan membagikan pengalaman melakukan seting domain untuk blogspot di rumahweb. Cara melakukan custom domain untuk blog blogspot di penyedia domain rumahweb sangatlah mudah.

Sebelum melakukan seting domain blogspot pastikan koneksi internet anda stabil agar proses-nya tidak terhambat dan seting bisa cepat dilakukan tanpa harus menunggu loading yang lama karena koneksi lelet.

Apalagi bagi anda yang baru pertama kali melakukan custom domain seperti saya. Maka rasa was-was ragu dan cemas akan kemungkinan seting yang gagal akan semakin menjadi-jadi, jika menunggu loading terlalu lama.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena saya akan bagikan langkah-langkah custom domain di rumahweb berdasarkan pengalaman saya untuk bisa dijadikan panduan.

Pertama-tama silahkan buka dua tab baru di browser ditambah satu tab lagi untuk membuka cepatbisa.com sebagai panduan setingnya :). Buka halaman blogger dan  rumahweb dan login pada masing-masing website tersebut menggunakan akun anda.

Pada halaman rumahweb. Lakukan pengaturan A-records dan CNAME pada domain yang sudah anda beli dengan masuk ke menu domain dan pilih sub menu domainku. Kemudian klik pada manage domain. Jika domain baru terdaftar maka akan muncul pilihan update klik saja update.

Cara mudah custom domain blogspot

Kemudian klik pada add new record untuk memasukan data-data yang diperlukan. Lakukan setingan A-record, Disini Anda perlu membuat empat A-records terpisah yang mengarah ke empat IP Google berbeda.

Isikan nilai berikut ini pada kolom IP or hostname. Anda dapat melihat https://support.google.com/ sebagai Rujukan mengenai IP Adresses untuk A-records.

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Cara mudah custom domain blogspot

Jika ke-empat A-records sudah ditambahkan Selanjutnya, kita tinggalkan sejenak halaman rumahweb dan beralih kehalaman blogger untuk melakukan setingan selanjutnya.

Pada halaman blogger masuk ke menu settingdasar pada blogspot dan klik siapkan url pihak ketiga pada blog anda.

Pada kolom setelan domain pihak ketiga, masukan alamat domain yang anda beli dari penyedia domain tadi lengkap dengan “www” dan simpan, maka anda akan menemukan pesan kesalahan 12.

Cara mudah custom domain blogspot

Tenang, catat informasi yang diberikan kalau perlu Copy ke notepad. Sementara, biarkan saja seperti itu. Sekarang. mari kita beralih ke halaman penyedia domain, dalam hal ini rumahweb.

Pada pilihan record type pilih CNAME dan masukan data-data yang ada di halaman kesalahan blogspot tadi ke kolom yang ada.

Pada kolom domain isikan “www” dan pada kolom Hostname isikan “ghs.google.com” dan klik add record untuk menyimpan setingan. Lakukan hal yang sama untuk record CNAME kedua.

Cara mudah custom domain blogspot

Setelah semua setingan selesai dilakukan maka DNS record domain anda akan seperti ini.

Cara mudah custom domain blogspot

Setelah semua setting selesai dilakukan berarti tugas anda untuk seting custom domain blogspot sudah selesai sampai disini.

Selanjutnya anda hanya perlu kembali kehalaman blogspot dan menyimpan kembali setelan domain pihak ketiga yang terjadi kesalahan tadi. Dan domain baru anda pun siap digunakan.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah melakukan pengalihan seting domain agar dapat diakses meskipun tanpa menuliskan “WWW” didepannya.

Cara mudah custom domain blogspot

Kalau anda menemui masalah seperti pesan eror saat menyimpan setelan domain pihak ketiga di blogspot, coba logout dulu lalu ganti browser atau kalau perlu clear chace dan restart komputer yang digunakan dan login kembali.

Jadi tidak perlu risau, biasanya cukup ganti browser maka setingan langsung dapat disimpan. yang penting setingan pada rumahweb sudah sesuai seperti diatas maka anda sudah bisa menggunakan domain milik anda sendiri.

Cara mudah custom domain blogspot

Bagaimana, mudah bukan melakukan custom domain di blogspot. Sekarang domain anda lebih mudah diingat dan cepat bisa diketikan pada browser tanpa tambahan embel-embel blogspot lagi.

Perlu diperhatikan sebelum melakukan custom domain untuk blog yang sudah lama dan telah terindex dengan baik dimesin pencari.

Pastikan anda telah kuat mental dan fisik sebelum melakukan custom domain pada blog anda, khususnya untuk blog yang sudah lama. Anda harus siap menghadapi gejala blog sulit diakses, trafik turun drastis, selama minggu pertama domain diluncurkan. Dan bagi publisher adsense, akan mengalami sedikit penurunan penghasilan.

Untuk mengurangi dampak custom domain, beberapa tips berikut mungkin bisa anda coba

* Setelah anda membeli Domain baru, diamkan terlebih dahulu domain baru tersebut untuk 1 atau 2 hari sebelum mengaitkannya dengan blog anda.
* Lakukan seting custom domain saat pengunjung blog anda sedang sepi.
* Post artikel baru setelah selesai melakukan custom domain.
* Submit domain baru anda ke Google, Yahoo, Bing dll.
* Cek kembali domain baru anda apakah sudah dapat diakses dari berbagai browser (opera, chrome, firefox), dan dari berbagai platform (handphone, PC)

Demikianlah informasi mengenai custom domain blogspot. Semoga bermanfaat.

4 komentar

avatar

custom domain selain .com di blogspot bisa gak? misalnya pake .link atau .top atau yang lainnya

avatar

bisa gan, tidak harus (dot)com.. bahkan domain gratis seperti (dot)ga, (dot)tk, (dot)cf dll pun bisa untuk custom domain blogspot :)

avatar

Saya tertarik nih punyai domain dengan ekstensi dot link, tapi sedikit agak sangsi juga untuk kedepannya. menurut agan, apa sih kekurangan domain (dot)link dibanding dengan dot com >

avatar

kalau menurut saya (dot)com lebih familiar bagi kebanyakan orang bahkan buat orang awam tentang internet sekalipun, jadi bagus buat branding karena mayoritas orang tau-nya alamat website yaa (dot)com.

tapi (dot)link masih menyediakan banyak pilihan nama domain yang bagus-bagus dan harganya murah. kalau extensi (dot)com mungkin sudah mustahil mendapatkan nama domain bagus dengan harga normal, kalaupun bisa dapat nama bagus kemungkinan domain bekas atau harganya mwahal.

menurut saya sebaiknya gunakan ekestensi yang telah banyak di kenal orang seperti (dot)com, (dot)net, (dot)id, tapi kembali lagi dari tujuan blog atau website agan rexcel dibangun, bagaimana agan memperkenalkan website agan nantinya (jika di perkenalkan secara offline, dot "link" bisa terdengar seperti dot "ling"), darimana sumber trafik yang agan rekcel harapkan nantinya.

sebagai bahan pertimbangan, coba lakukan riset kecil-kecilan, seberapa sering ekstensi (dot)link tampil dihalaman pertama google dari setiap pencarian yang agan rexcel lakukan.
semoga membantu (cmiiw)
"mohon maaf, hanya berbagi opini tanpa bermaksud menggurui"

Click to comment