Pentingnya dapur pada rumah tinggal

Dapur merupakan pusat segala aktifitas penting didalam rumah, hampir seluruh aktifitas didalam rumah berhubungan erat di area dapur.

Sebut saja mulai bangun pagi terus mandi yang mana letak kamar mandi pada umumnya tidak jauh-jauh dari dapur, kemudian aktifitas mencuci pakaian hingga hal-hal sepele lainnya lebih banyak dilakukan di area dapur. Sehingga pantas jika dapur merupakan pusat segala aktifitas ataupun tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Sebenarnya dapur secara harfiah diartikan sebagai tempat. Yang secara fungsi, seharusnya menjadi tempat seseorang melakukan aktifitas mengolah dan menyediakan bahan makanan ataupun pangan untuk kebutuhan sehari-hari, yang biasa juga dikenal dengan sebutan memasak.

Seiring perkembangan jaman dan tingkat mobilitas yang tingi serta semakin sempitnya area yang dapat dimanfaatkan untuk membangun sebuah rumah yang ideal. Maka desain dapur pada bentuk rumah modern pun ikut mengalami perubahan. 

Dijaman serba praktis ini, dapur didesain bukan hanya sebagai tempat mengolah makanan, namun juga sebagai tempat penyimpanan. Maka tak heran pada perencanaan pembuatan dapur modern saat ini mengikuti prinsip segitiga yang mencakup tiga fungsi utama dapur yaitu; sebagai tempat penyimpanan (kulkas), persiapan, dan memasak. 

Dengan konsep segitiga yang baik diharapkan ketiga fungsi ini tidak saling menghalangi namun juga jarak ketiganya tidak saling berjauhan.

Beberapa bentuk dapur yang banyak digunakan pada desain dapur modern antara lain;
  • Dapur yang seluruh fungsi utamanya diletakan pada satu dinding segaris sehingga dapat menghemat ruang meskipun secara aksesabilitinya kurang efektif. 
  • Dapur yang fungsi utamanya diletakan pada dua dinding yang saling berlawanan. Misalnya kulkas sebagai tempat penyimpanan di dinding satu sedangkan fungsi mengolah dan memasak pada dinding lainnya yang berhadapan. 
  • Dapur yang berbentuk menyerupai huruf “L”, bentuk ini cukup efektif dan efisien karena semua unsur penting yang diperlukan mudah dijangkau. 
  • Dapur yang berbentuk menyerupai huruf “U”. 
Dalam kehidupan modern dapur dapat didesain lebih ringkas dan praktis. Pada masa lampau atau pada bentuk rumah kebanyakan, dapur dapat di bagi menjadi dua ruangan yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Dimana dapur kotor dikhususkan sebagai tempat mempersiapkan bahan makanan seperti ikan atau daging yang masih segar.

Pentingnya dapur pada rumah tinggal,dapur,

Pada kehidupan modern dapur kotor sudah jarang ditemui karena prosesi membersihkan ikan atau daging atau sayur mayur yang biasa dikerjakan di dapur kotor sudah tidak perlu di lakukan lagi karena telah banyak pasar-pasar modern yang menyediakan ikan, ayam ataupun daging yang siap olah tanpa harus repot-repot bergelut dengan bau amis ikan ataupun kotoran sisa-sisa sisik ikan atau bulu ayam berserakan di mana-mana. 

Dan sajian makanan cepat bisa dihidangkan tanpa melalui proses yang terlalu panjang. Jadi tidak akan ditemukan dapur yang becek dan penuh dengan panci hitam bekas pembakaran disana sini.

Pada masyarakat Indonesia pada umumnya, dapur kotor masih mudah kita temukan karena aktifitas mengolah bahan mentah untuk dijadikan bahan makanan masih banyak kita jumpai, mengingat secara geografis Indonesia diuntungkan untuk mendapatkan ikan segar dari hasil tangkapan nelayan dilaut ataupun ikan hasil budidaya di kolam-kolam ikan. 

Kebanyakan para Ibu rumah tangga lebih senang mengolah bahan makanan berupa bahan makanan yang masih segar seperti ikan segar dan lain lain. karena lebih sehat dan tentunnya lebih ekonomis dibanding membeli ikan olahan di pasar modern.

Sesuaikan keperluan dapur anda dengan kebutuhan anda sehari-hari. Dapur merupakan tempat penting yang harus ada dalam setiap rumah. walaupun hanya sekedar dapur kering, dapur basah, dapur kotor dapur bersih atau apapun sebutannya. 

Dapur merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah rumah tinggal. Semoga bermanfaat.

Loading...

0 Response to "Pentingnya dapur pada rumah tinggal"

Posting Komentar