Tips peremajaan lemari dapur agar terlihat baru

Kitchen cabinet atau Lemari rak tempat penyimpanan di dapur adalah salah satu item yang cukup mahal untuk di renovasi rumah.

Biaya mengganti lemari penyimpanan ini bisa lebih mahal dari pada barang-barang lainnya di dapur. Jika anda memiliki biaya lebih, anda dapat memilih mengganti kitchen cabinet dengan yang baru agar dapur anda lebih terlihat fresh.

Jika merenovasi dengan mengganti lemari penyimpanan didapur terlalu mahal untuk budget anda, refacing adalah alternatif yang lebih murah. Refacing dapat dilakukan pada bagian bagian lemari penyimpanan yang terbuat dari kayu seperti pintu lemari penyimpanan atau bagian yang terbuat dari kayu lainnya. Aktifitas ini dapat anda lakukan saat libur panjang untuk mengisi waktu bersama keluarga.

Jika anda menentukan pilihan untuk refacing atau mengecat kembali lemari penyimpanan didapur anda. Putuskan terlebih dahulu apakah anda akan mewarnai seluruh bagian lemari penyimpanan atau hanya bagian-bagian tertentu saja.

Untuk menghemat waktu, utamakan mengecat kembali bagian luar dan bagian pintu lemari yang dapat dilihat dengan kasat mata, karena bagian dalam lemari penyimpanan akan jarang terlihat saat semua tertata rapi dan pintu penyimpanan tertutup rapat.

Namun jika anda ingin mengecat kembali seluruh bagian lemari penyimpanan juga tidak mengapa, tapi perlu diperhatikan alokasi waktu dan anggaran pembelian cat yang diperlukan.

Jika anda sudah memutuskan bagian mana yang ingin anda perbarui, maka selanjutnya mempersiapkan segala keperluannya.

Mempersiapkan Kabinet lemari penyimpanan
Mulailah dengan melepaskan bagian-bagian lemari penyimpanan seperti pintu, sekat, sekat antar layer jika diperlukan.

Tandai bagian yang anda lepaskan seperti bagian kanan atau kiri pintu lemari kabinet, urutan layer penyimpanan didalam lemari agar anda tidak kesulitan saat memasangnya kembali nanti. Lindungi bagian lantai atau sekitar lemari penyimpanan dari tetesan noda cat dengan menggunakan kertas koran bekas.

Renovasi kitchen kabinet

Bersihkan lemari dan bagian bagian yang ingin di cat kembali dari segala noda minyak atau lemak hasil cipratan saat proses memasak. Jika perlu gunakan amplas halus untuk membersihkan permukaan yang ingin dicat, pastikan permukaannya bersih dan halus sebelum dilakukan pengecatan dasar.

Mulai Pengecatan
Jika lemari sudah siap, pertama-tama lakukan pengecatan dasar pada permukaan lemari, hal ini diperlukan untuk menghasilkan pengecatan yang sempurna nantinya.

Biarkan cat dasar benar-benar kering sebelum melakukan pengecatan selanjutnya. Setelah kering anda dapat melakukan pengecatan bagian-bagian lemari penyimpanan sesuai keinginan. Lakukan pengecatan tipis tipis secara berulang untuk mendapatkan hasil yang baik.

Setelah cat kering sepenuhnya, Anda siap untuk memasang kembali pintu dan bagian lemari lainnya. Jika perlu anda dapat mengganti engsel pintu lemari penyimpanan yang mungkin sudah mulai goyang ataupu gagang lemari penyimpanan untuk mendapatkan tampilan yang baru dari kitchen kabinet lemari penyimpanan anda.

Pilih Cat untuk lemari dapur yang berkualitas tinggi agar anda mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan berhemat untuk memilih cat karena mengingat proses pengecatan kitchen kabinet lemari penyimpanan pada dapur memakan waktu yang tidak sedikit.

Tentu anda tidak ingin hasil jerih payah anda sia-sia karena hasil pengecatan kurang maksimal karena penggunaan cat yang kurang berkualitas. Jika anda bingun memilih cat yang baik untuk digunakan pada kitchen kabinet anda, mintalah bantuan ke pemilik toko tempat anda membeli cat tersebut.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan finishing pada permukaan kabinet anda. Melapisinya dengan cairan pengkilap seperti gloss akan memudahkan proses perawatan kedepannya seperti saat ingin membersihkan dari cipratan minyak ataupun lemak.

Utamakan Keselamatan Ketika melakukan pengecatan, khususnya jika anda terpaksa harus melakukan pengecatan dalam ruang dapur yang tertutup.

Pastikan jendela untuk sirkulasi udara terbuka lebar sehingga bau cat cepat bisa keluar ruangan jika anda melakukan pengecatan didalam ruang dapur. Gunakan celana panjang dan kemeja lengan panjang utuk melindungi kulit anda dari cipratan cat. Sarung tangan plastik juga dapat digunakan untuk melindungi tangan anda

Kenakan kacamata pengaman dan masker untuk melindungi mata Anda dari cat dan aroma yang dihasilkan proses pengecatan. 

Demikian sedikit tips mengenai pilihan renovasi kitchen kabinet yang lebih ekonomis. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips peremajaan lemari dapur agar terlihat baru"

Posting Komentar