Tips menata peralatan masak di dapur

Menata peralatan masak dan segala macam keperluan untuk memasak didapur mungkin dianggap sepele bagi sebagian orang.

Namun hal ini perlu dilakukan untuk efisiensi dan agar lebih praktis saat mengolah makanan didapur.

Untuk menata peralatan keperluan masak didapur anda perlu membersihkan semua bahan-bahan ataupun bumbu yang mungkin telah tersimpan lama didalam lemari penyimpanan.

Pisahkan antara bahan atau rempah-rempah yang yang masih dapat digunakan dengan bahan yang mungkin sudah melampaui masa kadarluasanya, khususnya bunbu instan yang mungkin telah tersimpan lama ditumpukan bumbu-bumbu dalam lemari.

Bersihkan juga wadah-wadah penyimpanan bumbu dengan menggunakan air lalu keringkan.

Letakkan panci wajan atau perlatan masak lainnya yang sering digunakan dekat dengan kompor, hal ini diperlukan selain untuk menghemat ruang juga untuk memudahkan dijangkau saat proses mengolah makanan. Pastikan anda meletakan wadah ataupun piring dan peralatan dapur lainnya yang berbahan plastik jauh dari area kompor.

Hal lain yang perlu ditata dengan baik adalah rempah-rempah dan bumbu yang sering digunakan dalam mengolah masakan. Menata rempah-rempah dan menyimpannya di dekat kompor pada rak rempah-rempah atau dalam lemari terdekat agar cepat bisa dijangkau saat memasak.

Karena pada saat memasak, terkadang diperlukan kesigapan antara menambahkan satu bumbu dengan bumbu lainnya untuk mendapatkan hasil masakan yang mengundang selera.

Jika penempatan rempah-rempah maupun bumbu sulit dijangkau ataupun jauh dari jangkauan maka kegiatan memasak pun akan terhambat.

Tips menata peralatan masak di dapur,menata dapur,

Mengatur dapur Anda sehingga makanan kaleng berada di tempat yang sama dan dapat ditemukan dengan mudah ketika saatnya untuk memasak makanan.

Pastikan anak-anak Anda dengan mudah mencapai item yang biasa mereka gunakan secara teratur, dan pastikan barang-barang seperti pisau, gunting, dan bahan kimia rumah tangga berada di luar jangkauan dan diamankan di lemari terkunci.

Memanfaatkan penyimpanan makanan kedap udara untuk memperpanjang masa simpan makanan Anda perlu juga dipertimbangkan.

Jika Anda memiliki peralatan kecil di meja dapur yang jarang digunakan secara rutin, sebaiknya anda menyimpannya dalam lemari penyimpanan terdekat, seperti pada lemari dibawah meja atau lemari yang  menempel didinding.

Pastikan anda mudah menjangkaunya jika suatu saat anda memerlukannya. Hal ini untuk mengurangi benda-benda yang berserakan diatas meja pengolah makanan.

Demikian tips menata peralatan makan didapur. Semoga bermanfaat.

Click to comment