Cara buat Puding telor ceplok (PTC)

Kali ini saya berbagi resep tentang pembuatan puding telor ceplok atau sebut saja PTC biar keren. Dalam proses pembuatan puding telor ceplok ini, awalnya memang saya pikir agak sedikit ribet karena unsur kuning telur ditengah puding tampak sulit untuk dihasilkan atau dibentuk.

Bagi para bunda yang ingin mencoba membuat puding telor ceplok. Mari kita sama-sama mencoba membuatnya, Puding telor ceplok ini baru saja selesai saya coba dan saya akan coba share kepada anda sekalian.

Mungkin para bunda memiliki  kendala saat ingin membuat bentuk bulat mirip kuning telur ditengah-tengah puding agar terlihat mirip seperti kuning telur pada telur yang di goreng mata sapi.

Untuk ini anda dapat menggunakan mika tempat saos yang biasa dipake di tempat makan siap saji Karena dari ukurannya cukup sesuai untuk dijadikan cetakan jelly berwarna orange untuk efek kuning telur pada puding.

Mungkin dibeberapa daerah akan sulit menemukan wadah saus mika seperti yang dimaksud, jadi anda dapat mencoba menggunakan wadah lain yang sekiranya dapat digunakan untuk membuat model bulatan kecil.

Dan meskipun dengan cetakan seadanya, ada tidak perlu khawatir untuk membuat puding telor ceplok karena prosesnya sangatlah mudah. Langsung saja kita simak cara pembuatan puding telur ceplok.

Mula-mula siapkan terlebih dahulu Bahan-bahan yang di perlukan :

Bahan 1:
- 1 bungkus nutrijelly rasa jeruk
- 1 / 2 bungkus atau 1 sdm nutrisari rasa jeruk
- 300 ml air
- 3 sdm gula pasir

Bahan 2 :
- 2 bungkus agar - agar warna putih
- 900 ml air
- 4 bungkus susu kental manis (1/2 kaleng susu kental manis)
- 8 sdm gula pasir

Cara membuat :

Langkah 1 :

Buat agar-agar jelly berbahan Nutrijell lalu tambahkan Nutrisari untuk menghasilkan warna kuning, gula dan air. Aduk aduk hingga mendidih.

Cara buat Puding telor ceplok

Buat kuning telur dengan cetakan poffertjes (menggunakan tempat saos yang biasa sering di temui di tempat makanan cepat saji) tuang sedikit demi sedikit adonan agar-agar jelly secukupnya dan sisihkan, biarkan hingga dingin dan mengeras.

Cara buat Puding telor ceplok


Langkah 2 :

Larutkan agar agar putih lalu tambahkan susu kental manis, gula (sesuai selera), aduk hingga mendidih

Cara buat Puding telor ceplok

Nb: karena puding telor ceplok yang saya buat di cetak menggunakan cetakan plastik mika yang tipis, jadi setelah agar-agar mendidih, matikan api kompor lalu aduk-aduk sampai uap nya menghilang hingga adonan sedikit hangat dan saat dituang pada wadah plastik mika, tidak membuat mikanya meleleh.

Langkah 3 :

Atur puding kuning nya di atas plastik mika , lalu tuang agar-agar susu tadi kedalam plastik mika secara pelan pelan.

Dan apabila kuning telor nya tidak terapung maka goyangkan puding kuning nya tadi dengan menggunakan sendok agar kuning telor nya bisa terlihat mengapung di atas permukaan sehingga terlihat seperti bentuk puding telor ceplok.

Diamkan hingga mengeras dan lebih nikmat disajikan dingin.

Cara buat Puding telor ceplok


Bagaimana, hasilnya cukup bagus bukan. Bagi para bunda atau kawan-kawan yang sedang dan ingin belajar memasak, membuat puding telor ceplok bisa dijadikan referensi bahan uji coba untuk memasak karena cukup mudah untuk dipraktekan. Selamat mencoba yaa... Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara buat Puding telor ceplok (PTC)"

Posting Komentar