Membantu anak cepat bisa membaca

Masa kanak-kanak merupakan masa yang baik bagi anak untuk mengengetahui berbagai hal.

Membaca adalah hal yang perlu diajarkan kepada anak BALITA. Beberapa cara yang dapat anda coba untuk membantu anak agar cepat bisa membaca antara lain:

Membaca untuk anak anda
Membacakan dongeng untuk anak anda dapat membuat rasa ingin tahu anak terhadap buku meningkat. Hal ini juga baik untuk perkembangan otak anak.

Jadilah contoh dalam hal membaca bagi anak anda
Anak adalah merupakan peniru yang baik dalam kehidupan. Anda dapat memanfaatkan potensi anak ini untuk memberikan contoh membaca pada anak. Meskipun anda tidak benar-benar sedang membaca, posisikan tubuh anda layaknya orang yang sedang membaca agar anak dapat mencontoh anda untuk membaca.

Letakan buku pada area yang mudah dijangkau anak
Hal ini memang agak beresiko mengingat keingin tahuan anak yang cukup tinggi membuat tumpukan buku akan dengan mudah dujangkau dan menjadi berantakan. Tapi disisi lain hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui saat-saat yang tepat untuk mengajari anak anda membaca disela-sela aktifitas bermainnya.

Membantu anak cepat bisa membaca

Memperkenalkan jenis buku pada anak
Perkenalkan jenis buku pada anak, jelaskan berbagai buku yang bersifat fiksi, ilmiah, atau yang bersifat dongeng agar anak dapat membedakan mana yang cerita nyata dan mana cerita khayalan.

Perkenalkan huruf kepada anak anda
Memperkenalkan huruf pada anak dengan bentuk huruf normal yang mudah dikenali anak. Bentuk font yang berukiran memang bagus dilihat tapi akan membuat anak anda kesulitan membedakan huruf yang satu dengan lainnya.

Buatlah suasana membaca menyenangkan
Buatlah suasana belajar yang menyenangkan, kenali karakter anak anda dan gunakan buku buku yang sesuai dengan minat anak anda. Jika anak anda menyenangi mobil maka gunakanlah buku-buku bergambar mobil seperti tokoh kartun difilm cars.

Ajukan pertanyaan kepada anak anda
Ajukan pertanyaan kepada anak anda mengenai buku yang dibacanya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui daya serap anak terhadap bulu yang dibacanya. Selain itu juga dengan bertanya kepada anak maka suasana belajar membaca lebih interaktif.

Jangan paksakan anak unutk belajar membaca jika mood anak untuk belajar sedang tidak bagus. Memaksa anak untuk tetap belajar saat ia ingin bermain, membuat ia merasa trauma dan terbebani dengan kegiatan belajar-mengajar yang akan mengganggu minat anak terhadap buku di kemudian hari.


0 Response to "Membantu anak cepat bisa membaca"

Posting Komentar