Tips cepat bisa mengoperasikan Komputer

Dapat mengoperasikan komputer sudah menjadi pengetahuan dasar yang wajib dikuasai oleh setiap orang saat ini.

Mengingat segala bentuk aktifitas manusia tidak lepas dari yang namanya komputer. Terlebih lagi jika anda sedang mencari pekerjaan, maka tidak sedikit perusahaan penyedia lowongan kerja, mensyaratkan calon pegawainya untuk menguasi komputer paling tidak bisa mengoperasikan komputer.

Bagi anda yang masih awam dengan komputer dan ingin cepat bisa mengoperasikan komputer, berikut sedikit informasi mengenai pengoperasian komputer bagi pemula yang mungkin bisa dijadikan referensi.

Untuk cepat bisa mengoperasikan komputer, berikut ini tips dan trik yang bisa anda terapkan.

Tentukan tujuan yang ingin dicapai

Apa yang mendasari anda ingin belajar komputer, apakah hanya sekedar ingin bisa mengoperasikannya atau ingin fokus ke program office untuk bekal melamar kerja.

Karena fungsi komputer sangat beragam, sebaiknya anda fokuskan ke salah satu tema yang ingin dipelajari.

Jika untuk pengolahan dokumen, anda bisa mulai belajar MS. Ofiice yang didalamnya terdapat Ms. Word untuk olah dokumen, Excel data tabel, Power point untuk presentasi dan lain-lain.


Kenali dasar-dasar komputer

Komputer itu di bagi menjadi dua bagian yaitu; Software dan Hardware. Anda tidak perlu mengetahui semuanya, cukup pahami bahwa mouse, keyboard, CPU, Monitor masuk ke dalam kategori hardware komputer.

Mouse untuk mengendalikan pointer dilayar dan melakukan pilihan pada software, membuka folder atau file dll.

Keyboard, untuk memasukan mengetikan huruf, atau bisa juga memasukan perintah ke komputer dengan kombinasi tombol yang biasa juga dikenal dengan tombol Shortcut.

Sedangkan Sistem Operasi seperti Windows, Linux, Mac, dan aplikasi komputer seperti Ms. Office, Winamp, dan Chrome, Opera masuk kedalam kategori Software/perangkat lunak.

Untuk hardware-nya sendiri, tidak banyak yang perlu diketahui sebagai awal pembelajaran. Anda hanya perlu tahu bahwa di CPU itu ada tombol Power untuk menghidupkan CPU dan tombol reset untuk merestart kalau komputer Hang.

Kemudian dimonitor juga ada tombol on/off dan seperangkat tombol yang biasanya berguna untuk mengatur kecerahan, warna dan lain-lain.

Jadi untuk mengoperasikan komputer, anda hanya perlu menekan tombol ON di CPU dan pastikan monitor sudah dalam kondisi On.


Cari informasi sebanyak mungkin

Cari informasi sebanyak mungkin tentang komputer dan ilmu yang ingin anda kuasai. Sekarang tidak sulit mencari informasi apa saja, apalagi dengan teknologi smartphone yang semakin canggih saat ini.

Jika anda ingin fokus menguasai kemampuan mengolah dokumen, berarti anda harus banyak mencari informasi terkait hal tersebut, software apa saja yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut dan lain sebagainya.


Upayakan memiliki komputer sendiri

Untuk lebih mudah dan cepat bisa komputer sebaiknya anda membeli komputer sendiri.

Tapi ini opsional saja sebenarnya, jika belum memungkinkan membeli komputer sendiri, anda masih bisa belajar komputer dengan memanfaatkan warnet yang bisa di sewa perjam atau memanfaatkan paket hemat yang biasanya lebih murah dibanding sewa perjam.

Kelebihannya Menggunakan komputer warnet anda tidak perlu merasa khawatir kalau komputer eror, tinggal panggil operatornya untuk memperbaikinya atau tinggal pulang sekalian. hanya saja waktu belajarnya tidak bisa sewaktu-waktu. 

Jika anda memiliki komputer sendiri anda bisa lebih leluasa belajar komputer kapan saja, tapi yaa itu resikonya kalau error terpaksa anda harus menghubungi orang yang bisa memperbaikinya.

Tapi tenang saja, untungnya komputer bukan perangkat elektronik yang mudah error atau hang. Selama penggunaannya secara wajar dan tidak ada file yang di hapus atau di pindahkan khususnya yang ada di Drive C maka komputer akan aman, Semoga.

Untuk menghemat biaya operasional, anda bisa memilih membeli laptop agar tidak membebani listrik rumah anda. Perlu di ketahui daya seperangkat komputer bisa mencapai 300 Watt.

Secara fungsi dan kemampuan, laptop tidak jauh berbeda dengan komputer desktop tapi tergantung spek yang diusungnya tentu. Untuk keperluan belajar program ringan seperti office, laptop rasanya sudah cukup.


Kuncinya

Kunci sukses untuk cepat bisa mengoperasikan komputer adalah sering-sering menggunakannya setiap hari. Dengan begitu anda akan cepat terbiasa dengan susunan menu, letak penyimpanan data, program-program yang diperlukan dan lain sebagainya.


Hal dasar lainnya yang perlu anda ketahui untuk cepat bisa mengoperasikan komputer:

Tombol pada CPU komputer Desktop

Pada CPU komputer desktop secara umum terdapat dua tombol di sisi depannya. Satu tombol berfungsi untuk menyalakan komputer, yang biasanya berukuran lebih besar. Dan satu tombol lagi berfungsi untuk mereset (restart) komputer jika terjadi Hang saat komputer digunakan.

Pada bagian depan CPU juga terdapat led yang akan menginformasikan aktifitas hardisk dan aktifitas pemrosesan data saat komputer sedang digunakan. Led ini akan menyala berkedip-kedip setiap saat.

Pada bagian CPU juga terdapat CD/DVD room untuk memasukan atau membaca data dari keping CD/DVD.

Tips cepat bisa mengoperasikan Komputer,cepa bisa,


Port atau colokan yang ada di belakang CPU

Port atau colokan yang ada dibelakang CPU berfungsi untuk menghubungkan berbagai piranti pendukung PC seperti monitor, mouse, keyboard, printer, dan speaker. Secara umum kelima pirati tersebut selalu ada dalam setiap komputer yang anda temui. Beberapa komputer juga dilengkapi berbagai piranti lain seperti webcam dll.

Tips cepat bisa mengoperasikan Komputer,cepat bisa,


Menu pada taskbar

Pada taskbar bagian bawah layar komputer yang pada umumnya menggunakan OS windows, terdapat ikon berebentuk bulat dengan logo windows.

Ikon ini biasa juga dikenal dengan nama ikon Star menu. Star menu merupakan tempat untuk mengakses segala program yang terinstal di komputer tersebut. Meskipun beberapa program biasanya ditampilkan di layar utama.

Pada Star menu ini juga terdapat menu untuk mematikan (Shut Down) komputer. Jadi untuk menyalakan komputer, anda menekan tombol ON di CPU, sedangkan untuk mematikannya gunakan perintah Shut down pada star menu.

Tips cepat bisa mengoperasikan Komputer,cepatbisa,


Beberapa hal dasar yang perlu anda ketahui jika anda baru saja membeli komputer adalah spesifikasi komputer yang anda miliki.

Untuk mengetahui spesifikasi komputer yang anda pakai, anda dapat melihatnya dengan mengklik kanan Computer di star menu kemudian pilih propertis maka anda akan menemukan informasi dasar tentang komputer yang anda gunakan atau miliki.

Setelah anda mengetahui informasi dasar mengenai komputer selanjutnya anda hanya perlu membiasakan diri dengan komputer yang anda miliki.

Lakukan hal yang anda senangi dengan menggunakan komputer. Jika anda senang menulis, anda dapat memanfaatkan software Ms. Word untuk menulis.

Jika anda senang menggambar, anda dapat menggunakan aplikasi Paint untuk corat coret. Jika anda senang main game, anda dapat memainkan game bawaan OS windows seperti catur, solitaire, minesweeper dan lainnya.

Semakin sering anda berinteraksi dengan komputer maka andapun akan cepat bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Sama halnya saat belajar berenang, semakin sering berlatih dan mencoba maka akan semakin cepat bisa.


Beberapa kendala Teknis yang mungkin anda temukan saat ingin menggunakan komputer.

Komputer tidak mau menyala. Perhatikan colokan sumber daya CPU apakah sudah terpasang dengan baik atau belum. Cek juga Stavolt, apakah sudah pada posisi ON atau belum. Beberapa komputer juga dilengkapi dengan stavolt dan UPS untuk menjaga agar suplai listrik yang masuk ke komputer tetap stabil.

Mouse atau keyboard tidak berfungsi. Bagi yang menggunakan mouse atau keyboard dengan port PS/2, Perhatikan posisi colokan mouse atau keybord dibagian belakang CPU, apakah sudah pada posisinya. Karena bentuk Port nya sama, Biasanya pemasangannya terbalik sehingga membuat mouse atau keyboard tidak berfungsi.

Monitor tidak menampilkan gambar. Cek kembali sumber daya monitor apakah sudah terpasang atau belum, cek juga tombol On/Off pada monitor. Jika tampilan layar redup atau terlalu terang, anda dapat mencoba melakukan setingan melalui tombol menu di monitor.


Demikianlah yang dapat disampaikan perihal tips cepat bisa mengoperasikan komputer bagi pemula. Meskipun sebenarnya masih banyak hal lain yang perlu anda pelajari perihal komputer dan bagian-bagiannya. Tapi bagi anda yang masih baru mengenal komputer dan ingin cepat bisa mengoperasikan komputer, pengetahuan diatas dapat anda jadikan referensi.

Seiring perjalanan waktu, pengetahuan anda sedikit demi sedikit akan bertambah. Teruslah berlatih dan membiasakan diri dengan komputer, maka anda akan cepat bisa menguasainya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips cepat bisa mengoperasikan Komputer"

Posting Komentar