Alat peraga Jam untuk membantu Anak mengenal waktu

Membuat alat peraga berbentuk jam, untuk membantu anak belajar mengenai waktu.

Mengingat banyaknya berbagai alat peraga, mainan, alat rumah tangga, dan berbagai macam lainnya yang merupakan hasil produksi luar negeri.

Apakah kita Indonesia Benar-benar tidak mampu membuat benda seperti ini sehingga harus Import. Ataukah ini sebenarnya produk dalam negeri yang dibranding luar untuk meningkatkan nilai jual.

Anda tentu tidak dapat menghitung berapa banyak barang-barang disekitar anda yang made in negara seberang. Meskipun tidak disebutkan nama negaranya, Anda pasti sudah dapat menerka-nya.

Dari mulai mainan anak-anak yang sebesar biji jagung, hingga alat canggih yang mungkin sedang anda gunakan sekarang ini. Kemungkinan besar tertulis Made Ini tinggal di Bali.

Mungkin ini dampak dari terlanjur kaya-nya negeri ini sehingga semua-muanya tinggal beli. Tidak perlu lagi repot-repot membuat karena kita memiliki kekayaan melimpah.

Bak seorang saudagar kaya yang tinggal tunjuk sana-tunjuk sini. Cukup menyuruh orang untuk mengelola Aset-aset besar dengan hasil alam luar biasa.

Perlu apa-apa tinggal beli (Import). Bahkan sapi kita beli, padahal itu sapi berkaki empat dan makan rumput. “ya iyalah”

Alat peraga Jam untuk membantu Anak mengenal waktu

Maka dari itu, kali ini mari kita coba membuat sendiri alat peraga berbentuk jam. Pastilah alat peraga seperti ini ada banyak yang buatan negeri sana.

Alat peraga berupa Jam dapat digunakan untuk membantu anak anda belajar mengenai tanda waktu.
Langsung saja kita coba membuatnya.

Bahan bahan yang harus disiapkan antara lain:
  • Kertas. Kertas folio biasa atau menggunakan kertas Glossy untuk menghasilkan warna jam yang mengkilat. Bisa juga menggunakan kertas sticker untuk memudahkan pengerjaan.
  • Lem. Jika menggunakan kertas sticker anda tidak memerlukan ini
  • Kertas hard cover. Kertas yang biasa digunakan untuk cover buku skripsi. Sebenarnya pakai kardus juga tidak mengapa, tapi haslnya kurang maksimal.
  • Baut ukuran 10mm atau 8mm, untuk poros jam.

Alat-alat yang diperlukan:
  • Komputer dengan printernya
  • Gunting dan cutter.

Langkah pengerjaan.
* Dengan bantuan software pengolah gambar di komputer. Buatlah bentuk lingkaran dan masukan gambar sesuai keinginan. Sebagai contoh, disini menggunakan software Corel (Anda dapat menggunakan software pengolah gambar yang anda suka) untuk membuat gambar bundar sebagai landasan Jam dan gambar jarum jam panjang dan pendek.

Dengan bantuan komputer kita dapat mengkreasikan bentuk dan gambar jam sesuai selera dan sesuai minat sang anak.

Alat peraga Jam untuk membantu Anak mengenal waktu

* Setelah selesai print gambar tersebut ke kertas yang sudah disediakan. Pada lembar kerja corel menggunakan ukuran kertas A3 untuk menghasilkan gambar jam dengan ukuran besar. Berhubung kertas yang digunakan hanya berukuran A4, maka satu buah jam membutuhkan 2 lembar kertas A4.

Alat peraga Jam untuk membantu Anak mengenal waktu

* Kemudian potong gambar jam sesuai bentuknya, potong juga kertas hard cover sesuai bentuk yang diinginkan dan buat potongan kecil berbentuk jarum panjang dan jarum pendek sesuai gambar yang dibuat.

* Kemudian rekatkan gambar jam pada hardcover dan gambar jarum jam sesuai tempat yang sudah dibuat.

* Buat lubang pada gambar lingkaran yang tersedia untuk menempatkan baut sebagai pengikat jarum jam pada jam.

* Selesai. Bagaimana, sangat mudah bukan. Semoga bisa bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk membuat alat peraga berupa jam untuk membantu anak belajar mengenal waktu.

Alat peraga Jam untuk membantu Anak mengenal waktu

Anda dapat mendownload File corelnya Disini untuk dijadikan contoh.

Setidaknya dengan begini kita dapat berhemat dan tidak perlu membeli jauh-jauh dari negeri seberang hanya untuk sebuah alat peraga.

Click to comment