Pedoman Dasar Memilih Kompor Listrik

kompor listrik memiliki keunggulan pada bentuk desainnya yang sangat modern, ringkas, serta tidak menimbulkan bau gas.

Bisa dibilang bahwa jenis kompor yang satu ini lebih aman karena terhindari dari risiko kebocoran gas hingga kebakaran.

Satu-satunya masalah yang harus dihadapi ialah ketika listrik mati ketika sedang memasak. Selain itu, penggunaan kompor ini juga bisa membebani biaya rekening listrik bulanan.

Terlepas dari kekurangan-kekurangannya, kompor ini masih menjadi salah satu perabotan favorit bagi keluarga modern.

Bahkan, pilihannya pun semakin beragam, mulai dari merek terkenal sampai yang sama sekali belum kita ketahui.

Nah, yang terpenting adalah bagaimana kompor itu bisa teruji kualitasnya sehingga kelak tidak menimbulkan masalah baru setelah beberapa kali digunakan. Berikut adalah beberapa pertimbangan memilih kompor listrik yang semoga bisa membantu Anda:

Ukuran Desain
Merek apa saja pun bisa Anda pilih asalkan mutunya terjamin. Justru yang sangat diprioritaskan ialah ukuran desainnya. Seberapa besar kompor itu akan menempati ruangan yang telah disediakan?

Hindari memilih kompor yang desainnya terlihat sangat mencolok jika ditempatkan dalam spot kecil.

Kalau terbiasa memasak dalam porsi kecil atau standar, kompor satu tungku berukuran kecil masih sangat memadai.

Namun kalau sering memasak dalam porsi besar, kompor dua tungku lebih direkomendasikan. Perihal ukurannya, sesuaikan saja dengan spot yang akan ditempat kompor tersebut.

Pilihan Fitur
Makin banyak variasi produk kompor ini termasuk pada pilihan fiturnya. Pastikan bahwa kompor yang akan dipilih aman dan ramah lingkungan.

Aman dalam artian tidak akan menimbulkan bahaya ketegangan atau arus listrik yang tak stabil.

Segala macam risiko pun akan terjadi kalau kita tak hati-hati. Jadi, lebih disarankan untuk memakai kompor listrik dengan fitur yang lebih canggih dan terbarui.

Salah satu fitur yang sangat disarankan ketika akan membeli kompor ini adalah pengaturan panas dan timer.

Keduanya bermanfaat untuk menghemat energi sekaligus mengelola waktu yang berdampak pada usia pemakaian.

Uniknya lagi, ada sebagian merek yang menyediakan fitur pengaturan panas otomatis berdasarkan jenis masakan yang dibuat. Jadi, proses pematangannya akan lebih teratur dan terkendali sehingga menghindarkan dari risiko hangus atau gosong.

Pedoman Dasar Memilih Kompor Listrik

Pelajari dulu tombol-tombol yang disediakan dalam sebuah kompor listrik, termasuk variasi pemakaiannya. Disarankan untuk menggunakan fitur yang paling mudah dipelajari dan dipraktikkan langsung, agar Anda cepat bisa mengoperasikannya dengan mudah.

Pemakaian yang lebih efektif pun bisa diterapkan selama menggunakan kompor listrik. Contohnya adalah kompor yang sekaligus berfungsi sebagai oven.

Sekiranya memang membutuhkan alat pemanggang dalam dapur, Anda bisa mempertimbangkan jenis kompor tersebut.

Tetapi kalau pada dasarnya tak butuh alat panggangan, cukup dengan fitur memasak saja sudah cukup. Terlebih lagi kalau ingin menghemat listrik.

Pengelolaan Daya Listrik
Apa benar bahwa kompor listrik akan lebih boros? Tergantung juga dari cara kita menggunakannya. Toh, setiap hal yang berlebihan pastinya akan menyebabkan pemborosan. Jadi, yang terpenting ialah memilih jenis kompor yang dirancang dengan pemakaian daya efisien.

Cek terlebih dahulu pada keterangan daya yang dibutuhkan oleh kompor tersebut. Apakah memang sesuai dengan kapasitas energi di rumah Anda?

Jangan sampai memilih kompor dengan daya listrik yang melebihi kapasitas di rumah Anda. Atau kasus yang lebih miris ketika harus mematikan perangkat elektronik lain demi memasak dengan kompor listrik.

Setiap perangkat elektronik sudah diatur sesuai pemakaian daya. Oleh sebab itu, tidak sulit rasanya untuk menemukan sebuah produk kompor yang cocok dengan kebutuhan rumah.

Dalam hal ini, pertimbangkan faktor kebiasaan memasak dengan menggunakan kompor biasa di masa lalu, lalu perkirakanlah seberapa besar daya listrik yang akan terpakai jika menggunakan kisaran waktu tersebut.

Jenis dan Tipe
Selain Kompor listrik biasa yang menggunakan elemen pemanas, ada juga Kompor Induksi yang juga menggunakan sumber daya listrik.

Hanya saja, Kompor Induksi membutuhkan Panci khusus, sedangkan kompor listrik biasa bisa digunakan memasak dengan panci yang biasa ada dirumah.

Merek dan Harga
Dua pertimbangan yang saling berkaitan satu sama lainnya. Kompor listrik dengan merek tertentu memang dibandrol dengan harga yang cukup lumayan. Tapi kualitasnya sudah teruji, terutama jika Anda perhatikan pada pemakaian daya yang biasa dipakai.

Namun bukan berarti bahwa merek adalah segalanya. Banyak juga merek-merek biasa atau bahkan yang tak dikenal ternyata kualitasnya tak kalah dengan yang lain. Sementara itu, urusan merek juga selalu berdasarkan selera pribadi sehingga belum tentu pilihan Anda akan sama dengan orang lain.


Dari tips di atas, Semoga Anda sudah bisa menemukan jawaban mana sekiranya kompor listrik yang paling tepat. Jika masih ragu perihal pilihan terbaik, bisa dicoba dengan sekali lagi mengecek sejumlah rekomendasi berdasarkan merek, harga, dan spesifikasi masing-masing.

Anda bisa coba browsing untuk mencari informasi lebih dalam tentang Kompor Listrik untuk mengetahui harga dan tipe apa saja yang cocok menurut anda, sehingga bisa memiliki pertimbangan ketika akan memilih dan membeli Kompor listrik.

Pilihan kompor yang menggunakan daya listrik akan sangat bermanfaat jika bisa menggunakannya secara tepat. Bukan hanya karena faktor ketertarikan pada desain dan merek. Setiap dapur juga bisa terlihat kian menarik jika dipadukan dengan tipe perlengkapan yang sifatnya ringkas dan modern.

Penggunaan kompor listrik dapat dijadikan alternatif pengganti kompor konvensional terlebih lagi jika anda mengaplikasikan desain dapur minimalis modern di rumah Anda.

Nah, demikianlah beberapa pedoman dasar mengenai kompor listrik. Semoga bermanfaat.

Click to comment