Perbandingan Menggunakan Kompor Listrik Dan LPG

Kompor merupakan salah satu komponen penting pada dapur. Dewasa ini kompor memiliki berbagai ragam macam jenis dan bentuk.

Salah satu faktor pembeda pada kompor adalah adanya kompor listrik atau kompor Gas (LPG) yang telah banyak dan umum digunakan di beberapa rumah saat ini.

Mungkin Anda masih bingung antara memilih menggunakan kompor listrik atau kompor Gas (LPG) didapur Anda.

Perbandingan menggunakan kompor listrik dan LPG berikut ini semoga bisa membantu Anda. Pasalnya, masih banyak orang yang diliputi keraguan dalam menentukan jenis kompor seperti apakah yang harus digunakan di dapur mereka.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bandingkan satu demi satu keunggulannya:

Kompor Listrik

Kompor jenis ini menggunakan daya listrik untuk memasak. Awalnya, pemakaian kompor ini sebagai cadangan ketika gas habis atau untuk kebutuhan portable dengan catatan memiliki sumber daya listrik.

Biasanya, pemakaiannya lebih sering djumpai pada anak kos. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan tingkat kebutuhannya, kompor ini semakin sering direkomendasikan khususnya bagi mereka yang menerapkan konsep dapur modern minimalis. Kapasitas ruangan bisa lebih dihemat dan tak perlu bolak-balik mengisi ulang gas LPG.

Kita bisa menyimpulkan sejumlah kelebihan dari kompor jenis ini supaya menjadi pertimbangan ketika akan membelinya.

Kelebihan Kompor Listrik:

Desainnya Ringkas dan Modern. Harus diakui bahwa bentuk dari kompor listrik cenderung lebih artistik dan sangat cocok sebagai bagian dari perabotan modern. Mulai dari ukuran, bentuk, sampai pada pilihan warnanya, dijamin Anda akan sangat puas untuk mengekplorasi beragam koleksi menarik dari kompor ini.

Perawatan Mudah. Kita cepat bisa membersihkan kompor ini dengan mudah dan tanpa repot-repot membongkarnya jika tak diperlukan.

Berbeda dengan kompor gas, apalagi yang masih menggunakan minyak tanah. Untuk membersihkannya, kita harus melepasnya dari tabung gas atau sumbu, lalu membersihkannya dengan hati-hati.

Sangat berbeda dengan kompor listrik yang tinggal melepaskannya dari sambungan listrik. Setelah itu bisa hanya dengan mengelapnya. Bukan berarti cara membersihkannya dengan sembarangan. Di bagian tungku, kita wajib mengelapnya dengan hati-hati.

Tak Akan Meledak, setidaknya kemungkinan meledak sangat lah kecil. Risiko tabung gas yang meledak sering menghantui mereka yang terbiasa menggunakannya.

Beberapa waktu lalu juga marak pemberitaan mengenai tabung LPG yang meledak dan menyebabkan kebakaran. Saat itulah pilihan kompor listrik terbukti jauh lebih aman dan terhindari dari risiko semacam itu. Anda tak akan mencium bau gas di dalam dapur, dan tinggal menghubungkannya dengan sambungan listrik.

Selain itu, kompor listrik juga disertai dengan alat pengaturan panas, sehingga ketika masakan sudah matang, tungku akan mati secara otomatis. Teknologi terbaru memungkinkan fitur semacam itu, misalnya tungku yang akan menyala secara otomatis jika ada benda berbahan metal yang diletakkan di atasnya.

Perbandingan Menggunakan Kompor Listrik Dan LPG


Kompor Gas/LPG

Jenis kompor ini yang populer pemakaiannya di Indonesia. Dengan menggunakan bahan bakar gas LPG dan bisa dipakai untuk memasak dalam porsi besar.

Pada dasarnya, gas LPG sebenarnya sudah teruji keamanannya. Namun ada sebagian kasus akibat dari kurangnya kewaspadaan dan masih awamnya sebagian masyarakat kita dalam menggunakan kompor LPG.

Nah, dibandingkan dengan kompor listrik, kompor jenis yang ini juga memiliki sejumlah kelebihan.

Kelebihan Kompor Gas:

Pengaturan Panas. Pemakaian kompor gas terbukti sangat memudahkan bagi yang ingin mengatur panas secara cepat. Jenis kompor ini menyediakan fitur sederhana untuk mengatur tingkat panas dalam waktu cepat, dan bisa juga diturunkan dengan cepat.

Murah dan Terjangkau. Harganya juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kompor listrik. Terlebih lagi jika mengisi ulang gas LPG. Untuk pemakaian yang lebih irit pun bisa diterapkan dengan cara mengatur kebiasaan memasak sehari-hari.

Mempercepat Proses Pemasakan. Memang benar bahwa waktu memasak dengan menggunakan kompor gas terbukti jauh lebih cepat. Penyebabnya adalah pengaturan panas yang lebih mudah,dengan api yang secara cepat akan menyebar merata.

Jadi, masakan akan langsung matang dalam waktu yang tak terlalu lama. Pengaturan besar kecilnya api juga selalu bisa disesuaikan dengan jenis masakan yang sedang diolah.

Kalau pada dasarnya memang punya kemampuan memasak yang cukup handal, hanya dengan bermodalkan kompor gas bisa menciptakan berbagai hidangan lezat dalam waktu yang cukup singkat.


Pertimbangan Kebutuhan dan Pemakaian

Dari dua jenis kompor di atas, masing-masing bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan atau kenyamanan.

Yang jelas, prioritaskan pada kebiasaan Anda selama ini dalam memasak di dapur. Bukan karena sekadar ingin mempercantik dapur dengan sebuah perlengkapan baru.

Tapi kalau pertimbangannya juga faktor estetika, kompor listrik memang lebih menarik untuk dipertimbangkan. Desainnya terdiri dari beragam ukuran dan masing-masing pun punya daya tariknya tersendiri.

Ada pertimbangan lainnya yang juga sangat penting seperti merek dan harga. Dua jenis kompor di atas punya kelebihannya tersendiri, namun masih tergantung pada orang yang akan memakainya. Kenyamanan dalam menggunakan juga dipengaruhi oleh faktor kualitas.

Disarankan untuk menggunakan jenis kompor dengan kualitas yang telah teruji, dan memang rata-rata bisa kita peroleh dari merek tertentu.

Sekiranya pertimbangannya adalah harga, boleh dengan mencari produk yang jauh lebih terjangkau. Asalkan kualitasnya bisa dibuktikan, Anda tak akan menghadapi masalah dengan kompor berbiaya terjangkau.

Sekarangpun anda tidak perlu kesulitan untuk mencari dan membandingkan harga kompor gas atau kompor listrik, cukup browsing dan mengunjungi Toko online yang menjual peralatan rumah tangga, maka anda bisa mebandingkan harga berbagai kompor sesuai kebutuhan.

Silakan putuskan sendiri jenis kompor yang tepat dan sesuai untuk pemakaian sehari-hari. Nah, demikianlah sejumlah perbandingan menggunakan kompor listrik dan LPG. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Perbandingan Menggunakan Kompor Listrik Dan LPG"

  1. Trimakasih infonya... Tolong juga dianalisa perbandingan biaya pemakaiannya. Isi ulang LPG atau pemakaian listriknya..

    BalasHapus