Strategi agar cepat bisa menghafal

Tips cepat bisa menghafal bisa menjadi hal yang banyak orang ingin ketahui karena banyak hal baru yang terjadi dalam kehidupan seseorang, mulai dari nama orang hingga fakta-fakta dalam pekerjaan ataupun pelajaran. Berikut ini strategi agar cepat bisa menghafal.

Tertarik pada apa yang dipelajari.
Kebanyakan orang akan lebih baik dalam mengingat sesuatu yang ada kepentingan dengan dirinya. Sebagai contoh, beberapa orang memiliki waktu yang lama untuk mengingat nama-nama orang-orang yang dianggap tidak menarik. Jika anda secara intrinsik tidak tertarik pada apa yang anda pelajari atau sesuatu yang coba diingat, maka anda harus menemukan cara untuk menyukai atau tertarik pada hal tersebut agar tips cepat bisa menghafal bisa efektif.

Menemukan cara untuk memanfaatkan visualisasi memori.
Anda akan terkejut dengan berapa banyak lagi orang yang memungkinkan akan anda ingat. Sebagai contoh, bayangkan anda berada di sebuah pesta dan diperkenalkan kepada lima orang dengan cepat. Lalu bagaimana anda bisa dengan cepat mengingat nama-nama mereka? Anda bisa memilih karakteristik visual tunggal dari setiap orang, kemudian menghubungkannya ke sebuah gambaran visual dari nama mereka, sebaiknya dengan berupa tindakan.

Misalnya, anda dapat mengingat nama Mike yang memiliki telinga besar dengan menciptakan sebuah gambaran dari mikrofon (mike) yang sedang membersihkan telinga besar dan kotor. Hal ini memang membutuhkan usaha, tetapi jika anda berlatih, maka anda akan terkejut dengan kecepatan anda untuk menciptakan kreativitas dalam menghasilkan gambar-gambar tersebut.

Contoh lainnya adalah seberapa sering anda lupa menaruh kunci, kacamata atau dompet anda? Pada waktu yang akan datang ketika anda meletakkan suatu barang pada suatu tempat, kemudian berhenti sejenak untuk melihat dimana anda meletakkannya. Jika anda memvisualisasikan dengan cukup detail, anda tidak akan lupa dimana anda menempatkannya. Ingat, jika memori didominasi oleh visualisasi.
Strategi agar cepat bisa menghafal
Membuat pohon memori.
Jika anda mencoba untuk menghafal fakta-fakta dalam jumlah besar, dan sedang mencari cara untuk menghubungkannya dalam pikiran anda, maka membuat visual dengan pohon memori bisa menjadi solusinya.

Buat sebuah pohon besar dengan cabang pertama, kemudian daunnya. Cabang-cabang dan daun harus membawa label yang secara pribadi bermakna kepada anda dalam beberapa cara, dan pengorganisasian fakta-fakta (daun) harus logis. Hal ini telah diakui dengan baik sejak tahun 1950an. Sebagai contoh, lebih mudah untuk diingat 467890 sebagai 467 dan 890 daripada sebagai enam digit berbeda.

Mengaitkan apa yang anda coba pelajari dengan apa sudah anda ketahui.
Seperti koneksi mental yang anda miliki pada sebuah informasi, semakin sukses anda akan mengingatnya. Inilah sebabnya mengapa menggunakan hapalan benar-benar meningkatkan kemampuan ingatan.

Menulis item yang dipelajari untuk menghafalnya secara berulang-ulang.
Diantara banyak hal, mungkin bagaimana anda belajar nama bakteri, apa yang menyebabkan infeksi, dan antibiotik apa yang diperlakukan menjadi hal yang cukup rumit. Anda bisa menulis semua fakta pada daftar yang meningkatkan anda, serta ingat bahwa anda membuat diri anda belajar dari daftar secara aktif bukan pasif. Dengan kata lain, anda tidak hanya menyalin daftar fakta-fakta yang sedang coba dipelajari tapi secara aktif mengingat setiap item yang ingin anda pelajari dan kemudian menuliskannya berulang-ulang.

Dengan melakukan hal ini, pada dasarnya anda sedang mengajarkan diri sendiri tentang apa yang anda coba pelajari, dan hal ini merupakan cara terbaik untuk memastikan anda mengetahui sesuatu kemudian mengajarkannya. Metode ini memiliki manfaat tambahan karena segera bisa menunjukkan dengan tepat fakta-fakta yang belum berhasil masuk ke memori jangka panjang, sehingga anda akan lebih memfokuskan perhatian untuk belajar daripada membuang-buang waktu untuk memperkuat fakta yang sudah anda ketahui.

Terakhir, sebuah studi menunjukan bahwa tidak berpengaruh seberapa sering anda mengingat pelajaran, tetapi kapan waktu anda untuk mengingat pelajaran adalah hal yang sangat berpengaruh, dan waktu terbaiknya adalah sore hari. Serta tidur cukup untuk memperkuat dan mempertahankan memori pada fakta atau pelajaran agar cepat bisa menghafal.

Cari tahu juga Tips cepat bisa bahasa Inggris

Demikianlah informasi mengenai strategi agar cepat bisa menghafal yang mungkin bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat

0 Response to "Strategi agar cepat bisa menghafal"

Posting Komentar