Tips Menciptakan Dapur Sehat Bergaya Minimalis Modern

Dapur sehat didambakan oleh setiap keluarga yang menginginkan kesempurnaan dalam menempati rumahnya. Pengaturan ruang dapur yang baik, juga dapat berpengaruh terhadap kenyamanan rumah secara keseluruhan.

Agak berat memang untuk menghilangkan kesan berantakan, kotor, dan tak rapi pada sebuah dapur. Ada semacam alasan pembenaran yang menyatakan bahwa merupakan hal yang sangat wajar jika sebuah dapur nampak seperti itu. Namun kalau kita perhatikan model-model interior dapur masa kini, kebanyakan dirancang dalam konsep yang sangat minimalis, rapi, bersih, dan cenderung fleksibel.

Gaya Dapur Kontemporer Minimalis
Sebuah dapur bergaya minimalis bukan berarti dirancang dengan konsep yang cenderung dipaksakan. Justru dari keterbatasan ruangan itulah, sebuah dapur bisa difungsikan secara optimal, baik dari segi perabotan, tata letak, hingga faktor desain.

Gaya kontemporer minimalis sangat sering direkomendasikan, khususnya yang tak ingin direpotkan oleh ukuran ruangan yang terlalu luas atau banyaknya perabotan yang menumpuk. Gaya desainnya pun bisa disesuaikan pada tema utama rumah yang ditinggali. Bahkan, model yang dibuat tak harus menyesuaikan pada gaya ruang di rumah terkait karena bisa dikembangkan sebagai desain interior terpisah.

Yang diutamakan adalah sebuah ruangan dapur dengan fungsi yang sangat praktis dan terjamin kesehatannya. Ada sejumlah karakteristik dari dapur kontemporer minimalis bergaya sehat yang bisa diuraikan sebagai berikut:

Perabotan Fungsional
Pilihan perabotan sangat menentukan kualitas interior. Apalagi jika luas dapurnya cenderung kecil dan harus benar-benar diatur supaya tak semakin sesak. Bandingkan saja dengan contoh-contoh populer dari dapur kontemporer bergaya minimalis. Rata-rata tak dipenuhi oleh banyak perabotan dan justru cuma terdiri dari sejumlah elemen yang memang selalu digunakan untuk beraktivitas dalam ruang dapur.

Anda bisa meniru dan mengembangkan konsep itu supaya dapur yang Anda miliki tidak terlalu padat dan menimbulkan ketidaknyamanan. Ruangan kecil yang terlalu penuh barang hanya akan memicu suhu tak stabil, kurang nyaman dan berpotensi menimbulkan penyakit.

Penempatan Strategis dan Efektif
Masih mengenai urusan perabotan dan barang-barang yang akan digunakan. Prinsip meletakkan perabotan haruslah sesuai dengan kenyamanan pemilik dapur. Jangan asal menempatkan barang apalagi jika posisinya mempersempit ruang gerak.

Anda perlu menata peralatan masak dan menempatkan perabotan sesuai dengan kebiasaan beraktivitas selama memasak di dapur. Misalnya kulkas yang tak terlalu jauh, rak piring yang berdekatan dengan meja makan, dan sebagainya. Usahakan supaya Anda bisa menjangkau barang yang Anda butuhkan tanpa harus banyak bergerak atau menyenggol benda-benda lain.

Proporsional
Maksudnya adalah kesesuaian setiap elemen dalam dapur minimalis. Hal ini berarti bahwa setiap barang atau perabotan diatur dengan volume yang berimbang dan tidak menyalahi konsep tata ruang. Pertimbangan ini bukan sekadar berdasarkan kebutuhan estetis, namun juga kenyamanan bagi setiap orang yang berada di dalamnya. Tentunya, saat memasak menginginkan suasana yang nyaman dan ideal, terutama dari keadaan ruang yang ditempati.

Proporsi yang tepat dari sebuah ruangan akan berbeda-beda. Tergantung dari luasnya ukuran yang ditempati oleh perabotan-perabotan dapur. Untuk membuatnya lebih mudah, terapkan konsep yang menggunakan skala berdasarkan contoh. Misalnya perhitungan pada jarak antara meja dan kulkas, kompor, serta perabotan-perabotan lainnya. Cara yang bisa memudahkan bisa dengan menggambar sketsanya terlebih dahulu sebelum mengimplementasikan desain baru.

Tips Menciptakan Dapur Sehat Bergaya Minimalis Modern

Pencahayaan
Sistem pencahayaan yang dimaksud bukanlah lampu atau penerangan buatan. Sebisa mungkin hindari pemakaian lampu di siang hari atau selama dua puluh empat jam di dapur. Justru kita harus mampu mengatur sebuah sistem yang efisien sehingga tak akan memboroskan energi. Selain itu, cahaya alami (sinar matahari) yang masuk ke dalam sebuah ruangan akan sangat bermanfaat. Tak hanya menjaga suhu ruangan, juga berdampak positif bagi kesehatan.

Cobalah untuk merombak ruangan dapur menjadi lebih efisien tanpa harus mengubah hal-hal esensial di dalamnya. Jika menginginkan sebuah dapur modern dengan tata letak yang menyehatkan, faktor pencahayaan wajib dipersiapkan sebaik-baiknya.

Anda dapat mengatur pencahayaan di dapur dengan menambahkan beberapa lampu bila perlu, untuk meningkatkan kenyamanan dan tampilan elegan di dapur Anda.

Sirkulasi Udara
Masih berkaitan dengan sistem pencahayaan alami di dapur. Kalau sudah memenuhi standar pencahayaan ideal, prioritas berikutnya adalah sirkulasi udara ideal. Ruangan dapur harus memiliki ventilasi yang akan menjadi celah-celah pergantian udara dan menghindari risiko kelembaban. Apalagi aktivitas memasak seringkali menimbulkan asap atau aroma tertentu yang akan berpengaruh buruk jika hanya menumpuk dalam sebuah ruangan.

Demi menjaga kenyamanan dan kesehatan pernapasan, jangan menempatkan kompor pada sudut yang terlalu sempit dan tak ada ruang sirkulasi. Jika memang harus mengubah konsep lama pada dapur, lakukanlah demi tujuan kesehatan. Kebiasaan beraktivitas dalam ruang dapur yang terlalu sempit dan pengap bisa memicu gangguan pernapasan.

Bagi yang ingin melakukan eksplorasi tambahan untuk menciptakan dapur bergaya minimalis, boleh dicoba gagasan-gagasan alternatif seperti penambahan dekorasi atau aksesoris. Namun sekiranya tambahan-tambahan semacam itu tak relevan, lebih baik pertahankan gaya standar dari interior tersebut.

Di era serba canggih dan modern ini, Rasanya tidak akan sulit mencari referensi desain dapur yang sesuai keinginan. Untuk lebih lengkapnya bisa dengan menggali beragam rujukan terbaru untuk menciptakan dapur sehat. Seperti browsing di internet untuk mendapatkan desain dapur yang sesuai dengan kondisi dapur dan selera Anda.

Demikianlah informasi mengenai dapur yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Please Share "Tips Menciptakan Dapur Sehat Bergaya Minimalis Modern" ini, biar makin banyak yang tahu :)

Loading...

0 Response to "Tips Menciptakan Dapur Sehat Bergaya Minimalis Modern"

Post a Comment

Leave a Comment