Mudahnya Belanja Online TAPI

Maraknya toko online dewasa ini membuat kita semakin mudah untuk berbelanja barang apa saja tanpa harus keluar rumah. Secara, belanja online memang tampak lebih efisien dibanding harus bersusah-payah pergi ke toko offline untuk mencari barang tertentu yang belum tentu ketemu.

Cara belanja di toko online pun relatif mudah, Anda cepat bisa membeli barang yang diinginkan hanya dengan mengakses website toko online langganan, pilih barang dan transfer dana sesuai invoice yang diberikan.

Tapi anda masih perlu keluar rumah untuk mentransfer lewat ATM, untuk hal ini bisa diatasi jika Anda menggunakan fasilitas e-banking atau toko online langganan anda mendukung pembayaran menggunakan e-payment seperti paypal atau sejenisnya.

Dengan adanya toko online pun dapat membantu kita untuk mencari barang yang mungkin tidak tersedia di kota tempat kita berada. Dengan adanya toko online hal ini sangat membantu sekali, asalkan area tempat tinggal kita terjangkau oleh jasa ekspedisi maka barang yang kita butuhkan dapat di peroleh dengan berbelanja online yang lebih praktis dan mudah.

Saat ini telah banyak website yang berkecimpung dalam segmen online shop. dari yang bersifat penyedia lapak, yang mana berfungsi memfasilitasi penjual yang ingin meng-online-kan dagangannya.

Sampai ke toko online perorangan yang membuat website khusus jualan dan menampilkan katalog berbagai produk untuk memudahkan pelanggannya berbelanja, website seperti ini terkadang dimiliki oleh perorangan yang memang benar-benar memiliki toko offline.

Beberapa penjual online biasanya juga memiliki toko offline meskipun tidak sedikit juga yang tidak memiliki toko sebenarnya di dunia nyata.


Mudahnya Belanja Online TAPI

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum anda berbelanja secara online. Beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum berbelanja online adalah :

Reputasi Penjual
anda perlu memperhatikan benar reputasi sang penjual di toko online tersebut, bagaimana review atau penilaian pembeli yang sudah pernah berbelanja di toko tersebut jika belum ada review (testimoni) atau belum ada pembeli yang berbelanja di toko tersebut sebaiknya anda mempertimbangkan kembali untuk berbelanja di situ.

Bukan berarti yang belum ada testimoni perlu dihindari, karena mungkin saja ada pedagang baru yang baru buka lapak dengan niat ingin benar-benar jualan hanya saja belum ada penglaris.

Beberapa toko online menyediakan fitur rating yang biasanya bergambar bintang, fitur ini dapat membantu anda mengetahui reputasi penjual tersebut. Karena pemberian rating dilakukan pembeli sebelumnya yang merasa puas dengan layanan toko online tersebut.

Sistem Pembayaran
Selain itu bagaimana sistem pembayarannya. Beberapa toko online menyediakan rekening bersama untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penjual dan pembeli di toko online tersebut.

Prinsipnya, pembeli menstransfer sejumlah uang untuk membayar suatu barang namun uang tersebut belum disalurkan langsung ke pihak penjual sebelum barang yang dibeli sampai ketangan pembeli.

Di beberapa toko online atau tempat jual beli online, rekening bersama ini merupakan pihak ketiga yang memiliki reputasi cukup baik sehingga dapat dipercaya oleh penjual maupun pembeli. Namun beberapa website toko online menyediakan fasilitas rekening bersama untuk menjamin keamanan transaksi jual beli di websitenya..

Jadi ketika barang tidak terkirim ke pembeli dalam waktu yang ditentukan maka dana tersebut akan di kembalikan ke rekening pembeli. Rekening bersama ini terkadang menarik fee dari penggunanya tergantung kebijakan masing-masing website, tapi ada juga fasilitas rekening bersama gratis yang memang disediakan oleh toko online tersebut

Proses Pengiriman
Perhatikan juga pilihan kurir yang tersedia di online shop yang anda pakai. Pilihan kurir yang paling umum digunakan dan dapat menjangkau seluruh Indonesia adalah JNE dan POS Indonesia.

Beberapa online shop juga dapat melakukan pengiriman melalui jasa kurir lainnya seperti Pandu Logistik, Wahana, Tiki, atau jika memungkinkan anda juga dapat mengkomunikasikan jasa kurir yang ingin dipakai kepada penjual toko online untuk mendapatkan biaya ongkir lebih murah dan barang yang anda pesan cepat bisa sampai ke-tangan anda.

Jangan lupa pula meminta Nomor Resi (jika tersedia) kepada penjual jika barang yang anda pesan telah dikirim agar dapat di lacak keberadaannya.

Jika anda berbelanja online, salah satu pertimbangan lainnya adalah ongkos kirim (ongkir) yang harus dibayarkan untuk mengantarkan barang yang anda pesan kerumah.

Sebut saja anda membeli sebuah kalung unik seharga Rp.18.000 dengan berat 18gr, dengan menggunakan JNE sebagai kurir pengantarnya.

Biaya pengiriman di JNE dihitung per satu kilogram, jadi jika anda membeli kalung unik tersebut sebut saja dari sebuah toko online yang berdomisili di pulau Jawa dan anda berada di area luar Jawa, sebut saja Sulawesi atau di ujung Timur Indonesia yang ongkos kirimnya per kilogram bisa berkisar hingga Rp.44.000 untuk paket reguler.

Tentu biaya ongkir ini sangat tidak sebanding dengan harga kalung unik yang beratnya sangat jauh dari satu kilogram.

Mungkin anda perlu membeli dua atau tiga buah kalung unik agar menghemat ongkos kirim untuk memenuhi berat kuota satu kilogram tersebut.

Jadi berkomunikasilah dengan rekan sejawat anda, apakah ada dari mereka yang berniat membeli kalung atau aksesoris lainnya dari toko online yang sama, sehingga ongkos kirim bisa ditanggung bersama dan total biaya yang dikeluarkan bisa ditekan.

Baca juga Tips memilih busana kerja muslim untuk wanita

Atau Anda bisa membeli item lain yang dijual di toko online rujukan anda agar berat kiriman bisa mendekati 1Kg sehingga dapat meminimalisir kerugian ongkos kirim.

Biaya pengiriman ini mungkin menjadi salah satu kendala bagi penjual maupun pembeli online. Di satu sisi penjual sudah menekan harga jual barang tertentu agar semurah mungkin namun disisi lain ongkos pengiriman dari satu daerah ke daerah lain lumayan mahal sehingga total biaya yang harus dibayar oleh pembeli pun menjadi tinggi.

Kredibilitas Toko Online
Cek kembali kredibilitas toko online yang anda tuju. Anda bisa melihat keaslian sebuah toko online dan kredibilitasnya melalui website seperti polisionline.com atau website sejenis yang banyak beredar di dunia maya. Cari tahu alamat, nomor telepon, maupun data-data mengenai toko online tersebut apakah benar valid atau terkesan mengada-ngada.

Jangan terlalu tergiur dengan harga murah. Cek dan ricek kembali jika harga yang ditawarkan sangat jauh dibawah harga pasar, kemungkinan besar ada something di balik perahu. Harga murah terkadang cepat bisa membuat orang lupa daratan, jadi tetaplah berhati-hati dengan iming-iming yang terlalu fantastis.

Kendala lainnya saat berbelanja online adalah kita hanya dapat melihat gambar dari produk yang ditampilkan pada website toko online tersebut. Dan gambar barang tersebut belum tentu sesuai dengan kenyataanya.

Karena keterbatasan kamera yang digunakan saat mengambil gambar ataupun perbedaan presepsi antara warna yang ditampilkan. Warna biru bisa saja tampak ungu di layar yang berbeda.

Warna cerah bisa saja karena pengaruh pencahayaan saat pemotretan atau menjadi cerah karena seting pencahayaan di layar anda yang tinggi, hal ini akan mengakibatkan kesalah-pahaman antara penjual dan pembeli..

Jadi anda perlu menanyakan dengan jelas kepada penjual terkait barang yang akan anda beli. Jika anda ternyata ragu, sebaiknya urungkan niat membeli secara online dari pada kecewa nantinya.

Dengan berkomunikasi langsung dengan penjualnya anda pun dapat menilai respon penjual terhadap calon konsumennya, bagaimana karakter si penjual apakah dia menanggapi dengan ramah atau malah sebaliknya, maka anda pun dapat mempertimbangkan apakah akan membeli di toko online tersebut atau melirik toko sebelah.

Meskipun banyak toko online dengan berbagai macam ragam jualannya, anda tetap perlu berhati-hati. Perhatikan benar, cek dan ricek kembali sebelum anda bertransaksi di toko online yang menyediakan barang yang anda butuhkan.

Kalau perlu, cari informasi di google mengenai toko online tersebut, karena mungkin saja ada yang mereview toko online tersebut berdasarkan pengalaman mereka.

Telusuri semua toko yang menyediakan barang yang anda cari. Inilah salah satu kelebihan toko online, anda tidak perlu capek-capek berkeliling untuk mencari, melihat-lihat dan membandingkan toko yang satu dengan yang lain. Anda hanya perlu klik sana-sini membaca review atau testimoni untuk pertimbangan.

Bayangkan jika anda browsing di mall, berapa lantai yang harus anda tempuh untuk membandingkan toko satu dan lainnya.

Berapa jarak yang ditempuh untuk menyusuri tiap lantai mall. Atau mengelilingi pasar untuk mencari harga termurah dari barang yang anda cari. Belum lagi rute jalan yang harus dilalui merupakan jalan padat dan sering macet. Bagaimana pendapat anda?

Demikian cerita singkat mengenai mudahnya belanja online Tapi .... "ada tips belanja online yang mungkin bisa dijadikan referensi."
Semoga bermanfaat.

Click to comment