8 Tips Belanja Online

Berbelanja online memang menyenangkan, dengan teknologi yang semakin canggih sekarang ini, apapun bisa didapatkan hanya dari dalam rumah.

Toko online menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan berbagai barang kebutuhan tanpa harus keliling dari satu tempat ke tempat lain.

Tapi sebelum anda memutuskan berbelanja online berikut tips belanja online yang perlu diperhatikan agar aktiftas berbelanja anda aman dan nyaman.

1. Berbelanja di Toko online terkenal
Pilihlah situs toko online yang sudah memiliki reputasi baik dan cukup terkenal. Meskipun kata terkenal tidak menjamin transaksi selalu berjalan lancar karena bisa saja terjadi kendala ataupun miskomunikasi saat proses transaksi dan pada proses pengiriman.

Tapi paling tidak dengan memilih situs toko online yang sudah terkenal, kita dapat mengetahui reputasi toko online yang bersangkutan dari sekian banyak netizen yang mungkin akan berbagi pengalaman berbelanja di situs tersebut melalui berbagai media sosial dan media berbagi lainnya. pilih toko online yang sudah terkenal dan bereputasi baik akan lebih baik.


2. Perhatikan URL situs apakah telah dilengkapi HTTPS
Salah satu jaminan pengaman sebuah situs yang mewajibkan pengisian data pribadi seperti kartu kredit adalah fitur HTTPS. Berbeda dengan HTTP (tanpa “S”), proses transfer data melalui jaringan yang dilindungi HTTPS telah di enkripsi terlebih dahulu sehingga tidak mudah “diintip” oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


3. Lindungi komputer/laptop dengan antivirus
Keberadaan antivirus yang selalu update dapat membantu mengenali program jahat yang mungkin terdapat dalam sebuah situs toko online abal-abal.

Pencurian data pribadi dapat dilakukan lewat malware yang disisipkan melalui link yang dikirimkan ke email dan jika diklik akan otomatis menginstal program di komputer yang dapat merekam aktifitas anda saat belanja online.

Tips belanja online

4. Jangan belanja online menggunakan komputer umum
Sebaiknya hindari belanja online melalui komputer umum seperti di warnet atau komputer di kampus.

Data pribadi seperti nomor rekening atau data kartu kredit dapat tersimpan di chache komputer yang dapat dilihat siapa saja yang memiliki pengetahuan sedikit tentang komputer dan jaringannya


5. Baca baik-baik kebijakan situs
Baca TOS, FAQ, dan prosedur komplain jika kemungkinan terjadi transaksi yang tidak sesuai perjanjian.

Cari tahu informasi mengenai garansi barang, kurir apa saja yang digunakan, kemudahan menghubungi bagian admin situs, Costumer Service, atau semacamnya.


6. Perhatikan deskripsi produk yang akan dibeli
Baca baik-baik deskripsi produk yang disajikan menjadi Tips belanja online selanjutnya. jangan langsung tergiur dengan harga yang murah. Sempatkan untuk melakukan crosscheck harga dengan toko online yang kredibel lainnya atau bila perlu dengan harga di outlet-outlet offline.

Cari tahu juga review atau testimoni dari konsumen yang sudah pernah membeli barang tersebut dan bagaimana tanggapan mereka.

Jadikan testinomi sebagai salah satu bahan petimbangan untuk menentukan apakah akan membeli atau tidak. Namun tetap perlu berhati-hati karena testimoni bisa di manipulasi.


7. Pertimbangkan pilihan cara pembayaran
Salah satu kelebihan belanja online adalah pilihan metode pembayaran yang beragam. Dari mulai pembayaran dengan transfer bank, kartu kredit, paypal, bahkan beberapa toko online sudah menerima bitcoin sebagai sarana pembayarannya.

Namun semakin maraknya pencurian data kartu kredit, perlu EXTRA hati-hati jika memilih metode pembayaran dengan kartu kredit.

Jika anda memilih transfer Bank, perhatikan rekening bank yang menjadi tujuan transfer. Bank-bank besar seperti BCA, Mandiri dan Danamon biasanya lebih selektif dalam menerima nasabah baru sehingga bisa menjadi pertimbangan saat memilih toko online yang dapat dipercaya.

Jika tersedia, gunakan fasilitas rekening bersama atau escrow untuk sistem pembayaran. Dengan sistem ini, pembayaran yang anda lakukan tidak langsung diterima oleh penjual sebelum barang yang anda beli sampai ketangan anda.

Jika barang tidak dikirim atau tidak sesuai dengan yang ditampilkan maka anda dapat mengajukan komplain dan dana anda dapat dikembalikan.

FJB kaskus dan Tokopedia menyediakan fasilitas rekening bersama/escrow untuk memberi kenyamanan bertransaksi bagi anda yang ingin berbelanja online.


8. Simpan baik-baik bukti transaksi
Selalu simpan bukti transaksi, setidaknya sampai barang yang anda pesan sampai ke-tangan anda sesuai harapan. Bukti transfer baik melalui ATM maupun E-banking dapat membantu proses komplain jika terjadi kendala dalam transaksi.


Demikan 8 Tips Belanja Online, semoga dapat dijadikan referensi bagi anda yang ingin bernelanja online. Selalu berhati-hati setiap melakukan transaksi online agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Tips Belanja Online"

Posting Komentar