Asyiknya Jalan-jalan naik kereta bersama si kecil

Kereta merupakan salah satu transportasi darat yang dapat diandalkan untuk mencapai tempat tujuan dengan cepat.

Di beberapa kota besar, kereta menjadi moda transportasi yang diharapkan mampu mengurangi kemacetan.

Anak-anak sangat mengenal dengan baik moda transportasi yang satu ini melalui lagu Naik Kereta Api yang sering diperdengarkan ataupun dinyanyikan saat sekolah.

Permainan android yang bertemakan kereta pun cukup banyak pilihannya ditambah lagi tayangan kartun maupun video tentang kereta yang dapat di temukan di youtube membuat moda transportasi yang satu ini semakin familiar di kehidupan anak-anak.

Untuk lebih mengenalkan lebih dekat kereta pada anak adalah dengan mengajaknya jalan-jalan naik kereta untuk mengalami dan merasakan langsung menaiki kereta.

Untuk sekedar mencoba merasakan dan memberi pengalaman naik kereta kepada anak, beberapa komuter atau kereta jarak dekat dapat di manfaatkan, karena selain harganya murah juga memungkinkan untuk melakukan perjalanan langsung Pergi-Pulang tanpa harus berlama-lama di stasiun tujuan.

Mengenalkan kereta pada anak

Salah satu Trip yang dapat diikuti adalah kereta KRD Surabaya-Sidoarjo yang beberapa waktu lalu kami tumpangi untuk mengenalkan dan memberi pengalaman kepada anak bagaimana rasanya naik kereta.

Kereta ini berangkat dari stasiun Surabaya Gubeng pukul 16.04wib dan tiba di sidoarjo pukul 16.45. kemudian untuk kembali Surabaya ada jadwal kereta KRD yang berangkat Pukul 17.20Wib dan sampai di stasiun Surabaya-Gubeng jam 18.01Wib. Jadi setelah sampai Sidoarjo bisa langsung balik tanpa perlu menunggu lama. Tentu jika anda tidak berencana jalan-jalan di Sidoarjo, jadwal kereta ini bisa dijadikan referensi.

Awalnya kami berencana naik kereta komuter Surabaya-Porong melalui stasiun Gubeng yang berangkat jam 13.25wib namun sayang kami terlambat tiba di stasiun Gubeng sehingga harus ketinggalan kereta. Tak ingin si kecil kecewa, kami menanyakan ke bagian informasi kira-kira kereta apa yang memungkinkan di tumpangi dengan jarak relatif dekat dan dapat langsung Pulang-pergi.

Berdasarkan informasi dari CS stasiun Gubeng yang sangat Ramah, kami pun di sarankan naik kereta KRD tujuan Sidoarjo yang berangkat pukul 16.08wib 16-45wib, kemudian kembali dengan kereta KRD Sidoarjo-Surabaya yang berangkat Pukul 17.20wib. jadi hanya selisih sekitar 30menit setelah tiba di sidoarjo dan balik ke surabaya.

Meskipun sedikit ragu, kami pun membeli tiket perjalanan kereta dari stasiun Gubeng-Sidoarjo pulang-pergi. Tarifnya pun cukup murah hanya Rp.6000 per orang. Yang membuat kami khawatir adalah selisih waktu antara kedatangan kereta di Sidoarjo dan keberangkatan Kereta dari Sidoarjo ke Surabaya yang hanya selisih 30 menit.

Mengenalkan kereta pada anak,harga tiket kereta,

Bagaimana jika ternyata kereta yang kami tumpangi dari Gubeng-Sidoarjo terlambat sampai dan kami ketinggalan kereta untuk pulang dari Sidoarjo ke Surabaya maka kami berpotensi “mbambung” di stasiun untuk menunggu kereta selanjutnya yang kebetulan belum diketahui jadwal keberangkatannya. Itupun kalau ada, kalau tidak ada, bisa-bisa kami pulang ke stasiun Gubeng (karena motor parkir di st.Gubeng) menggunakan moda transportasi lain (lyn, Bis, taksi atau lainnya).

Setelah sampai di stasiun Sidoarjo (jam 17.00wib) kami pun turun dari kereta dan ternyata menurut keterangan dari kondektur, bahwa kereta yang akan digunakan mengantarkan penumpang dari Sidoarjo ke Surabaya adalah kereta yang sama. Jadi kami turun sejenak ke Stasiun Sidoarjo sambil menunggu lokomotif di lansir. Tidak perlu menunggu lama kereta pun siap berangkat dan kami pun melanjutkan perjalanan pulang ke Surabaya.

Kondisi kereta cukup sepi, mungkin karena kami melakukan perjalanan pada hari biasa. Hanya ada beberapa penumpang saja di dalam kereta, baik dari Surabaya-Sidoarjo maupun perjalanan sebaliknya, Berasa naik kereta pribadi, Asyiknya.

Kondisi kereta pun cukup baik, bersih dan nyaman, tidak ada pengamen maupun pedagang asongan berkeliaran. Kondisi ini tentu sangat nyaman bagi si kecil sehingga dapat menikmati dan menjadi pengalaman yang menyenangkan sepanjang perjalanan naik kereta.

Mengenalkan kereta pada anak

Baca Juga: Jalan-jalan ke kebun binatang Surabaya di hari biasa

Sebenarnya bisa saja anda membeli tiket sekali jalan, karena kereta ini berhenti di beberapa stasiun seperti Wonokromo, Waru, Gedangan, kemudian Sidoarjo.

Jika anda membeli tiket sekali jalan, anda dapat turun di stasiun Waru dan kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum Lyn atau Bis. Jika kendaraan anda kebetulan parkir di Stasiun Gubeng, berarti anda perlu mencari angkutan umum yang melewati stasiun Gubeng.

Demikian sedikit sharing cerita pengalaman saat jalan-jalan naik kereta KRD Surabaya-Sidoarjo Pergi-pulang langsung dengan kereta yang sama.

Jika anda berencana mengajak si kecil jalan-jalan naik kereta sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jadwal kereta yang mungkin bisa ditumpangi dengan rentang waktu yang sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Click to comment