Langsung ke konten utama

Inilah Beberapa cara pengolahan makanan yang perlu anda ketahui

Saat ini kita bisa melihat aneka ragam jenis masakan dengan cita rasa yang berbeda-beda di lingkungan sekitar kita. Terkadang membuat sedikit penasaran bagaimana cara pengolahan beragam masakan tersebut.

Berbagai proses memasak bahan masakan yang berbeda-beda tentu tergantung jenis dan bahan olahan serta tipe menu masakan yang ingin dijadikan sajian.

Berikut beberapa proses pengolahan masakan untuk mematangkannya.

1. Di rebus
Ada sejumlah bahan makanan yang cara memasaknya adalah dengan di rebus. Bahan makanan yang direbus ini disebut-sebut dapat menurunkan kadar kalori dan rendah lemak.

Selain bahan masakan untuk hidangan, beberapa jenis cemilan juga di proses dengan cara direbus.

Beberapa contohnya adalah kacang rebus, pisang rebus, ubi rebus atau jagung rebus. Menu camilan yang diolah dengan cara direbus ini sangat cocok untuk dijadikan menu cemilan santai bareng keluarga atau saudara.

di rebus

2. Di bakar/dipanggang
Cara selanjutnya untuk mengolah bahan makanan adalah dengan cara di bakar. Sate salah satu contohnya. Meskipun sejatinya proses nya tidak benar-benar dibakar, karena proses pengolahan Sate di panggang diatas bara api yang biasanya harus terus di kipasi agar api arang dari kayu yang dibakar tidak sampai menyala.

Proses ini termasuk yang paling sederhana karena tidak banyak membutuhkan alat dan perabot masak yang macam-macam. Hanya saja prosesnya membutuhkan perhatian setidaknya untuk menjaga agar apinya tidak menyala tapi bara api tidak mati.

Jagung juga biasa diolah dengan cara di bakar/dipanggang. Camilan jenis ini biasanya menjadi favorit para wisatawan yang senang mendaki pegunungan. Selain karena mudah, api unggun yang digunakan untuk menghangatkan badan bisa digunakan untuk membuat camilan dengan pengolahan dipanggang.

di panggang

3. Di kukus
Proses memasak bahan makanan selanjutnya adalah dengan cara dikukus. Mengukus makanan memiliki sejumlah manfaat, di antaranya adalah menjaga kandungan nutrisi pada makanan serta menjaga tekstur, rasa dan aroma makanan.

Jika pada proses perebusan, bahan makanan di rendam langsung dalam air dan dimasak hingga mendidih. Pada proses mengukus, bahan makanan diletakan diatas wadah yang tidak tersentuh langsung dengan air.

Jadi pada proses pengukusan hanya memanfaatkan uap air yang ada didasar panci untuk mematangkan bahan masakan.

Contohnya makanan yang diolah dengan cara di kukus  adalah Botok dan Pepes. Beberapa cemilan tradisional seperti nagasari juga melalui proses pematangannya dengan cara dikukus

di kukus

4. Di oven
Proses pengolahan dengan cara di Oven umumnya dilakukan untuk memasak aneka cemilan. Biasanya jenis makanan yang diolah dengan cara ini adalah beberapa jenis kue kering. Meskipun pengolahan menu masakan ayam panggang bisa juga dilakukan dalam oven tapi masih jarang dilakukan para ibu rumah tangga pada umumnya.

Peralatan untuk mematangkan masakan dengan oven ada berbagai macam. Oven tradisional yang menggunakan kompor masih sering ditemui meskipun telah banyak beraneka oven canggih yang menggunakan daya listrik dengan berbagai fitur yang dapat membantu proses memasak, salah satunya adalah timer yang dapat memberi kemudahan terkait waktu pematangan agar tidak gosong.

Produsen yang memiliki spesialisasi membuat kue biasanya menggunakan oven elektrik untuk menjaga tingkat kematangan kue buatannya tetap merata.

oven

5. Di goreng minyak
Cara memasak bahan makanan dengan cara menggoreng tentunya sudah familiar dan sangat umum dijumpai. Teknik pengolahan masakan dengan menggoreng juga yang paling sering digunakan mayoritas orang karena kepraktisannya.

Meski demikian, di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi bahan makanan yang diolah dengan cara ini secara berlebihan karena kurang baik bagi kesehatan, apalagi jika minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak yang sudah berulang kali dipakai (jelantah).

di goreng minyak

6. Di goreng pasir
Kerupuk pasir atau biasa dikenal dengan nama kerupuk upil adalah salah satu contoh olahan makanan yang dihasilkan dari proses memasak dengan cara ini. Pasir yang digunakan biasanya pasir laut atau pasir sungai yang sudah dibersihkan dan dijemur sehingga terbebas dari berbagai kotoran.

Biasanya proses menggorengnya menggunakan penggorengan berbahan tanah liat. Menggoreng dengan pasir tentu lebih sehat karena tidak menggunakan minyak, hanya saja tidak semua bahan makanan bisa di masak dengan cara ini. Yang paling sering digoreng dengan cara ini adalah kerupuk upil atau kacang kulit.

Meskipun namanya kurang menjual tapi Krupuk upil  ini tidak meningkatkan kolesterol dalam darah sehingga aman untuk kesehatan anda.

Rasanya pun juga enak, apalagi jika ditambahkan dengan bumbu petis, bumbu kacang atau saus.

Proses menggoreng yang sangat tradisional dan mungkin dianggap kuno, namun cara ini lebih sehat karena semua peralatan yang dipakai dari bahan alami.
di goreng pasir
http://ketepelkukuk.blogspot.co.id
Nah, itu dia diatas beberapa proses memasak bahan masakan hingga siap dihidangkan. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi dan menambah wawasan khususnya bagi anda yang baru belajar memasak. semoga bermanfaat.

Komentar

Loading...

Popular Posts

cara cepat bisa naik motor matic

Motor matic sudah menjadi produk unggulan ATPM di Indonesia. Mungkin karena pasar untuk motor matic sangat luas karena bisa digunakan mulai dari remaja, ibu-ibu, bahkan para Bapak-bapak pun dapat menjadi pengguna motor matic.

Untuk bisa naik motor matic sebenarnya mudah. Naik motor matik disini bukan berarti membonceng dengan kawan yang mengendarai motor matic maka anda telah berhasil dengan cepat bisa naik motor matic. Tapi maksud sebenarnya adalah tentang cara cepat bisa naik (mengendarai) motor matik dimana anda sebagai jokinya.

Sebenarnya untuk cepat bisa mengendarai motor matic tidak sesulit mengendarai motor bebek (dengan perseneling) atau belajar motor sport dengan kopling manual.

Pada dasarnya mengendarai motor matic ataupun motor jenis lainnya diperlukan keseimbangan yang baik, dan ini tidak akan menjadi masalah jika anda telah bisa mengendarai sepeda sebelumnya.

Jika anda telah menguasai cara mengendarai sepeda onthel dengan baik, maka seharusnya anda tidak akan mengalami ke…

Cara cepat bisa mengendarai motor kopling manual

Mengendarai motor berkopling manual memiliki sensasi berbeda dibanding motor berkopling otomatis.

Motor-motor yang telah dilengkapi kopling manual sebagian besar di dominasi oleh motor sport mekipun sekarang telah banyak motor jenis underbond (bebek) yang mengadopsi sistem kopling manual.

Bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor yang bersistem kopling manual. Anda dapat menyimak informasi berikut ini sebagai referensi.

Untuk cepat bisa mengendarai motor kopling manual sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu bagian-bagian penting dan sistem kerja motor kopling.

Tuas kopling pada sisi kiri stang kemudi berfungsi memutus daya motor keroda, jadi saat tuas kopling ini ditarik dan gigi transmisi pada posisi satu (masuk gigi) maka motor tidak akan bisa jalan meski gas di pelintir penuh.

Handel gas di stang bagian kanan berfungsi seperti motor pada umumnya, anda pasti sudah paham fungsinya.

Tuas Rem di kaki kanan, untuk rem belakang dan Tuas Rem stang sebelah kanan untuk rem depan. U…

Cara cepat bisa mengendarai motor bebek

Belajar mengendarai motor bebek lebih sulit dibanding belajar mengendarai motor matik karena dibutuhkan konsentrasi yang lebih, dalam sinkroniasasi mengatur bukaan gas dan saat yang tepat mengoper perseneling(gigi).

Tapi meskipun begitu bukan berarti belajar motor bebek menjadi mustahil, bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor bebek berikut tips dan trik yang bisa anda coba.

Nyalakan kendaraan menggunakan stater tangan jika ada atau menggunakan stater kaki jika terpaksa.

Stater kaki motor bebek cukup ringan untuk di selah khususnya pada motor keluaran honda, karena stater motor honda bebek memiliki teknologi yang memungkinkan stater kaki tidak berat saat di selah. jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan menyalakannya.

Stater kaki motor bebek keluaran yamaha dan suzuki pun tidak terlalu berat untuk di pancal kecuali mungkin motor bebek keluaran kawasaki yang agak berat stater kakinya.

Gunakan gigi 2 saat pertama jalan, karena kita tahu bersama akselerasi motor bebek lebih re…

Cara membuat Bakso Ayam

Bakso. Siapa yang tak mengenal makanan fenomenal ini. Bakso sudah lama menjadi menu jajanan masyarakat Indonesia.

Berbagai macam jenis bakso tersedia di pusat kuliner hampir di seluruh pelosok Indonesia. Mulai bakso ayam, bakso ikan, dan bakso daging.

Berbagai kreasi isian bakso pun banyak ditemukan, mulai bakso isi telur, bakso isi keju bakso isi buah dan masih banyak lagi.

Kali ini kitaakan coba resep cara bikin bakso dengan bahan dasar daging ayam. Bakso ayam putih telur ala rumahan.

Cara buat bakso ayam gampang banget tanpa pengawet atau pun borax. Tapi bakso ayam ini rasanya kenyal dan mantap banget.

Mari kita simak bersama, bagaimana cara membuat bakso ayam putih telur dan bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuatnya.

Bahan untuk membuat bakso ayam :

500gr daging ayam di potong - potong kecil lalu masukkan frezer sampai 1/2 beku
85gr tepung kanji
50gr tepung maizena
2butir putih telur dingin, jadi simpan dulu dikulkas
1/2 sdm garam atau sesuai selera
1/4 sdm gula …

Batagor kulit pangsit

Saat musim hujan seperti sekarang ini, hampir setiap hari diguyur hujan. kalau sudah begini pastilah enaknya menikmati makanan camilan bersama keluarga dirumah. Karena momen berkumpul bersama keluarga sambil menikmati camilan hangat pastilah sangat menyenangkan.

Setelah beberapa saat “membongkar” kulkas, saya temukan stock kulit pangsit. Akhirnya saya putuskan buat bikin batagor kulit pangsit versi DIY. Di pusat jajanan biasa disebut gorengan.

Resepnya saya dapat dari adaptasi kalau biasa saya bikin pempek hanya ada tambahan daging ayam dan sayur sayuran di batagor saya ini. Plus bumbu kacang yang nikmat atau biasa saya lebih suka dicocol dengan mayonaise.

Yuk.... , langsung saja kita memulai memasak batagor kulit pangsit.

Bahan biang :

2 sdm tepung terigu
100ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula
2 siung bawang putih dihaluskan
Merica secukupnya
Bahan penyedap (kalo suka)
3 sdm minyak goreng


Cara memasaknya:

Masukkan semua bahan kedalam panci lalu rebus sampai meletup letup, angkat lalu tambahkan minyak …