Tips ini membuat aktifitas mencuci piring terasa lebih ringan

Kegiatan mencuci piring setelah memasak atau acara makan bersama keluarga menjadi tugas berat namun tetap harus dilakukan.

Kita biasanya menghindari aktifitas ini, apalagi cucian menumpuk setelah acara makan malam menjadi sebuah tugas besar yang harus diselesaikan diantara rasa lelah dan kantuk yang mulai menghantui.

Tips berkut dapat anda terapkan untuk membuat aktifitas mencuci piring menjadi lebih ringan.

Rendam setelah pakai
Merendam alat masak dapat di lakukan untuk memudahkan proses mencuci peralatan masak.

Rendam dengan air peralatan masak seperti panci, wajan dan alat masak lainnya untuk menghindari lemak atau bahan makanan menempel dan mengering di dinding panci atau wajan yang akan menyulitkan proses mencuci nantinya.

Hal ini berlaku juga untuk alat makan yang digunakan sebagai wadah makanan berlemak atau yang sulit di cuci.

Efisiensi alat masak
Ketika memasak hindari menggunakan terlalu banyak peralatan masak seperti mangkuk, gelas, sendok, dll. Sebisa mungkin untuk menggunakan peralatan dapur se-efisien mungkin.

Bahan masakan seperti cabai, bawang putih, bawang merah tidak perlu diletakkan di wadah terpisah seperti acara masak di tivi-tivi karena bisa ditampung dalam satu wadah, karena biasanya bahan tersebut akan diolah bersamaan.

Kelompokan secara teratur
Jangan menumpuk semua piring kotor dan peralatan masak menjadi satu di bak cuci piring. Hal ini akan membuat dapur anda tampak penuh dan sesak dan akan membuat anda semakin frustasi untuk mulai membersihkannya.

Sebaiknya buat pengelompokan agar mudah nantinya dalam proses mencuci. Kumpulkan piring kotor di area sekitar bak pencuci piring dan pisahkan dari peralatan masak yang sekiranya susah di bersihkan.

cucian piring menumpuk

Mulai dari yang mudah
Mencuci mulai yang mudah terlebih dahulu. Piring dan gelas kaca dapat menjadi awal yang baik ketika memulai mencuci piring.

Alat dapur berbahan plastik atau melamin menyusul kemudian dan dilanjutkan dengan mencuci panci, wajan dan alat masak lainnya.

Maksimalkan resources yang ada
Jika acara makan malam anda melibatkan masakan berkuah yang menggunakan jeruk nipis sebagai penyedap rasa.

Jangan buang sisa irisan jeruk nipis karena dapat digunakan untuk membantu mencuci piring yang berlemak.

Ini dapat menghemat penggunaan sabun cuci piring dan dapat memaksimalkan penggunaan jeruk nipis, karena jeruk nipis cukup efektif untuk mengangkat kotoran berlemak.

Pakai alat kompetible
Gunakan busa cuci piring untuk peralatan dapur yang mudah dibersihkan. Gunakan bantuan serabut kawat atau sabut kelapa untuk membersihkan bagian bawah panci yang berjelaga hitam dan sulit untuk dibersihkan.

Serabut kawat atau sabut kelapa cukup kompetible untuk membantu mengangkat kotoran bawah panci yang gosong ataupun sisa makanan yang menempel di dalam panci maupun alat makan lain.

Tapi perlu hati-hati ketika menggunakan serabut kawat karena bisa saja menggores dinding panci.

Do it Now
Lakukan tugas mencuci piring sesegera mungkin, jangan tunda sampai besok. Karena besok anda harus menggunakan peralatan masak yang dipakai sekarang, dan jika anda harus mencuci piring sebelum memasak, maka hal tersebut akan tampak sangat melelahkan.

Call a friend
minta rekan, pasangan atau anggota keluarga lain untuk membantu pekerjaan mencuci piring, hal ini dapat menciptakan suasana harmonis dalam rumah sekaligus meringankan pekerjaan anda.

Bantuan terakhir bisa datang dari mesin cuci piring
Mesin cuci piring dapat membantu meringankan tugas mencuci piring setelah acara makan malam bersama.

Jika anda sering mengadakan acara perjamuan dirumah yang mengundang keluarga besar dan handai taulan, pengadaan mesin cuci piring dirumah mungkin perlu dipertimbangkan.

Meskipun tidak semua peralatan dapur dapat di cuci menggunakan mesin tapi setidaknya mesin ini dapat berguna disaat cucian piring menumpuk dan waktu sangat terbatas.

0 Response to "Tips ini membuat aktifitas mencuci piring terasa lebih ringan"

Posting Komentar