Cara men JADWAL waktu publish artikel blog

Membuat artikel untuk Blog biasanya tidak setiap hari bisa dilakukan, ada saja alasan yang membuat kegiatan menulis ini menjadi terbengkalai.

Namun ada juga saat-saat tertentu dimana mood menulis begitu menggelora sehingga cepat bisa menghasilkan beberapa judul tulisan dalam waktu singkat.

Untuk menyiasati kekosongan ide tulisan, sebagian Blogger menggunakan strategi posting terjadwal untuk menjaga ritme blognya agar terlihat update rutin dan tampak "hidup".

Jadi bagaimana cara menjadwalkan waktu publish artikel di blog khususnya untuk blog yang dibangun menggunakan CMS Blogspot.

Pertama tentu saja anda perlu membuat artikel yang ingin di publikasikan, setelah artikel jadi, lakukan beberapa pengaturan yang diperlukan seperti Label artikel dan Tautan Permanen / hiperlink-nya.

Kemudian pada pilihan menu Jadwal, pilih Setel tanggal dan Waktu, disini anda bisa mengatur Tanggal dan Jam sesuai jadwal publish yang diinginkan.

menjadwalkan waktu publish artikel blog

Perhatikan pada tulisan Zona Waktu dibawah kotak kalender, jika tertulis Pacific Daylight Time, maka ketika anda mengaturnya pada tanggal 1 April jam 23.11 misalnya, berarti postingan tersebut akan publish pada tanggal 2 April sekitar pukul 13.11 Waktu Indonesia Barat.


Menjadwal postingan pada blog yang kita miliki bisa menjaga ritme postingan blog tetap terjaga dan tidak ada kondisi dimana blog tiba-tiba vakum tanpa postingan dalam waktu yang lama.

Dengan begini, orang yang berlangganan melalui email tidak merasa kecewa karena blog yang diikuti ternyata update rutin secara berkala.

Selain itu memposting secara terjadwal juga bermanfaat untuk mendapatkan hasil terbaik dari sebuah postingan yang di publikasikan.

Misalnya Blog anda membahas tentang resep masakan, dari data statistik yang bisa dilihat pada halaman Google analytic bisa dilihat statistic kunjungan blog yang paling ramai.

Misalnya blog anda mendapat kunjungan paling ramai pada jam 09.00 WIB setiap harinya karena banyak yang mencari resep masakan untuk makan siang, nah saat inilah merupakan moment paling tepat untuk menpublikasikan artikel baru kedalam blog Anda.

Jika anda masih bingung membaca data statistik di Google analytic, anda bisa menggunakan rujukan yang umum digunakan banyak orang.

Misalnya, orang cenderung meluangkan waktu untuk browsing internet di saat-saat senggang, saat jam istirahat sekitar jam 12.00 hingga 13.30, atau sesaat setelah pulang kantor (jam 19.00-21.00), nah di waktu inilah anda bisa menjadwalkan untuk posting, sehingga postingan yang baru di publish cepat bisa mendapatkan respon dari pengunjung setia blog Anda, tapi ini tergantung topik bahasan di blog.

Dengan menjadwalkan waktu publish artikel di Blog, Anda bisa lebih santai mengelola blog yang dimiliki.

Semoga bermanfaat.

Loading...

0 Response to "Cara men JADWAL waktu publish artikel blog"

Posting Komentar