Mengatasi kompor LPG tidak bisa menyala

Penggunaan gas LPG sebagai bahan bakar untuk kompor merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk mengurangi penggunaan minyak tanah yang semakin sulit di dapat.

Meskipun begitu, ternyata keberadaan tabung gas LPG pun tidak selamanya mudah di dapatkan khususnya untuk ukuran 3 Kg atau biasa disebut tabung gas melon.

Di beberapa daerah sering di keluhkan kelangkaan tabung gas ukuran 3 KG hingga sangat sulit untuk di dapatkan.

Sekalinya ada, harganya bisa sampai 2 kali lipat dari harga normal. Tapi meskipun harganya tidak wajar, mau tidak mau tetap harus membelinya untuk bisa digunakan memasak dirumah.

Kendala lain pun muncul ketika tabung gas yang baru dibeli tidak bisa digunakan untuk menyalakan kompor gas yang ada di dapur.

Bayangkan rasanya, sudah beli mahal-mahal, nyarinya pun susah payah, begitu dipasang malah tidak bisa nyala padahal jarum indikator di regulator menunjukan posisi full.

Mau dikembalikan atau di tukar ke tempat pembelian belum tentu yang jual mau menggantinya, itu pun kalau masih ingat tempatnya atau tempatnya tidak terlalu jauh dari rumah.

Karena kadang kala tabung Gas LPG ini amat sangat langka sekali, sehingga harus berkeliling kota untuk menemukannya, berasa seperti nyari pokemon legend, begitu dapat pun harganya mematikan.

Kalau anda menemukan masalah kompor LPG tidak nyala padahal tabung masih baru, jangan terburu uring-uringan dulu, coba beberapa tips berikut;

1. Tunggu beberapa saat, mungkin gas dalam tabung belum naik ke selang dan belum mengalir dengan baik.

2. Jika setelah menunggu sekitar 30 menit kompor belum juga menyala, Goyang-goyangkan tabung gas tadi, entah kenapa cara ini terkadang berhasil mengatasi kompor gas yang tidak menyala.

3. Jika cara diatas pun belum berhasil, coba lepas kembali regulator dari tabung kemudian goyang-goyangkan atau pukul-pukulkan regulator ke telapak tangan dengan berbagai posisi (bawah, samping atau atas regulator).

Pada regulator tertentu ada semacam sistem pengaman kebocoran gas yang akan menutup saluran gas ketika terjadi indikasi kebocoran gas.

Fitur ini bisa saja aktif ketika proses memasang regulator ke tabung dilakukan, biasanya saat memasang regulator ke tabung ada sedikit tekanan gas yang keluar dari tabung dan mungkin saja mengaktifkan pengaman di regulator dan menutup saluran gas sehingga gas tidak dapat mengalir ke kompor.

4. Goyang atau ketuk-ketuk juga selang gas, siapa tau ada hal ajaib yang bisa membuat gas mengalir ke kompor.

5. Jika ternyata masih belum juga menyala, coba periksa selang mungkin saja ada yang retak, sobek dan bocor, Khususnya di area lekukan.

Berdasarkan pengalaman mengganti tabung gas LPG


Berdasarkan pengalaman mengganti tabung gas LPG, menggoyang-goyangkan tabung ketika kompor gas tidak menyala adalah salah satu yang sering berhasil. Tapi cara ini membutuhkan sedikit tenaga extra, mengingat tabung 3 kg lebih berat dari kelihatannya apa lagi harus menggoyangkannya.

Kemudian menggetok-getokan regulator ke telapak tangan juga memiliki tingkat keberhasilan tinggi untuk mengatasi kompor gas yang tidak dapat menyala setelah ganti tabung.

Pernah juga satu waktu ditemukan keretakan pada lekukan selang karena faktor umur, dan ini juga menjadi penyebab gagalnya kompor gas menyala setelah ganti tabung.

Jika jarak retakan dekat dengan ujung selang maka solusi daruratnya adalah dengan memotong selang, tapi tentu langkah ini untuk sementara dan sebaiknya segera ganti dengan yang baru jika selang memang sudah berumur.

Seandainya ada dana yang mencukupi dan Tarif Dasar Listrik masih bisa dijangkau oleh penghasilan bulanan, mungkin bisa di pertimbangkan untuk menggunakan kompor listrik yang saat ini mulai banyak pilihannya.

Kompor listrik tidak perlu repot mengganti atau mengisi bahan bakarnya, hanya saja perhitungan konsumsi dayanya langsung tergabung ke dalam tagihan listrik bulanan atau jumlah Voucher listrik yang harus disediakan.

Baca Juga : Perbandingan Kompor listrik dan LPG

Itulah beberapa cara yang bisa di tempuh untuk mengatasi Kompor Gas LPG yang tidak bisa menyala saat ganti tabung. Jika anda memiliki trik jitu lainnya, silahkan berbagi melalui kolom komentar. Terima kasih, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengatasi kompor LPG tidak bisa menyala"

Posting Komentar