7 Alasan kuat Kenapa HARUS Menabung

Beberapa kalangan mungkin sering bertanya tanya pada diri sendiri mengapa mereka merasa begitu banyak tekanan ketika harus menghemat uang.

Jika anda memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan, mengapa harus khawatir untuk selalu menyisihkan dari penghasilan setiap bulan untuk di tabung?

Ada banyak alasan untuk memulai menabung, setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda pula ketika melakukannya.

Memiliki alasan kuat sebagai landasan dasar untuk menabung membuat proses penghematan menjadi lebih mudah karena anda memiliki tujuan yang jelas mengapa harus menyisihkan uang setiap bulannya.

Berikut alasan yang bisa anda pertimbangkan ketika ingin mulai menabung.

1. Untuk Dana Darurat

Sangat penting untuk menyiapkan dana darurat untuk menutupi biaya tak terduga. Ini bisa mencakup perbaikan kendaraan yang tidak terduga atau kehilangan pekerjaan mendadak.

Idealnya, dana darurat yang tersimpan mampu bertahan untuk menyokong hidup anda sekitar tiga sampai enam bulan kedepan dan jika memungkinkan untuk 12 bulan kedepan hingga anda mendapatkan pekerjaan yang baru.


2. Simpanan untuk Dana Pensiun

Alasan lain ketika seseorang ingin menyimpan dan berhemat adalah untuk dana pensiun. Semakin cepat anda mulai menabung untuk dana pensiun maka semakin sedikit yang perlu anda tabung di masa yang akan datang

Saat masih muda dan fit anda bisa melakukan lebih banyak pekerjaan dan mengambil semua jatah lembur untuk meningkatkan simpanan dana pensiun dengan cepat tanpa mengabaikan kesehatan tentunya.

Anda juga bisa menginvestasikan beberapa dana yang tersimpan dalam bentuk investasi yang aman dan membiarkan uang anda bekerja untuk anda.

Setelah umur mulai tidak memungkinkan untuk bekerja lebih keras, maka anda mulai bisa menikmati jam kerja normal tanpa harus mengejar target dan mulai menabung secukupnya.

Dana pensiun dapat tersimpan dalam akun pribadi atau menitipkannya ke jasa asuransi yang menyediakan produk khusus dana pensiun dengan premi beragam.


3. Menabung untuk bayar Uang-muka pembelian rumah

Alasan ketiga kenapa orang ingin menabung adalah untuk membayar DP (Down Payment) rumah idaman.

Meskipun sudah ada program pemerintah yang mencanangkan DP 1% artinya hanya sekitar 1-2 juta untuk membeli rumah, tapi tidak semua daerah mendapatkan kesempatan tersebut.

Umumnya DP untuk memiliki rumah dalam kondisi normal adalah sekitar 15 juta dengan cicilan setiap bulan sekitar 800rb untuk rumah tipe 36.

Dana simpanan bisa membantu anda untuk membeli rumah impian walaupun cukup sederhana dan kecil tapi masih lebih baik dari pada harus tinggal di kawasan mertua indah.


4. Simpanan untuk liburan atau kesenangan lainnya

Alasan berikutnya mengapa orang menabung adalah untuk keperluan bersenang-senang atau urusan piknik. Sudah tau kan bahaya laten kurang piknik.

Anda bisa mulai menabung untuk mengikuti tur keliling Eropa atau Umroh bersama keluarga.

Atau alasan lainnya seperti untuk mendapatkan PlayStation 5 yang bisa jadi akan rilis bertepatan dengan tercukupinya dana simpanan anda untuk langsung menebusnya.

menabung


5. Menabung untuk kendaraan baru

Alasan berikutnya adalah untuk membeli kendaraan baru dengan cara tunai. Kendaraan baru tidak harus berarti kendaraan keluaran dealer, bisa jadi kendaraan second yang anda impikan sejak lama tapi baru saja bisa anda miliki.

Bisa jadi anda sekarang sedang mengendarai mio matik tanpa gigi tapi dalam lubuk hati anda yang paling dalam sebenarnya anda seorang petualang sejati dan ada rasa terpendam untuk menunggangi CBR 250 atau kawak Binter mercy produksi tahun 1983 atau motor antik Honda CB 200 kelahiran 1973.

Atau bahkan ingin mencapai cita-cita memiliki kendaraan roda empat buatan pabrikan ternama yang bengkel resminya tidak ada di Indonesia.

Untuk alasan seperti inilah salah satu motivasi kuat mengapa orang rela menabung.


6. Pendidikan

Alasan berikutnya adalah pendidikan. Tidak sedikit orang sekarang ini yang sangat concern dengan pendidikannya.

Jaman sekarang, gelar S1 saja sudah tidak memiliki bargaining power untuk dapat bersaing mendapatkan penghasilan yang memadai.

Kondisi ini bahkan sudah mulai terjadi sejak si Doel masih anak Sekolahan yang judulnya pun tidak serta merta diganti meskipun si Doel sudah jadi tukang sarjana.

Untuk itu, beberapa orang mulai menabung untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga bisa menciptakan nilai tawar yang lebih tinggi lagi ketika ingin melamar pada instansi atau perusahaan tertentu.


7. Menyiapkan dana perbaikan

Alasan kuat mengapa orang harus menabung selanjutnya adalah untuk dana perbaikan rumah atau penambahan bagian rumah ataupun peremajaan komponen kendaraan seperti untuk meremajakan motor Honda CB 200 yang baru dibeli tadi.

Memperbaiki rumah perlu biaya yang mencukupi seperti repainting tembok rumah, peremajaan plafon yang mulai lapuk atau menambahkan kanopi di teras depan untuk tempat berteduh Mobil CBU yang akan di antarkan besok.


Jadi bagaimana? Apakah anda sudah menemukan alasan kuat kenapa harus menabung?? Ataukah anda punya alasan lain yang ingin dibagi? Jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom komentar :)

0 Response to "7 Alasan kuat Kenapa HARUS Menabung"

Posting Komentar