Langsung ke konten utama

7 Alasan kuat Kenapa HARUS Menabung

Beberapa kalangan mungkin sering bertanya tanya pada diri sendiri mengapa mereka merasa begitu banyak tekanan ketika harus menghemat uang.

Jika anda memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan, mengapa harus khawatir untuk selalu menyisihkan dari penghasilan setiap bulan untuk di tabung?

Ada banyak alasan untuk memulai menabung, setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda pula ketika melakukannya.

Memiliki alasan kuat sebagai landasan dasar untuk menabung membuat proses penghematan menjadi lebih mudah karena anda memiliki tujuan yang jelas mengapa harus menyisihkan uang setiap bulannya.

Berikut alasan yang bisa anda pertimbangkan ketika ingin mulai menabung.

1. Untuk Dana Darurat

Sangat penting untuk menyiapkan dana darurat untuk menutupi biaya tak terduga. Ini bisa mencakup perbaikan kendaraan yang tidak terduga atau kehilangan pekerjaan mendadak.

Idealnya, dana darurat yang tersimpan mampu bertahan untuk menyokong hidup anda sekitar tiga sampai enam bulan kedepan dan jika memungkinkan untuk 12 bulan kedepan hingga anda mendapatkan pekerjaan yang baru.


2. Simpanan untuk Dana Pensiun

Alasan lain ketika seseorang ingin menyimpan dan berhemat adalah untuk dana pensiun. Semakin cepat anda mulai menabung untuk dana pensiun maka semakin sedikit yang perlu anda tabung di masa yang akan datang

Saat masih muda dan fit anda bisa melakukan lebih banyak pekerjaan dan mengambil semua jatah lembur untuk meningkatkan simpanan dana pensiun dengan cepat tanpa mengabaikan kesehatan tentunya.

Anda juga bisa menginvestasikan beberapa dana yang tersimpan dalam bentuk investasi yang aman dan membiarkan uang anda bekerja untuk anda.

Setelah umur mulai tidak memungkinkan untuk bekerja lebih keras, maka anda mulai bisa menikmati jam kerja normal tanpa harus mengejar target dan mulai menabung secukupnya.

Dana pensiun dapat tersimpan dalam akun pribadi atau menitipkannya ke jasa asuransi yang menyediakan produk khusus dana pensiun dengan premi beragam.


3. Menabung untuk bayar Uang-muka pembelian rumah

Alasan ketiga kenapa orang ingin menabung adalah untuk membayar DP (Down Payment) rumah idaman.

Meskipun sudah ada program pemerintah yang mencanangkan DP 1% artinya hanya sekitar 1-2 juta untuk membeli rumah, tapi tidak semua daerah mendapatkan kesempatan tersebut.

Umumnya DP untuk memiliki rumah dalam kondisi normal adalah sekitar 15 juta dengan cicilan setiap bulan sekitar 800rb untuk rumah tipe 36.

Dana simpanan bisa membantu anda untuk membeli rumah impian walaupun cukup sederhana dan kecil tapi masih lebih baik dari pada harus tinggal di kawasan mertua indah.


4. Simpanan untuk liburan atau kesenangan lainnya

Alasan berikutnya mengapa orang menabung adalah untuk keperluan bersenang-senang atau urusan piknik. Sudah tau kan bahaya laten kurang piknik.

Anda bisa mulai menabung untuk mengikuti tur keliling Eropa atau Umroh bersama keluarga.

Atau alasan lainnya seperti untuk mendapatkan PlayStation 5 yang bisa jadi akan rilis bertepatan dengan tercukupinya dana simpanan anda untuk langsung menebusnya.

menabung


5. Menabung untuk kendaraan baru

Alasan berikutnya adalah untuk membeli kendaraan baru dengan cara tunai. Kendaraan baru tidak harus berarti kendaraan keluaran dealer, bisa jadi kendaraan second yang anda impikan sejak lama tapi baru saja bisa anda miliki.

Bisa jadi anda sekarang sedang mengendarai mio matik tanpa gigi tapi dalam lubuk hati anda yang paling dalam sebenarnya anda seorang petualang sejati dan ada rasa terpendam untuk menunggangi CBR 250 atau kawak Binter mercy produksi tahun 1983 atau motor antik Honda CB 200 kelahiran 1973.

Atau bahkan ingin mencapai cita-cita memiliki kendaraan roda empat buatan pabrikan ternama yang bengkel resminya tidak ada di Indonesia.

Untuk alasan seperti inilah salah satu motivasi kuat mengapa orang rela menabung.


6. Pendidikan

Alasan berikutnya adalah pendidikan. Tidak sedikit orang sekarang ini yang sangat concern dengan pendidikannya.

Jaman sekarang, gelar S1 saja sudah tidak memiliki bargaining power untuk dapat bersaing mendapatkan penghasilan yang memadai.

Kondisi ini bahkan sudah mulai terjadi sejak si Doel masih anak Sekolahan yang judulnya pun tidak serta merta diganti meskipun si Doel sudah jadi tukang sarjana.

Untuk itu, beberapa orang mulai menabung untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga bisa menciptakan nilai tawar yang lebih tinggi lagi ketika ingin melamar pada instansi atau perusahaan tertentu.


7. Menyiapkan dana perbaikan

Alasan kuat mengapa orang harus menabung selanjutnya adalah untuk dana perbaikan rumah atau penambahan bagian rumah ataupun peremajaan komponen kendaraan seperti untuk meremajakan motor Honda CB 200 yang baru dibeli tadi.

Memperbaiki rumah perlu biaya yang mencukupi seperti repainting tembok rumah, peremajaan plafon yang mulai lapuk atau menambahkan kanopi di teras depan untuk tempat berteduh Mobil CBU yang akan di antarkan besok.


Jadi bagaimana? Apakah anda sudah menemukan alasan kuat kenapa harus menabung?? Ataukah anda punya alasan lain yang ingin dibagi? Jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom komentar :)

Komentar

Loading...

Popular Posts

cara cepat bisa naik motor matic

Motor matic sudah menjadi produk unggulan ATPM di Indonesia. Mungkin karena pasar untuk motor matic sangat luas karena bisa digunakan mulai dari remaja, ibu-ibu, bahkan para Bapak-bapak pun dapat menjadi pengguna motor matic.

Untuk bisa naik motor matic sebenarnya mudah. Naik motor matik disini bukan berarti membonceng dengan kawan yang mengendarai motor matic maka anda telah berhasil dengan cepat bisa naik motor matic. Tapi maksud sebenarnya adalah tentang cara cepat bisa naik (mengendarai) motor matik dimana anda sebagai jokinya.

Sebenarnya untuk cepat bisa mengendarai motor matic tidak sesulit mengendarai motor bebek (dengan perseneling) atau belajar motor sport dengan kopling manual.

Pada dasarnya mengendarai motor matic ataupun motor jenis lainnya diperlukan keseimbangan yang baik, dan ini tidak akan menjadi masalah jika anda telah bisa mengendarai sepeda sebelumnya.

Jika anda telah menguasai cara mengendarai sepeda onthel dengan baik, maka seharusnya anda tidak akan mengalami ke…

Cara cepat bisa mengendarai motor kopling manual

Mengendarai motor berkopling manual memiliki sensasi berbeda dibanding motor berkopling otomatis.

Motor-motor yang telah dilengkapi kopling manual sebagian besar di dominasi oleh motor sport mekipun sekarang telah banyak motor jenis underbond (bebek) yang mengadopsi sistem kopling manual.

Bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor yang bersistem kopling manual. Anda dapat menyimak informasi berikut ini sebagai referensi.

Untuk cepat bisa mengendarai motor kopling manual sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu bagian-bagian penting dan sistem kerja motor kopling.

Tuas kopling pada sisi kiri stang kemudi berfungsi memutus daya motor keroda, jadi saat tuas kopling ini ditarik dan gigi transmisi pada posisi satu (masuk gigi) maka motor tidak akan bisa jalan meski gas di pelintir penuh.

Handel gas di stang bagian kanan berfungsi seperti motor pada umumnya, anda pasti sudah paham fungsinya.

Tuas Rem di kaki kanan, untuk rem belakang dan Tuas Rem stang sebelah kanan untuk rem depan. U…

Cara cepat bisa mengendarai motor bebek

Belajar mengendarai motor bebek lebih sulit dibanding belajar mengendarai motor matik karena dibutuhkan konsentrasi yang lebih, dalam sinkroniasasi mengatur bukaan gas dan saat yang tepat mengoper perseneling(gigi).

Tapi meskipun begitu bukan berarti belajar motor bebek menjadi mustahil, bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor bebek berikut tips dan trik yang bisa anda coba.

Nyalakan kendaraan menggunakan stater tangan jika ada atau menggunakan stater kaki jika terpaksa.

Stater kaki motor bebek cukup ringan untuk di selah khususnya pada motor keluaran honda, karena stater motor honda bebek memiliki teknologi yang memungkinkan stater kaki tidak berat saat di selah. jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan menyalakannya.

Stater kaki motor bebek keluaran yamaha dan suzuki pun tidak terlalu berat untuk di pancal kecuali mungkin motor bebek keluaran kawasaki yang agak berat stater kakinya.

Gunakan gigi 2 saat pertama jalan, karena kita tahu bersama akselerasi motor bebek lebih re…

Cara membuat Bakso Ayam

Bakso. Siapa yang tak mengenal makanan fenomenal ini. Bakso sudah lama menjadi menu jajanan masyarakat Indonesia.

Berbagai macam jenis bakso tersedia di pusat kuliner hampir di seluruh pelosok Indonesia. Mulai bakso ayam, bakso ikan, dan bakso daging.

Berbagai kreasi isian bakso pun banyak ditemukan, mulai bakso isi telur, bakso isi keju bakso isi buah dan masih banyak lagi.

Kali ini kitaakan coba resep cara bikin bakso dengan bahan dasar daging ayam. Bakso ayam putih telur ala rumahan.

Cara buat bakso ayam gampang banget tanpa pengawet atau pun borax. Tapi bakso ayam ini rasanya kenyal dan mantap banget.

Mari kita simak bersama, bagaimana cara membuat bakso ayam putih telur dan bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuatnya.

Bahan untuk membuat bakso ayam :

500gr daging ayam di potong - potong kecil lalu masukkan frezer sampai 1/2 beku
85gr tepung kanji
50gr tepung maizena
2butir putih telur dingin, jadi simpan dulu dikulkas
1/2 sdm garam atau sesuai selera
1/4 sdm gula …

Batagor kulit pangsit

Saat musim hujan seperti sekarang ini, hampir setiap hari diguyur hujan. kalau sudah begini pastilah enaknya menikmati makanan camilan bersama keluarga dirumah. Karena momen berkumpul bersama keluarga sambil menikmati camilan hangat pastilah sangat menyenangkan.

Setelah beberapa saat “membongkar” kulkas, saya temukan stock kulit pangsit. Akhirnya saya putuskan buat bikin batagor kulit pangsit versi DIY. Di pusat jajanan biasa disebut gorengan.

Resepnya saya dapat dari adaptasi kalau biasa saya bikin pempek hanya ada tambahan daging ayam dan sayur sayuran di batagor saya ini. Plus bumbu kacang yang nikmat atau biasa saya lebih suka dicocol dengan mayonaise.

Yuk.... , langsung saja kita memulai memasak batagor kulit pangsit.

Bahan biang :

2 sdm tepung terigu
100ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula
2 siung bawang putih dihaluskan
Merica secukupnya
Bahan penyedap (kalo suka)
3 sdm minyak goreng


Cara memasaknya:

Masukkan semua bahan kedalam panci lalu rebus sampai meletup letup, angkat lalu tambahkan minyak …