7 tips mencari Kos yang Tepat

Saat ditempatkan pada Divisi baru atau mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan yang terletak jauh dari tempat tinggal maka munculah pilihan untuk tinggal di rumah kontrakan atau tinggal di Kos yang dekat dengan lokasi kantor.

Alih-alih mengontrak rumah untuk tempat tinggal sementara selama masa tugas malah dapat menyedot anggaran yang tidak sedikit. Oleh karenanya pilihan jatuh pada Kos-kosan yang biaya sewanya relatif lebih murah dari pada rumah kontrakan.

Untuk membantu anda memilih Kos-kosan yang tepat sesuai dengan kondisi anda berikut beberapa list yang bisa dijadikan pertimbangan.

1. Berapa biaya yang mampu dikeluarkan

Sebelum anda mulai mencari kos-kosan, tips mencari Kos yang pertama adalah, anda harus menentukan berapa biaya yang mampu anda bayarkan.

Umumnya biaya untuk bayar kos adalah sekitar 25% dari gaji bulanan anda. Anda mungkin dapat meningkatkannya hingga 30% jika memang tempat kosnya sepadan dan anggaran anda masih mencukupi.

Tapi biar bagaimanapun anda harus tetap mempertimbangkan biaya-biaya lainnya seperti pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari dan juga keperluan hiburan sekali-kali.

Jangan sampai anda tidak sempat menyisihkan hasil jerih payah anda untuk di Tabung atau untuk keperluan Tersier lainnya.


2. Temukan area dimana anda ingin tinggal

Anda perlu menentukan tempat terbaik untuk anda tinggali dengan lingkungan yang nyaman dan aman.

Selain aman dan nyaman, jarak antara tempat kos dengan kantor anda janganlah terlalu jauh, setidaknya anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki.

Hal ini dapat menghemat biaya transportasi dan membantu anda berolahraga tanpa harus mengalokasikan waktu khusus.

Tapi jika tidak memungkinkan mendapat tempat yang dekat dengan kantor maka anda harus memperhitungkan biaya transportasi dalam daftar pengeluaran bulanan.

Karena area kantor yang berada di pusat kota tentu saja biaya sewa kosan disekitarnya biasanya tinggi karena Suplai terbatas sedangkan Demand-nya cukup tinggi.

Untuk itu perlu dipertimbangkan perbandingan biaya yang dihabiskan jika ambil kos yang jauh dari kantor tapi murah namun membutuhkan biaya transportasi. Atau kos yang dekat dengan kantor tapi mahal namun tanpa biaya transportasi.

7 tips mencari Kos


3. Pertimbangkan untuk mencari teman sekamar

Setelah mempertimbangkan biaya sewa yang mampu anda keluarkan, dari situ mungkin anda bisa menganalisa perlu tidaknya untuk mencari teman sekamar agar biaya sewa bisa menjadi lebih murah.

Biasanya pemilik kos akan memberikan biaya sewa sedikit lebih mahal jika dalam satu kamar di tempati dua orang, hal ini terkait penggunaan listrik dan air yang lebih banyak tapi biaya sewanya tidak serta merta menjadi dua kali lipat.

Jika misalnya biaya sewa satu kamar untuk satu orang dihargai 500 ribu maka jika diisi dua orang akan menjadi 700 ribu perkamar. Dan ini akan meringankan beban biaya sewa, anda hanya perlu membayar 350 ribu perbulan, Hemat 150 ribu.

Tapi kembali lagi ke karakter pribadi Anda, apakah anda termasuk Extrovert atau Introvert. Selisih 150 ribu menjadi tidak sepadan jika anda harus merasa tertekan dan tidak bebas ketika ingin beristirahat sepulang kerja karena teman sekamar anda masih ingin menonton sinetron kesayangannya misalnya.


4. Cari lebih dari satu lokasi

Carilah beberapa lokasi potensial yang bisa dijadikan tempat tinggal sementara a.k.a Kos. Dari beberapa pilihan yang ada, anda dapat mempertimbangkan mana lokasi terbaik termasuk pertimbangan faktor keamanan ketika anda harus tinggal dikos sendiri.

Selain itu, anda pun dapat membandingkan fasilitas yang ditawarkan dan harga yang dipatok untuk setiap kamar kos di beberapa area.


5. Pertimbangkan fasilitas yang ada

Fasilitas kos dapat mempengaruhi harga sewa perbulannya, untuk kamar kos yang sudah terdapat kamar mandi dala tentu harganya beda dengan kos yang kamar mandi luar.

Ada juga kos yang telah full perkakas sehingga penghuni kos cukup membawa pakaian dan kebutuhan pribadi karena lemari, tempat tidur, meja telah disediakan oleh pemilik Kos. Tapi type kos seperti ini relatif lebih mahal dari kamar kos yang kosong glondangan.

Untuk kamar Kos yang kosong memang lebih murah tapi anda perlu memikirkan tentan pengadaan lemari dan tempat tidur apakah akan membawanya dari rumah atau membelinya di sana nanti.


6. Luangkan waktu

Luangkan waktu anda untuk mengambil kesimpulan dan menentukan tempat yang ingin anda pilih.

Pikirkan baik-baik segala kelebihan dan kekurangan masing-masing tempat kos yang akan dipilih. Yang terpenting lingkungannya harus nyaman bagi anda agar anda tidak perlu harus berpindah-pindah tempat ditengah kesibukan sehari-hari yang padat.

Jangan lupakan juga spot-spot penting disekitar anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti pasar, swalayan, dan lain-lain.


7. Siapkan dana untuk membayar sewa

Jika anda sudah menentukan tempat yang tepat dimana anda akan ngekos, tips mencari Kos selanjutnya adalah membayar ke pemilik jasa kosan. Pemilik kos biasanya mewajibkan bayar di muka dan mematok lama minimal waktu sewa minimal 3 bulan.

Di season tertentu sangat sulit mendapat penghuni baru yang akan mengisi kamar kos yang kosong jika salah satu penghuninya pindah, apalagi jika semua aktifitas harian sudah berjalan seperti biasa.

Disaat-saat peak season, seperti tahun ajaran baru, dimana kampus-kampus mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru dan melakukan ujian masuk, maka kos-kosan memiliki batas sewa yang lebih longgar untuk mengokomodasi para calon mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan tempat menginap sementara dengan jangka waktu yang singkat sekitar seminggu hanya untuk mengikuti ujian misalnya.

Tapi disaat semua aktifitas berjalan normal maka terkadang sulit mendapat penghuni baru oleh karenanya pihak kos biasa menetapkan minimal masa sewa adalah 3 bulan, selanjutnya anda bisa membayar rutin tiap bulan.

Loading...

0 Response to "7 tips mencari Kos yang Tepat"

Posting Komentar