7 hal yang bisa kamu lakukan di tengah kesibukan mengasuh anak

Dari waktu ke waktu hari ke hari bulan ke bulan tahun ke tahun anda menghabiskan banyak waktu dengan anak-anak dirumah, baik itu anak anda yang masih diluar umur sekolah maupun yang sudah bersekolah.

Meskipun ditengah kesibukan anda mengasuh mereka sepanjang hari, itu tidak berarti anda tidak bisa melakukan hal lain untuk kepentingan anda sendiri.

Berusahalah untuk lebih kreatif dan temukan waktu luang meskipun hanya sejenak untuk melakukan hal-hal lain diluar kesibukan mengurus anak-anak.

1. Istirahat

Jika anak anda masih Batita, anda bisa menciptakan area bermain yang aman, ciptakan juga space yang cukup untuk anda berbaring. Berikan permainan yang disukainya yang tentu saja aman untuk Batita anda.

Ketika mereka asik bermain, anda bisa sejenak memejamkan mata di sekitar tempatnya bermain, tapi pastikan anda tidak terlalu jauh dari anak anda agar anda bisa segera menjangkaunya kalau dia butuh “pertolongan” seperti ngompol.

Biasanya kita baru bisa sedikit beristirahat ketika anak tidur siang, tapi anda juga bisa “mencuri-curi” waktu ketika anak sedang bermain.

Anda mungkin telah mengirim anak Anda ke kamarnya untuk mulai tidur siang. Sekarang giliran anda untuk juga beristirahat.

Pergilah ke kamarmu Biarkan pintu terbuka dan istirahat sebentar atau jika anak anda masih sibuk bermain mintalah anak-anak untuk datang bermain di lantai saat Anda bersantai di tempat tidur Anda.

Kamar tidur Anda tidak harus menjadi tempat Privat yang hanya Anda kunjungi untuk tidur.


2. Membuat Daftar

Manajemen waktu menjadi hal yang sulit di tata bagi semua orang tua pada umumnya. Tidak hanya bagi Ibu yang berkarir di luar rumah, bagi Ibu rumah tangga, manajemen waktu juga terkadang sulit.

Untuk itulah diperlukan daftar aktifitas untuk membantu mengingat setiap detil aktifitas yang perlu dilakukan setiap harinya.

Dari daftar tujuan yang ingin dicapai, tugas-tugas apa saja yang perlu dilakukan. Anda bisa melakukan membuat daftar aktifitas ini sambil mengawasi anak anda bermain.


3. Melepas Gadget

Tidak ada hal yang lebih indah selain menciptakan area bebas handphone dirumah dan waktu dimana tanpa adanya Smartphone, tablet ataupun laptop.

Kita tahu bahwa sosmed yang semakin menjamur dapat membuang waktu dan menguras tenaga untuk hal yang tidak perlu seperti foto selfie dengan anak yang sedang bermain dan diisi caption menarik sehingga banyak yang ngelike dan komen, semakin sibuk bukan.

Hanya karena kepo melihat apa yang sedang dilakukan orang lain melalui timelinenya di medsos membuat mata lelah memandang layar smartphone, jari pegal mengscrol komentar yang panjang, hati panas karena koneksi buruk.

Alih-alih mendapat sedikit hiburan malah wasting time and energy.

Tapi anda bisa menggunakan gadget untuk membantu aktifitas memasak, sekarang teknologi sudah canggih, handphone pun dapat di koneksikan dengan peralatan masak canggih.


4. Membaca buku atau majalah

Membaca novel, buku atau majalah bisa dilakukan sambil menemani anak bermain, ketika mereka sibuk dengan mainannya, sibuk dengan dunianya, sibuk dengan imajinasinya kita bisa membaca buku, anda dapat tetap mengawasinya tanpa harus membayangi terlalu lekat.

parenting

5. Memulai Hobi baru

Anda bisa memulai hobi baru yang bisa di lakukan sembari mengawasi anak anda. Anda bisa memulai hobi seperti menata tanaman dalam toples (Terrarium). Hobi ini bisa silakukan diruang terbatas dengan peralatan sederhana dan tidak menguras tenaga terlalu berat.

Mungkin saja hobi baru anda ini bisa di komersilkan dan menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga anda.


6. Menata Rumah

Mendambakan rumah yang tertata rapi dengan anak-anak kecil yang berkeliaran kesana-kemari rasanya seperti hal yang mustahil.

Tapi kapan lagi anda akan membereskan rumah yang mulai berantakan akibat ulah si kecil, apakah menunggu mereka dewasa, tentu tidak?

Melakukan kegiatan beres-beres memang membutuhkan waktu, bahkan tanpa keberadaan anak kecil dirumah. Menghabiskan waktu 30 menit untuk membersihkan rumah dan mengepel lantai bisa dilakukan untuk menjaga rumah tetap nyaman dihuni.

Lakukan kegiatan bersih-bersih ini ketika anak anda sibuk bermain di teras rumah atau berlairi larian di taman.

Seandainya memungkinkan pengadaan bantuan alat rumah tangga canggih untuk membersihkan lantai pasti sangat menyenangkan


7. Olah raga

Olah raga penting untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap fresh, ikut bermain kejar-kejaran atau menemani anak anda bermain bola bisa jadi sarana berolahraga di tengah kesibukan merawat mereka.


Itulah hal yang bisa anda lakukan ditengah aktifitas menjaga dan mengasuh buah hati anda semoga bermanfaat.

0 Response to "7 hal yang bisa kamu lakukan di tengah kesibukan mengasuh anak"

Posting Komentar