Akibat setting Privacy trafik terkunci

Membuat blog itu mudah hanya bermodal email di salah satu produk Google yaitu Gmail maka kita sudah bisa membuat Blog berplatform Blogspot yang juga masih produk Google.

Saat awal proses pembuatan Blog tersebut tentu saja banyak hal yang perlu dilakukan terkait pengaturan-pengaturan tata letak, warna, ukuran font dan pemilihan template yang sesuai.

Bagi yang sudah terbiasa berinteraki dengan blogspot, melakukan pengaturan ini tentu saja tidak sulit dan bisa dilakukan dalam waktu singkat, Tapi bagi pemula akan lain ceritanya.

Selain tugas mengutak-atik template, menyiapkan postingan, belajar menata Search engine optimization (dari panduan yang biasa sepaket dalam folder template) dan yang paling penting adalah mempelajari menu-menu yang ada di Dashboars Blogger.

Mencoba-coba adalah salah satu yang menjadi aktifitas seorang pemula dalam membangun blog baru. Mencoba seting ini dan ingin tahu efeknya, coba lagi setting itu dan ternyata efeknya begitu dan seterusnya.

Salah satu pengalaman kurang mengenakkan karena mencoba-coba adalah ketika mencoba menyeting point Privacy di menu setelan yang di dalamnya terdapat dua pengaturan yang bisa dicentang dengan pilihan ‘Ya’ dan ‘Tidak’.

seting privacy malah tidak terindex

Berdasarkan pemahaman tanpa dasar ilmu dan referensi yang jelas, menu ini tampaknya berfungsi agar sebuah Blog tidak di index dulu oleh mesin pencari khususnya Google.

Nah.. karena ini adalah Blog baru maka dicoba untuk menyetingnya agar tidak di “tambahkan ke cantuman mereka” dan tidak “di temukan mesin pencari” agar lebih leluasa mengatur, menyeting, menata blog hingga siap di publikasikan.

Padahal ini blog baru, "GR" banget bisa langsung di index mesin pencari dan langsung mendapat trafik jutaan, padahal kontennya saja belum ada, sampai-sampai harus diseting seperti itu.

Yaa.. perasaan khawatir muncul begitu saja, khawatir kalau nanti ada yang menemukannya di mesin pencari terus membukanya tapi ternyata Blog masih berantakan, kan kasihan pengunjung. :D :D

Padahal namanya blog baru, agak mustahil langsung ketemu di mesin pencari, yang sudah setahun saja masih susah payah hadir di halaman depan search engine, kecuali kalau yang bikin sudah master.

Bukan berarti blog baru tidak bisa masuk indeks search engine.. blog baru bisa langsung ke index jika di submit secara manual, tapi tampil dihalaman berapa? Itu yang jadi misteri :)

Jadi karena setingan ini, trafik seperti terkunci alias macet diangka yang stagnan padahal setingan Privasi-nya sudah dirubah kembali ke YA untuk poin “Tambahkan blog Anda ke cantuman kami” dan pada point “Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda” dan perubahan ini telah dilakukan lebih dari 3 bulan.

Memang sih kontennya baru sedikit (kurang dari 10), tapi kalau memang trafiknya normal dengan konten yang ada, maka trafiknya bisa bermain antara 0 – jutaan. Artinya ada hari-hari dimana trafik 0 karena kontennya memang masih sedikit dan kurang peminat, ada hari-hari dimana pengunjung mencapai jutaan meskipun hanya mimpi. :D :D :D

Jadi seharusnya tidak stuck di posisi yang stabil, stagnan, konstan, statis atau apapun sebutannya, sehingga grafiknya sedikit bergejolak sebagaimana layaknya grafik.
Apakah Blog ini kena Deindex atau masuk Sandbox? entahlah...

trafik stuck

Jadi jika anda berniat membuat blog baru jangan sekali-kali mengutak-atik bagian ini kalau belum tahu yang sebenarnya dan tujuan pastinya.

Sebaiknya konsultasikan dulu pada ahlinya sebelum melakukan pengaturan di Dashboard Blogger khususnya pada bagian Menu “Setelan” terkhusus lagi untuk setingan Privacy dan Robot.txt.

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Akibat setting Privacy trafik terkunci"

Posting Komentar