Langsung ke konten utama

Apakah Ekonomi Anda melemah setelah membeli rumah

Membeli rumah sendiri adalah idaman bagi setiap keluarga. Membeli rumah secara cash memang cukup memberatkan tapi untungnya ada opsi kredit dengan DP ringan dan cicilan murah yang bisa dipilih.

Tapi jumlah cicilan yang lebih besar dibanding biaya sewa Kos bisa membuat anggaran keluarga sedikit goyah karena adanya kebutuhan mendadak diluar perhitungan.

Ketika sudah tidak ada lagi anggaran untuk dana darurat, dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan mulai kesulitan menabung untuk masa depan, mungkin anda perlu menganalisa kondisi ekonomi anda yang mungkin mulai melemah.

Mungkin karena pembayaran rumah anda terlalu besar, alokasi dana untuk pembayaran rumah sebaiknya 25% dari penghasilan, bisa dipaksakan hingga 35% tapi harus dengan pertimbangan matang dan itupun jika anda tidak memiliki hutang lain dan tidak berencana untuk berutang lagi dan tidak berencana menambah anggota keluarga baru (bagi keluarga yang sudah memiliki anak yang cukup).

Membeli kredit rumah mungkin akan meningkatkan biaya-biaya yang tanpa di sadari melemahkan ekonomi keluarga.

Misalnya selama ini anda hidup dalam sebuah kos-kosan atau mengontrak rumah dengan biaya sewa tidak sampai 500 ribu/bulan atau 5 juta/tahun, dan lokasi dekat dengan tempat kerja, dekat dengan sekolah anak anda dan dekat dengan pasar untuk mencari kebutuhan sehari-hari.

Begitu anda pindah kerumah pribadi yang dibeli dengan sistem kredit dan cicilan sekitar 800 ribuan perbulan. Dari sini jelas terlihat selisih beban pengeluaran menjadi lebih besar, belum lagi jika lokasi rumah lebih jauh dari tempat kerja maka biaya transport pun bertambah, bagaimana dengan sekolah anak? Apakah jaraknya juga menjadi lebih jauh??

Atau kasus lain, Saat pertama kali membeli rumah secara kredit, mungkin saja tidak mengalami masalah dalam mengangsur cicilannya, mungkin saja kala itu anda belum memiliki momongan atau masih memiliki satu anak.

Seiring berjalannya waktu dengan semakin bertambahnya usia anak atau jumlah anak atau munculnya kebutuhan baru yang selama ini belum pernah dianggarkan seperti perlengkapan sekolah ketika anak mulai masuk usia sekolah atau munculnya biaya tak terduga seperti perawatan genting yang bocor, kendaraan yang tiba-tiba mogok minta di servis, dll.

Jika anda mulai merasa ekonomi melemah setelah beli rumah dengan cara kredit, anda perlu menganalisa faktor-faktor penyebabnya dan bagaimana tingkat urgensinya apakah bersifat sementara atau berkepanjangan dan langkah apa yang dapat di tempuh.

Apakah situasi ini sementara

Amati situasinya apakah hanya sementara atau cenderung permanent. Jika anda mengenali situasinya hanya akan berlangsung setidaknya dua atau tiga tahun kedepan mungkin anda masih bisa untuk bertahan dengan catatan mulai mempertimbangkan untuk tidak melakukan pengeluaran yang tidak perlu seperti berlibur atau membeli barang konsumtif lainnya.

Jika anda memperkirakan hall ini akan terjadi lebih dari tiga tahun, maka anda harus mempertimbangkan opsi untuk merubah situasinya.


Apakah perlu bekerja extra

Jika anda merasa sayang dengan rumah yang telah anda perjuangkan selama ini, mungkin anda perlu memutuskan untuk mengerahkan seluruh tenaga agar penghasilan meningkat, tapi ini tentu perlu pengorbanan.

Mungkin saja anda mengambil jam lembur lebih banyak atau mencari pekerjaan sampingan, tapi anda harus rela mengorbankan waktu bersama keluarga yang sangat berharga.

Jika anda memilih opsi ini, anda harus membuat batasan yang jelas. Jika setelah beberapa saat melakukan segala kerja extra tapi tidak juga dapat keluar dari masalah ekonomi yang mulai melemah maka anda harus mulai memikirkan opsi lain.

Memaksakan bekerja extra time dengan jumlah tambahan penghasilan yang tidak signifikan hanya akan membuat anda stress dan membutuhkan biaya tambahan untuk kemungkinan masalah kesehatan karena kelelahan.


Apakah ada kemungkinan akan disita?

Anda pasti tidak ingin sampai pada titik dimana anda akan menghadapi penyitaan karena terlambat membayar akibat ekonomi yang mulai melemah.

Saat anda mulai kesulitan membayar cicilan karena kebutuhan dasar mulai meningkat seiring berjalannya waktu, pihak Bank biasanya menawarkan beberapa solusi untuk anda agar tetap dapat memiliki rumah tersebut.

Anda bisa mendiskusikan dengan pihak Bank tentang kendala yang anda hadapi saat ini sehingga bisa dicarikan solusi bersama.


Haruskah Anda menjualnya

Ini tampak bukan seperti pilihan, sulit untuk memutuskan menjual rumah yang sudah lama diperjuangkan, tapi bisa anda pertimbangkan.

Bayangkan jika anda mulai tidak mampu membayar cicilan rumah dan pihak Bank mulai ambil ancang-ancang untuk menyita rumah anda. Upaya yang anda lakukan selama ini akan terasa sia-sia.

Langkah ini bisa membantu anda menata kembali ekonomi keluarga yang mulai kurang stabil dan mulai memikirkan untuk pindah ke perumahan yang lebih terjangkau.

Jika anda memutuskan untuk menjual rumah tersebut atau menyewakannya sebentar, anda mungkin perlu bantuan jasa broker yang kompeten dan rekam jejak cukup baik untuk membantu memasarkan rumah anda.

Sehingga anda tidak bertambah stress melihat rumah anda tidak laku-laku hingga putus asa dan akhirnya menjualnya dengan harga yang terlalu murah dari seharusnya. Tapi perlu diingat bahwa jasa broker menarik komisi minimal 2% dari harga rumah, dan ada perjanjian kerjasama yang harus disepakati.

rumah


Cegah ini terjadi lagi

Hal terpenting Ketika anda membeli rumah, anda harus memutuskan berapa banyak yang bisa anda tanggung sebelum memutuskan untuk membelinya.

Anda harus berupaya tetap pada persentase 25% dari gaji untuk membayar kredit rumah. Jika anda merasa memiliki peluang naik gaji, jangan mengkalkulasikan kondisi tersebut untuk saat ini.

Perhitungannya harus tetap menyesuaikan kondisi anda saat ini. Anda juga harus memastikan untuk memilih jenis kredit yang tepat untuk mencegah pembayaran anda meningkat.

Komentar

Loading...

Popular Posts

cara cepat bisa naik motor matic

Motor matic sudah menjadi produk unggulan ATPM di Indonesia. Mungkin karena pasar untuk motor matic sangat luas karena bisa digunakan mulai dari remaja, ibu-ibu, bahkan para Bapak-bapak pun dapat menjadi pengguna motor matic.

Untuk bisa naik motor matic sebenarnya mudah. Naik motor matik disini bukan berarti membonceng dengan kawan yang mengendarai motor matic maka anda telah berhasil dengan cepat bisa naik motor matic. Tapi maksud sebenarnya adalah tentang cara cepat bisa naik (mengendarai) motor matik dimana anda sebagai jokinya.

Sebenarnya untuk cepat bisa mengendarai motor matic tidak sesulit mengendarai motor bebek (dengan perseneling) atau belajar motor sport dengan kopling manual.

Pada dasarnya mengendarai motor matic ataupun motor jenis lainnya diperlukan keseimbangan yang baik, dan ini tidak akan menjadi masalah jika anda telah bisa mengendarai sepeda sebelumnya.

Jika anda telah menguasai cara mengendarai sepeda onthel dengan baik, maka seharusnya anda tidak akan mengalami ke…

Cara cepat bisa mengendarai motor kopling manual

Mengendarai motor berkopling manual memiliki sensasi berbeda dibanding motor berkopling otomatis.

Motor-motor yang telah dilengkapi kopling manual sebagian besar di dominasi oleh motor sport mekipun sekarang telah banyak motor jenis underbond (bebek) yang mengadopsi sistem kopling manual.

Bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor yang bersistem kopling manual. Anda dapat menyimak informasi berikut ini sebagai referensi.

Untuk cepat bisa mengendarai motor kopling manual sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu bagian-bagian penting dan sistem kerja motor kopling.

Tuas kopling pada sisi kiri stang kemudi berfungsi memutus daya motor keroda, jadi saat tuas kopling ini ditarik dan gigi transmisi pada posisi satu (masuk gigi) maka motor tidak akan bisa jalan meski gas di pelintir penuh.

Handel gas di stang bagian kanan berfungsi seperti motor pada umumnya, anda pasti sudah paham fungsinya.

Tuas Rem di kaki kanan, untuk rem belakang dan Tuas Rem stang sebelah kanan untuk rem depan. U…

Cara cepat bisa mengendarai motor bebek

Belajar mengendarai motor bebek lebih sulit dibanding belajar mengendarai motor matik karena dibutuhkan konsentrasi yang lebih, dalam sinkroniasasi mengatur bukaan gas dan saat yang tepat mengoper perseneling(gigi).

Tapi meskipun begitu bukan berarti belajar motor bebek menjadi mustahil, bagi anda yang ingin cepat bisa mengendarai motor bebek berikut tips dan trik yang bisa anda coba.

Nyalakan kendaraan menggunakan stater tangan jika ada atau menggunakan stater kaki jika terpaksa.

Stater kaki motor bebek cukup ringan untuk di selah khususnya pada motor keluaran honda, karena stater motor honda bebek memiliki teknologi yang memungkinkan stater kaki tidak berat saat di selah. jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan menyalakannya.

Stater kaki motor bebek keluaran yamaha dan suzuki pun tidak terlalu berat untuk di pancal kecuali mungkin motor bebek keluaran kawasaki yang agak berat stater kakinya.

Gunakan gigi 2 saat pertama jalan, karena kita tahu bersama akselerasi motor bebek lebih re…

Cara membuat Bakso Ayam

Bakso. Siapa yang tak mengenal makanan fenomenal ini. Bakso sudah lama menjadi menu jajanan masyarakat Indonesia.

Berbagai macam jenis bakso tersedia di pusat kuliner hampir di seluruh pelosok Indonesia. Mulai bakso ayam, bakso ikan, dan bakso daging.

Berbagai kreasi isian bakso pun banyak ditemukan, mulai bakso isi telur, bakso isi keju bakso isi buah dan masih banyak lagi.

Kali ini kitaakan coba resep cara bikin bakso dengan bahan dasar daging ayam. Bakso ayam putih telur ala rumahan.

Cara buat bakso ayam gampang banget tanpa pengawet atau pun borax. Tapi bakso ayam ini rasanya kenyal dan mantap banget.

Mari kita simak bersama, bagaimana cara membuat bakso ayam putih telur dan bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuatnya.

Bahan untuk membuat bakso ayam :

500gr daging ayam di potong - potong kecil lalu masukkan frezer sampai 1/2 beku
85gr tepung kanji
50gr tepung maizena
2butir putih telur dingin, jadi simpan dulu dikulkas
1/2 sdm garam atau sesuai selera
1/4 sdm gula …

Batagor kulit pangsit

Saat musim hujan seperti sekarang ini, hampir setiap hari diguyur hujan. kalau sudah begini pastilah enaknya menikmati makanan camilan bersama keluarga dirumah. Karena momen berkumpul bersama keluarga sambil menikmati camilan hangat pastilah sangat menyenangkan.

Setelah beberapa saat “membongkar” kulkas, saya temukan stock kulit pangsit. Akhirnya saya putuskan buat bikin batagor kulit pangsit versi DIY. Di pusat jajanan biasa disebut gorengan.

Resepnya saya dapat dari adaptasi kalau biasa saya bikin pempek hanya ada tambahan daging ayam dan sayur sayuran di batagor saya ini. Plus bumbu kacang yang nikmat atau biasa saya lebih suka dicocol dengan mayonaise.

Yuk.... , langsung saja kita memulai memasak batagor kulit pangsit.

Bahan biang :

2 sdm tepung terigu
100ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula
2 siung bawang putih dihaluskan
Merica secukupnya
Bahan penyedap (kalo suka)
3 sdm minyak goreng


Cara memasaknya:

Masukkan semua bahan kedalam panci lalu rebus sampai meletup letup, angkat lalu tambahkan minyak …