Bekerja dirumah untuk tetap berada dirumah

Sebagai Ibu rumah tangga yang sehari-hari nya berada dirumah dengan setumpuk aktifitas yang serasa tidak ada habisnya dalam merawat anak, membersihkan rumah, menyiapkan makanan dan seabreg tugas lainnya membuat tidak mungkin untuk memiliki pekerjaan diluar yang dapat menyita waktu.

Dilain sisi ada kebutuhan yang harus dipenuhi untuk tetap dapat memenuhi anggaran bulanan di jaman yang serba tak menentu seperti sekarang ini.

Mungkin saja anda memiliki kemampuan dan kapabilitas untuk bergabung di perusahaan besar dengan gaji yang cukup. Tapi membiarkan anak terbengkalai dirumah bukan merupakan keputusan yang bijak.

Sementara menitipkan anak ke tempat penitipan atau membayar asisten pun membutuhkan biaya yang bisa saja mencapai setengah dari gaji yang didapat, belum lagi resiko menitipkan buah hati ke orang lain perlu pertimbangan yang matang.

Salah satu jalan terbaik adalah bekerja dari rumah untuk tetap berada dirumah, sehingga tetap dapat menghasilkan finansial tanpa harus meninggalkan kewajiban dirumah.

Dijaman milenial, dimana komunikasi bisa dengan mudah dilakukan dari sebuah benda kecil bernama Smartphone atau melalui media laptop yang terkoneksi jaringan internet bisa sangat bermanfaat untuk mewujudkan hal tersebut.

Tidak sedikit yang telah berhasil bekerja dari rumah dengan kebebasan jam kerja, tanpa harus di omeli atasan, tanpa kejar target, dan yang terpenting tanpa mengurangi interaksi bersama buah hati dan anggota keluarga lain.

Tapi memang bekerja dari rumah bukan lah hal yang gampang, karena semuanya tetap butuh proses, ketekunan, kesabaran, keuletan dan sikap pantang menyerah sebagaimana memang seharusnya orang berusaha.

bekerja online dari rumah

Bagi anda yang ingin memiliki penghasilan walaupun tetap berada dirumah, anda bisa mencoba beberapa alternatif yang mungkin cocok dengan minat dan bakat anda, dan yang terpenting bisa menghasilkan sedikit pundi-pundi untuk membantu keuangan keluarga.

Berikut ini beberapa aktifitas yang bisa anda coba lakukan dari rumah.

Blogger

Menjadi Blogger bisa di coba untuk memulai upaya menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah.

Aktifitas sehari-hari seorang Blogger adalah menulis artikel yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Tidak harus tulisan berat sekelas karya ilmiah, tulisan pengalaman sehari-hari bisa menjadi menarik bagi orang lain yang mungkin menghadapi suatu kendala serupa yang mungkin sama dengan pengalaman anda.

Bisa jadi, hari ini anda menemukan fenomena kelangkaan tabung gas LPG, anda bisa sharing bagaimana anda mengatasinya, seperti; mulai memikirkan opsi penggunaan kompor listrik atau memanfaatkan kayu bakar, atau sumber daya lain seperti briket.

Jika anda memiliki hobi yang cukup menarik, katakanlah seperti hobi menata tanaman dalam toples. Anda dapat mengabadikan aktifitas ini kedalam tulisan yang tentu saja akan banyak menarik minat penghobi serupa diluar sana.

Tuliskan setiap proses yang anda lakukan ketika membangun sebuah Terratium seperti Behind the Scene-nya lah, bagikan pengalaman anda dalam menghadapi setiap kendala dan hambatan yang ada, ceritakan tips-tips dalam merawatnya alat apa saja yang dibutuhkan serta bahan-bahannya. Satu proyek membangun Terratium mungkin bisa jadi satu atau dua artikel.

Ini akan menjadi aktifitas yang menyenangkan bukan?

Lalu dari mana sumber penghasilannya?

Salah satu yang paling banyak di jadikan penghasilan oleh seorang Blogger adalah dengan menjadi Mitra Google sebagai Publisher Adsense.

Meskipun belakangan ini, untuk menjadi publisher Adsense cukup sulit, tapi anda dapat mencobanya, mungkin saja rejeki anda ada disini.

Jika anda membangun blog unik berdasarkan pengalaman pribadi dengan ilustrasi gambar hasil jepretan sendiri yang belum pernah di publikasikan ke dunia maya, peluang blog anda bisa keterima adsense akan lebih besar.

Selain Adsense masih banyak program periklanan lain yang biasa di gunakan Blogger untuk memonetise blognya seperti Adnow, Genie, Mgid dan lain-lain. Atau Anda bisa menawarkan Terratium hasil kayrya anda kepada pengunjung blog atau melalui Marketplace.


Youtuber

Tidak perlu di ragukan lagi kalau aktifitas yang satu ini sedang ngetren. Sudah banyak para Youtuber yang diundang ke acara TV untuk menceritakan kisah suksesnya sebagai penayang Youtube. Bahkan ada juga Youtubers yang kemudian terkenal dan menjadi artis.

Aktifitas Youtuber adalah merekam video yang kemudian di upload ke Youtube.com, tampak sederhana bukan?.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Blogger, yang membedakan hanya kontennya saja, kalau Bolgger menyajikan konten berupa artikel sedangkan Youtuber menyajikan konten berupa Video.

Jika anda tertarik menjadi Youtuber, anda bisa juga merekam aktifitas sehari-hari yang bisa memberi manfaat bagi banyak orang, lebih bagus lagi kalau sesuai hobi anda.

Seperti contoh jika anda hobi terrarium, anda bisa merekam setiap proses aktifitas anda membangun sebuah terrarium. Setiap proses dari nol hingga menjadi kebun mini dalam toples kaca bisa anda rekam.

Inilah bedanya dengan Blogger, kalau Youtuber anda bermodalkan kamera untuk membuat kontennya sedangkan di Blogger anda bermodalkan keyboard untuk membuat kontennya.

Jika ingin memutuskan untuk menjadi Youtuber, sebaiknya anda mengerti sedikit mengenai proses editing video. Karena setiap video yang direkam dan akan di upload ke Youtube mungkin terdiri dari beberapa Frame yang harus di satukan terlebih dahulu.

Selain itu anda juga harus memiliki koneksi internet yang baik dan tangguh karena anda harus mengupload video anda ke server Youtube, biasanya ukuran video cukup besar dan memakan waktu dalam proses uploadnya.

Trus bagaimana mendapatkan uang dari youtube?

Tidak berbeda dengan Blogger, anda pun dapat menghasilkan uang dengan mendaftar sebagai publisher adsense untuk Youtube. Dan kebetulan tidak ada metode lain untuk memonetise video youtube salain bekerja sama dengan Google Adsense untuk Youtube, karena kita tahu Youtube adalah milik Google.


Freelancer

Anda bisa bekerja sebagai freelancer dengan nilai bayaran yang bisa anda patok sesuai keinginan anda. Sekarang banyak situs yang membuka peluang bagi para freelancer untuk terhubung dengan calon konsumen diseluruh Nusantara bahkan seluruh Dunia.

Sebut saja seperti Sribulancer.com dan Freelancer.co.id dan masih banyak lagi yang bisa anda jadikan awal usaha anda sebagai freelancer.

Disitu anda bisa menawarkan jasa anda, misalnya jika anda ahli di bidang Data Entry, anda bisa mengajukan tawaran kepada para pemberi proyek dengan menyampaikan proposal singkat dalam form yang sudah disediakan.

Tapi disini anda harus siap bersaing dengan puluhan bahkan ratusan freelancer lainnya untuk mendapatkan sebuah proyek.


Dropshiper

Jika anda kurang cocok dengan tiga opsi diatas, anda bisa mencoba menjadi Dropshiper. Dropshiper bisa dikatakan hampir mirip dengan Makelar. Jadi anda menjual menawarkan barang orang lain tapi anda tidak perlu menyetok barang tersebut di tempat anda.

Jadi anda tidak perlu modal untuk membeli barang untuk dijual, enaknya lagi, barang yang dikirm ke konsumen bertuliskan nama anda.

Misalnya anda bekerja sama dengan Supllier A sebagai penyefia barang dan menawarkannya melalui media Sosial. Ketika ada yang tertarik dan membeli dari anda, maka mereka akan mentransfer sejumlah uang kepada anda dan anda selanjutnya mentransfer uang tersebut ke Supplier A setelah dipotong margin keuntungan tentunya, selanjutnya Produsen A akan memproses orderan anda dan mengirimkan barang langsung ke konsumen atas nama Anda.

Jadi anda juga tidak perlu repot mengecek, mengepak, mengantarkan barang ke kurir, semua dilakukan oleh Supplier sebagai penyedia barang. bisa menciptakan Brand anda sendiri tanpa harus memiliki barang.

Anda bisa menciptakan Brand anda sendiri tanpa harus memiliki barang dan tanpa modal untuk menyetok barang.

Aktifitas ini bisa anda lakukan dari rumah dengan media smartphone dan hanya melalui media sosial, bagaimana? Mudah bukan?

Beberapa Supllier menyediakan katalog yang bisa di update untuk memudahkan mitranya memasarkan produknya.


Jual E-Book

Sekarang jaman Digital, semua dilakukan lewat benda ajaib bernama handphone bahkan untuk membaca buku. Jika anda iseng-iseng melihat halaman Google Play, disana anda akan menemukan beraneka ragam buku bacaan.

Nah.. jika anda hobi menulis anda bisa menulis sebuah buku kemudian menjualnya melalui Google Play, Lazada, atau Marketplace lain yang menyediakan kategori E-Book.


Content Writer

Satu lagi yang bisa dilakukan dari rumah yaitu menawarkan jasa sebagai content writer untuk Blog ataupun website.

Ukuran tarif jasa penulis untuk konten website di hitung per-karakter. Misalnya untuk tulisan sepanjang 500 karakter biasanya ditawarkan dengan harga 10ribu – 20ribu rupiah tergantung dari kualitas tulisan. Ada juga yang mematok tarif per 100 karakter, misalnya 5 ribu / 100 karakter.

Jika anda berminat membuka jasa penulis artikel, anda harus mengerti sedikit tentang SEO, tata bahasa yang baku sesuai EYD, keunikan konten, dan beberapa hal terkait penulisan artikel untuk blog atau website.

Anda bisa mematok minimal order agar hasilnya sedikit lumayan, misalnya jika anda mematok harga 12 ribu untuk artikel 500 kata. Buat aturan batasan minimal order misalnya 10 artikel agar anda semangat membuatnya dan hasilnya pun terasa.

Pastikan pesanan artikel yang anda terima harus sesuai dengan minat dan bakat anda agar anda tidak kesulitan dalam memenuhi pesanan konsumen anda nantinya. Anda bisa memberdayakan orang-orang disekitar anda untuk membantu menulis artikel ketika orderan semakin membludak.

Untuk promosi, anda bisa memanfaatkan media sosial dengan bergabung ke forum para blogger atau anda bisa bergabung ke Sribulancer.com, karena disana ada juga kategori khusus penulis konten untuk website.


Itulah beberapa pekerjaan dari sekian banyak pekerjaan yang bersifat online dan bisa dikerjakan dari rumah agar dapat bisa tetap dirumah sambil melakukan berbagai aktifitas dan kewajiban dirumah.

Perlu diingat bahwa setiap usaha tidak ada yang instan, begitu juga usaha online ini, tidak serta merta menghasilkan dalam waktu singkat. Semua butuh waktu, butuh proses, yang penting nikmati saja setiap prosesnya sambil melihat peluang yang cocok bagi anda. Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment

Click to comment