TIPS Berhemat dengan mengurangi Makan diluar

Makan di luar itu simpel, nyaman tapi menguras kantong. Biaya makan mengambil porsi paling besar dari budget bulanan yang di anggarkan.

Mengurangi kebiasaan makan diluar bisa menjadi salah satu cara termudah untuk mulai berhemat dan menabung.

Untuk seporsi makan siang katakanlah sekitar 20 ribu sampai 25 ribu per orang di. Ini hanya untuk satu orang satu kali makan. Jika anda makan diluar lebih sering atau jika anda memiliki anak maka biayanya akan lebih banyak lagi.

Anggaran untuk makan dapat dii tekan jika anda berhenti atau setidaknya mengurangi makan diluar sebisa mungkin.

Jika anda terbiasa makan diluar maka anda akan terkejut berapa banyak yang dapat anda simpan ketika memutuskan untuk menghentikan kebiasaan membeli makanan cepat saji.

Selain menghemat uang anda juga bisa memilih dan memilah makanan yang lebih sehat dirumah.

kurangi makan diluar untuk berhemat

Berikut saran yang bisa anda ambil untuk menghentikan kebiasaan makan diluar.

Buat perencanaan

Perencanaan menu masakan untuk seminggu kedepan adalah langkah penting jika anda ingin berhemat untuk tidak makan diluar.

Di tengah kesibukan yang padat mungkin anda akan mulai malas berpikir masak apa hari ini, atau makan apa nanti malam. Ini membuat satu alasan untuk makan diluar, dari pada bingung mau masak apa, mending makan diluar.

Tapi jika anda sudah merencanakan menu masakan untuk seminggu, anda tidak perlu bingung lagi mau masak apa.

Dengan perencanaan yang matang, anda juga dapat menghemat bahan-bahan yang diperlukan.

Semisal senin menu masakan sop ceker ayam, selasa sop isi bakso, rabu sop lagi tapi pakai sosis, kamis oseng-oseng ceker plus bakso. Tapi ini hanya contoh, tidak harus sop terus juga selama seminggu yang ada malah bosan akhirnya makan diluar lagi.

Intinya adalah buat menu masakan untuk seminggu yang bahan-bahannya serupa dengan olahan yang berbeda agar tidak kehilangan nafsu makan.


Menu makan siang

Makan siang biasanya paling sering dilakukan di restoran cepat saji atau warung makan di sekitar kantor.

Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa membawa bekal dari rumah dan jika anda tidak sempat memasak di pagi hari, anda bisa menyiapkannya di malam sebelumnya.


Manfaatkan teknologi

Teknologi peralatan masak sekarang semakin canggih, manfaatkan alat masak seperti Crock-pot Slow Cooker yang bisa memasak secara otomatis.

Anda bisa mengatur lama waktu memasak antara 4 sampai 10 jam, jadi anda bisa mempersiapkan menu makanan untuk besok pagi di malam hari.

Tinggal setting lama proses memasak, misalnya 6 jam dan Crock-Pot akan memasak makanan anda sementara anda tidur nyenyak.

Baca juga : Alat canggih ini membuat memasak menyenangkan


Siapkan bumbu dasar

Salah satu proses memasak yang harus di lalui adalah menyiapkan bumbu, dan proses ini bisa memakan waktu lebih lama dari pada memasak itu sendiri.

Mengupas bawang merah, bawang putih menghaluskan bumbu bisa menyita banyak waktu.

Karena ribetnya ini terkadang membuat kita akhirnya lebih memilih makan diluar dari pada harus memasak sendiri, apalagi kalau waktu untuk memasak cukup sempit.

Untuk memudahkan dan mempersingkat waktu memasak anda bisa mempersiapkan semua bumbu dasar yang sering digunakan dalam membuat masakan sehingga saat di perlukan anda tidak direpotkan dengan kupas mengupas aneka bumbu.

Di waktu luang saat libur anda bisa menyiapkan semua bumbu dasar untuk keperluan seminggu misalnya.

Kupas semua bawang merah, bawang putih cabai sekiranya cukup untuk seminggu kemudian haluskan dan taruh di wadah terpisah dan tertutup rapat kemudian simpan di kulkas.

Anda juga bisa memanfaatkan bumbu kemasan seperti lada bubuk atau ketumbar bubuk yang sudah di kemas dan siap pakai untuk memudahkan proses memasak.


Rencana cadangan

Persiapkan rencana cadangan jikalau anda pulang kerja terlalu malam dan tidak sempat memasak.

Anda bisa menyiapkan makanan kaleng siap saji untuk kondisi darurat seperti ini. Sekarang tidak sulit menemukan makanan siap saji kalengan dengan berbagai pilihan menu seperti rendang, gudeg, sambal goreng hati, dll.

Proses penyajiannya pun mudah, hanya perlu dipanaskan beberapa menit hidangan pun siap di sajikan.

Anda juga bisa menyiapkan bumbu racik siap pakai yang sekarang pun banyak di temukan dengan aneka pilihan menu masakan.

Jadi alih-alih makan diluar, anda bisa memasak menu kesukaan dengan mudah dan cepat tanpa perlu repot meracik bumbu.

Loading...

0 Response to "TIPS Berhemat dengan mengurangi Makan diluar"

Posting Komentar